Mobil dengan dimensi yang kompak memiliki banyak sekali kelebihan dibanding dengan mobil yang memiliki dimensi yang cukup besar. Mulai dari perawatan, harga sparepart yang murah, konsumsi bahan bakar yang irit, hingga mudahnya mencari dan melakukan parkir dimanapun menjadi kelebihannya.

Namun, mobil berukuran kecil ini juga terlahir bukan tanpa kekurangan. Ia memiliki beberapa kekurangan seperti sulitnya masuk ke dalam kabin, kabin yang sempit, hingga membawa barang bawaan besar yang biasanya tidak akan terakomodasi dengan baik.

Tetapi, di kota besar seperti Jakarta, mobil kecil ini masih sangatlah diminati. Hal itu bisa dilihat dari populasi mobil kecil yang semakin banyak setiap bulan bahkan setiap tahunnya. Tak percaya? Lihat saja di jalanan, mobil kecil sudah mulai mendominasi jalanan di Ibukota Jakarta yang semakin padat ini.

Bagi Anda yang sedang mencari mobil kecil, ada baiknya Anda melihat beberapa referensi yang kami berikan sebagai gambaran sebelum Anda meminang mobil berukuran kompak ini. Untuk itu, berikut Carmudi berikan 5 pilihan mobil kecil terbaik yang bisa Anda beli di semester kedua tahun 2018 ini.

1. Suzuki Ignis

[104] 5 Mobil Kecil - Ignis

Ignis merupakan salah satu mobil Crossover dari Suzuki.

Bahkan Ignis yang muncul pertama kali di ajang motor bergengsi di Indonesia ini pun dikategorikan sebagai mobil crossover paling kecil.

Walau pun Ignis mendapat julukan sebagai mobil Crossover terkecil bukan berarti bagian kabin menjadi sempit.

Malah interior yang didesain pada Suzuki Ignis ini termasuk lapang sehingga membuat banyak orang kagum dengan desain yang mini tetapi interior besar.

Mobil ini dibekali kubikasi sebesar 1.250 cc, tenaga mencapai 89 HP dan torsi maksimum sebesar 118 Nm.

Kemampuannya menyusuri jalanan pun tidak perlu diragukan dengan 5 transmisi kecepatan yang dimilikinya.

Suzuki Ignis mulai dipasarkan di Indonesia pada April 2017. Harga yang didapatkan dari ATPM sendiri pun sudah mulai beredar di kalangan masyarakat yang dibanderol seharga Rp 182.000.000,- Anda sebagai calon pengguna Suzuki Ignis tidak perlu merasa khawatir karena kabin dapat menampung antara 4-5 orang.

Selain itu tampilan Suzuki Ignis pun cukup mampu bersaing dengan mobil-mobil croosver lainnya, terutama dengan tampilan chrome yang membuatnya terlihat semakin berkelas.

2. Honda Brio

[104] 5 Mobil Kecil - Brio

Mobil lain berukuran kecil lainnya yang semakin semarak meramaikan pasar Indonesia adalah Honda Brio.

Mobil besutan Honda ini memiliki 5 tipe, mulai dari yang regular Honda Brio Satya S dengan harga paling murah dari antara yang lain hingga kepada Honda Brio Satya CVT Special Edition.

Harga yang dibanderol pada Honda Brio 2017 berada pada angka Rp 131.500.000,- hingga Rp 179.200.000,-.

Honda Brio menjadi salah satu pilihan mobil kecil terbaik karena mesinnya yang cukup hemat bahan bakar, tentu saja karena teknologi suplai bahan bakar PGM-FI milik Honda.

Memiliki tenaga sebesar 88 HP hanya beda satu angka dengan Suzuki Ignis, serta torsi maksimal sebesar 110 Nm.

Cukup tangguh untuk penggunaan sehari-hari, serta desain yang unik. Untuk para pecinta mobil yang kecil dan juga murah, Honda Brio dapat menjadi pilihan Anda.

Honda Brio memiliki beragam pilihan warna yang menarik, sehingga sering kali menjadi pilihan para anak muda sebagai mobil pertama dan juga keluarga baru yang mungkin sudah memiliki 2 orang anak.

