Konsumsi bahan bakar dari sebuah kendaraan saat ini menjadi fokus yang utama bagi para produsen otomotif di seluruh dunia. Para produsen otomotif menganggap jika mobil dengan konsumsi bahan bakar yang irit juga turut menjaga kelangsungan bahan bakar minyak yang terus berkurang.

Maka dari itu, semua produsen otomotif berlomba-lomba untuk menghadirkan mobil dengan konsumsi bahan yang irit. Di Indonesia, mobil dengan konsumsi bahan bakar yang irit menjadi salah satu daya tarik yang paling utama.

Kemacetan di kota besar, jarak tempuh yang jauh menjadi alasan utama para pengguna mobil mencari mobil yang irit bahan bakar. Kami akan memberikan 10 mobil dengan konsumsi bahan bakar yang paling irit yang pernah dijual di Indonesia.

Seluruh mobil yang masuk ke dalam list kami merupakan mobil yang sudah kami telusuri sebelumnya dengan berbagai pertimbangan yang telah ditentukan dengan matang. Penasaran? Ini dia 10 mobil dengan konsumsi bahan bakar paling irit.

Kendati di judul pakai tahun 2017, tapi artikel ini mengambil data terbaru untuk tahun 2018.

Langsung simak saja daftarnya berikut ini:

1. Honda Civic Turbo (Hingga 22 km/liter)

[108] 10 Mobil Paling Irit BBM 2017 - Civicturbo

Honda Civic Turbo mengandalkan teknologi CVT dengan Earth Dreams Technology yang mengoptimalkan akselerasi dan pemakaian bahan bakar yang lebih efisien. Meskipun kapasitas silindernya kecil, namun akselerasinya tidak kalah dengan mobil berkapasitas mesin di atasnya.

Mobil sedan mewah buatan Honda ini menjadi salah satu mobil dengan konsumsi bahan bakar yang cukup irit. Walaupun mesinnya hanya 1.500 cc, 4 silinder, penggunaan turbo yang menancap pada mesin ternyata membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih baik.

Turbo dan teknologi Earth Dreams yang digunakan menjadi alasan dibalik iritnya konsumsi bahan bakar Honda Civic Turbo. Honda Civic Turbo justru tergolong irit dengan rataan konsumsi bahan bakar yang menembus 14 km/liter untuk pemakaian mobil di dalam kota, sementara untuk pemakaian mobil di luar kota bisa lebih dari 20 km/liter. Wow!

2. Datsun GO Panca - GO+ Panca (Hingga 22 km/liter)

[108] 10 Mobil Paling Irit BBM 2017 - Go

Mobil yang menyandang status mobil murah ramah lingkungan atau kerap disebut Low Cost Green Car (LCGC) ini wajib masuk ke dalam kategori mobil dengan bahan bakar yang irit. Konsumsi bahan bakar dari Datsun Go ini mencapai lebih dari 20 km/liter bisa disebut merupakan salah satu yang terbaik di kelasnya.

Hal tersebut dikarenakan mobil ini menggunakan mesin berkapasitas 1.200cc, 4 silinder. Bobotnya yang juga ringan menjadi salah satu alasan untuk membuat konsumsi bahan bakar dari Datsun Go ini punya status mobil irit.

Datsun juga merancang dapur pacu GO Panca dengan menggunakan teknologi 'perfect circle bore machining' demi performa dan efisiensi bahan bakar terbaik.

3. Renault Duster (Hingga 24 km/liter)

[108] 10 Mobil Paling Irit BBM 2017 - Duster

Renault Duster Mobil ini bisa dibilang cukup jarang di dengar bagi pengguna mobil Indonesia. Tetapi, nama besar Renault sebenarnya sudah malang melintang di dunia industri otomotif Dunia.

Duster menjadi salah satu mobil Eropa yang punya bahan bakar cukup irit. Saking iritnya, konsumsi bahan bakar Duster ini mencapai kisaran 24 km/liter.