3. Nissan March

[104] 5 Mobil Kecil - March

Disebut sebagai City Car mungil yang pertama kali muncul di Indonesia, Nissan March masih tetap mampu bersaing dengan banyaknya city car lainnya.

Sejak kemunculannya 2010, para pesaing Nissan March pun berlomba untuk mengeluarkan produk mobil city car mungil.

Kehadirannya yang selalu ada setiap tahun ternyata membuktikan popularitas mobil ini tidak berhenti walau banyaknya pesaing dengan konsep yang mirip.

Dengan semakin bertambahnya permintaan dari masyarakat, maka Nissan March memunculkan versi terbaru setelah face lift.

Kini Nissan March memiliki 2 tipe kubikas, yaitu 1,2 L dan juga 1,5 L.

Cukup banyak perubahan yang diberikan Nissan terhadap March terbaru. Contohnya saja dari bentuk lampu yang diberi kesan chrome dan sudut yang lebih tajam, semakin mengeluarkan ciri khas Nissan March yang tadinya mirip sekali dengan Kia Picanto.

Selain itu eksterior dengan ciri membulat pada bagian belakang ternyata dibuat sedemikian rupa untuk keperluan aerodinamis.

Nissan March selain juga termasuk pada jenis mobil yang hemat serta termasuk kepada city car menjadi pilihan yang cocok untuk mobil pertama. Sangat wajar jika disebut sebagai salah satu mobil kecil terbaik yang dapat dipilih pada kuartal pertama 2017.

4. Smart Fortwo Passion

[104] 5 Mobil Kecil - Fortwo

Membahas mobil kecil tentu tidak bisa melewatkan mobil unik Smart Fortwo.

Mobil yang benar-benar berdimensi kecil ini ternyata banyak menarik minat masyarakat di Indonesia.

Salah satu yang menyebabkan mengapa mobil ini menjadi salah satu pilihan mobil terbaik di kuartal pertama 2017 adalah desainnya yang unik dan fakta bahwa Smart Fortwo ini berada di bawah naungan Mercedes-Benz.

Hanya saja jika dibandingkan dengan lansiran mobil lainnya pada daftar ini, Fortwo terbilang jauh lebih mahal daripada mobil dengan 4 pintu. Ya, Smart Fortwo hanya dibekali kursi penumpang untuk 2 orang saja.

Ada dua jenis Smart Fortwo Passion, yang pertama adalah Passion Coupe dan juga Passion Cabrio. Keduanya diberi sentuhan 2 jenis transmisi yang dapat disesuaikan saat membeli, manual dan otomatis.

Menggunakan mesin 3 silinder dan sangat ringan. Smart Fortwo Passion ini dikabarkan cukup hemat dalam mengonsumsi bahan bakar.

Tentu dimensinya sangatlah kecil dan sangat cocok dipakai didalam kota. Harga yang dibanderol pada Smart Fortwo berkisar antara Rp 265.000.000,- hingga Rp 283.000.000,-.

5. Kia Picanto

[104] 5 Mobil Kecil - Picanto

Salah satu keuntungan mobil mini atau mobil berukuran kecil adalah kemudahan untuk parkir di ruang yang terbatas.

Salah satunya adalah Kia Picanto. Mobil asal Korea ini merupakan salah satu mobil yang cukup ramai beredar di kalangan masyarakat Indonesia.

Kia Picanto memiliki desain yang elegan, mungil juga sporty, jadi tidak membatasi kepada gender apapun untuk menggunakannya.

Walau hanya muat untuk 4 orang saja, bagian interiornya diberikan sentuhan kenyamanan yang cukup berkualitas.

Ukurannya yang kecil dan berat sekitar 800an kg membuatnya sangat cocok digunakan diperkotaan yang padat penduduk atau pengguna kendaraan.

Sehingga sangat cocok menjadi kandidat mobil kecil terbaik.

Dengan kubikasi 1.200 cc Kia Picanto tetap berhasil menjadi salah satu primadona untuk mobil kecil dengan harga yang lumayan terjangkau.

Selain itu pilihan warna yang juga beragam membuatnya menjadi pilihan bagi banyak kaum muda yang ingin membeli mobil pertama atau bahkan ingin mengganti mobil mereka.

Berikut data dari kelima mobil kecil terbaik kuartal pertama di tahun 2017 ini: Tabel Harga Mobil Kecil Terbaik 2017