SUV berpenggerak 4 roda ini mengusung desain yang lumayan oke. Renault Duster menggendong mesin Diesel berkapasitas 1.461cc, 4 silinder turbo. Mesin 4-silinder ini dapat memuntahkan 110 hp pada 4.000 rpm dengan torsi 245 Nm.

4. Honda Brio Satya (Hingga 22 km/liter)

[108] 10 Mobil Paling Irit BBM - Brio

Masuk ke dalam kategori Low Cost Green Car (LCGC), versi murah dari Honda Brio ini memiliki catatan cukup impresif pada efisiensi bahan bakar. Ia mampu menghasilkan konsumsi bahan bakar hingga 14 km/liter untuk pemakaian dalam kota. Sedangkan untuk luar kota, Honda Brio Satya ini sanggup mencatatkan konsumsi bahan bakar hingga 22 km/liter.

Mobil berdimensi kecil dengan suspensi yang empuk ini dibekali dengan mesin berkapasitas 1.198 cc, 4 silinder bertenaga 88 hp dan torsi 109 Nm. Wajar jika mobil ini menjadi salah satu mobil terlaris yang ada di Indonesia saat ini. Banyak penggunanya yang mengakui keiritan dari mobil kapasitas 5 penumpang ini.

Catatan tersebut adalah untuk Honda Brio Satya E CVT atau versi tertinggi Brio Satya.

5. Toyota Corolla Altis (Hingga 18 km/liter)

[108] 10 Mobil Paling Irit BBM 2017 - Altis

Sedan mewah tak semuanya punya konsumsi bahan bakar yang boros. Buktinya yang satu ini, Toyota Corolla Altis. Toyota Corolla Altis ini punya konsumsi bahan bakar yang cukup irit. Mobil bermesin 1.800 cc, 4 silinder dual VVT-I ini punya catatan konsumsi bahan bakar hingga 18 km/liter. Sejak awal kehadirannya, Toyota Corolla ini memang diperuntukkan sebagai kendaraan untuk keluarga kecil dan kalangan menengah dengan ciri khas konsumsi bahan bakar yang efisien, termasuk pada model Corolla Altis.

Bagi Anda yang ingin sedan dengan desain mewah dan konsumsi bahan bakar yang irit, Toyota Corolla Altis ini bisa menjadi referensi yang wajib masuk ke daftar list mobil yang ingin dibeli.

Di 2014, Generasi ke-11 Toyota Corolla Altis meluncur dengan membawa mesin 2ZR-FE 1.800cc dual VVT-i dan transmisi super CVT.

6. Toyota Calya - Daihatsu Sigra (Hingga 19 km/liter)

[108] 10 Mobil Paling Irit BBM 2017 - Calya

Masuk dalam kategori LCGC (Low Cost Green Car) tentu membuat Calya-Sigra otomatis masuk dalam daftar mobil irit. Tetapi catatannya ternyata mampu melebihi sejumlah pesaingnya yang berada di kelas yang sama dengan catatan impresif hingga 19 km/liter.

Hampir semua orang Indonesia setuju jika mobil yang pernah disebut sebagai Avanza versi mini ini punya konsumsi bahan bakar yang cukup irit. Toyota Calya merupakan mobil yang dihasilkan dari kolaborasi bersama dengan Daihatsu. Makanya ada kembaran Calya bernama Daihatsu Sigra.

Calya-Sigra menawarkan desain mobil keluarga yang dinamis dan dimensi kompak. Selain itu, kenyamanan yang ditawarkan oleh Calya-Sigra adalah suspensi yang empuk. Harus diakui bahwa impresi tarikannya agak sedikit kurang pada putaran bawah yang diwarnai munculnya suara gerungan yang bisa sedikit mengganggu. Namun melihat banderolnya yang sangat terjangkau dan efisiensi bbm di atas rata-rata, mobil ini sangat layak untuk dimiliki.

7. BMW 320d (Hingga 23 km/liter)

[108] 10 Mobil Paling Irit BBM 2017 - 320d

Justifikasi sedan mewah selalu punya konsumsi bahan bakar yang boros berhasil dipatahkan oleh produsen asal Jerman ini. Yap, BMW memproduksi 320d ini dengan konsumsi yang sangat baik. Bahkan konsumsi bahan bakarnya mencapai 32 km/liter.

Untuk mesinnya, ia dibekali dengan mesin 1.997 cc, 4 silinder, Twin turbo yang mampu menghasilkan tenaga hingga 184 hp dengan torsi maksimal 380 Nm. Kode d di akhir seri merupakan identitas jika sedan ini menggunakan mesin Diesel.

Kecanggihannya dapat mendongkrak tenaga sembari meningkatkan efisiensi bahan bakar yang dikenal dengan istilah EfficientDynamics.

BMW 320d dijejali mesin diesel 4-silinder 1.997cc berteknologi TwinPower Turbo.

8. Mitsubishi Mirage (Hingga 21 km/liter)

[108] 10 Mobil Paling Irit BBM 2017 - Mirage

Sejak awal, Mirage memang di desain sebagai mobil mungil dengan harga yang terjangkau untuk dipasarkan di negara-negara berkembang.

Pabrikan berlogo tiga berlian punya mobil mungil dengan konsumsi bahan bakar yang irit. Mirage juga dikenal sebagai mobil kecil dengan handling yang cukup baik.

Performa Mitsubishi Mirage sebagai mobil juga mencerminkan ciri khas Mitsubishi sebagai sebuah kendaraan yang tangguh, meskipun mencangkok mesin yang relatif kecil.

Kelebihan mobil ini diantara rival sekelasnya memang dalam hal efisiensi bahan bakar, beberapa rekor penghematan bahan bakar pernah digenggam Mitsubishi Mirage. Soal konsumsi bahan bakar, mobil ini mencatatkan angka hingga 21 km/liter.

9. Nissan March (Hingga 21 km/liter)

[108] 10 Mobil Paling Irit BBM 2017 - March

Jika awalnya March hanya dibekali mesin berkapasitas 1.200cc, Nissan kemudian menghadirkan varian mesin yang lebih besar yakni 1.500cc pada versi terkini Nissan March.

Sebagai salah satu city car/hatchback yang ada di Tanah Air, Nissan March juga memiliki reputasi sebagai mobil yang punya konsumsi bahan bakar cukup baik. Kapasitas mesin yang kini jauh lebih besar tidak membuat reputasinya tersebut hilang, namun semakin membuat catatannya tetap impresif dengan menorehkan angka di atas 20 km/liter.

Desainnya menggambarkan jiwa muda sejati, tampilan eksterior dan interiornya juga lumayan oke kok.

10.KIA Picanto (Hingga 19 km/liter)

[108] 10 Mobil Paling Irit BBM 2017 - Picanto

Kia Picanto memiliki karakteristik berkendara yang fun to drive, tapi juga tetap mengedepankan efisiensi BBM.

Mobil mungil asal negeri ginseng Korea Selatan ini memiliki fitur ECO Mode yang berfungsi membuat mesin mampu bekerja lebih efisien dalam mengkonsumsi BBM. Tak heran jika konsumsi bahan bakarnya mencapai 19 km/liter untuk pemakaian di dalam kota.

Catatan impresif tersebut juga didukung oleh bobotnya yang cukup ringan, hanya 800 kg saja. Kebayang dong jika power to weight ratio yang dihasilkan juga cukup baik. KIA Picanto adalah salah satu mobil hatchback terbaik yang ada di kelasnya untuk pengemudian perkotaan.

Tabel Daftar Harga 10 Mobil Paling Irit BBM 2017 Tabel Harga 10 Mobil Paling Irit BBM 2017