Belajar selalu membutuhkan konsentrasi dan fokus yang tinggi jika ingin menyerap apa yang dipelajari dengan baik. Termasuk juga saat belajar mengemudi.

Belajar mengemudi membutuhkan konsentrasi dan fokus yang baik agar semakin mudah membedakan rem dan juga pedal kopling. Saat akan kursus mengemudi ada banyak hal yang sebenarnya harus dipersiapkan, apalagi mengendarai mobil berarti harus mengetahui kondisi jalanan.

Jangan lupa untuk memasukkan ekstra hati-hati di daftar ‘jangan lupa’ yang telah di buat sebelumnya.

Untuk membantu kamu sebelum mulai kursus mengemudi, perhatikan daftar ‘jangan lupa’ dari Carmudi berikut:

1. Persiapkan Biaya Kursus

Sekarang ini biaya kursus sudah tidak lagi murah. Rata-rata biaya kursus mengemudi berada di antara angka Rp 700.000,- hingga Rp 1.200.000,-.

Harga ini juga tergantung dari jenis pelayanan yang didapatkan. Kursus mengemudi yang sudah memiliki nama biasanya akan mematok harga yang lebih mahal daripada yang tidak.

Periksa pula apakah ada sesuatu jaminan yang didapatkan ketika memilih biaya kursus yang lebih mahal dan lebih murah.

Ada baiknya dari awal sudah melakukan pengecekan terlebih dahulu akan kursus mengemudi dimana, sebab hal ini menentukan besarnya jumlah uang yang harus dibayarkan kepada pihak kursus. Apalagi jika bisa menemukan tempat kursus yang lebih murah tetapi sudah komplit.

2. Pastikan Benefit Yang Didapatkan

Saat mendaftar kursus mengemudi biasanya para calon siswa akan diberikan pilihan. Apakah hanya kursus mengemudi saja atau kursus mengemudi serta layanan pembuatan SIM.

Jika memang harus memilih paket mengemudi serta pembuatan SIM, maka lakukanlah pengecekan rincian pembayaran yang harus dilakukan. Berapa banyak yang harus dibayarkan untuk kursus mengemudi dan berapa banyak yang harus dibayarkan saat pembuatan SIM.

Perbedaannya bisa jadi sangat jauh atau bahkan tidak begitu jauh tergantung dimana kursus diambil.

Jika memang perbedaan pengurusan SIM berbeda jauh dengan pengurusan SIM saat melakukannya sendiri, ada baiknya jika langsung mengurus pembuatan SIM tanpa melalui pihak ketiga, Carmudian.

3. Sesuaikan Jam Kursus

Waktu terkadang bisa menjadi sesuatu yang menyebalkan. Kurang efisiennya manajemen waktu membuat schedule untuk kursus menjadi terhalang.

Pada umumnya biaya yang dibayarkan sebelumnya hanya berlaku antara 6-9 pertemuan saja.

Jadi, sangat dibutuhkan komitmen untuk kursus ini. Coba bayangkan hanya dalam 6 kali pertemuan, siswa kursus diharapkan sudah bisa mengemudi dengan baik.

Langkah yang perlu dilakukan adalah mengusahakan hari kursus tidak berjauhan agar apa yang telah dipelajari tidak terlupakan. Mengemudi mobil memang tidak semudah kelihatannya. Maka ada effort yang harus dilakukan dalam setiap pertemuan yang diadakan.

4. Jangan Malu Untuk Bertanya

Belajar disini bukan berarti membawa buku tulis dan mencatat semua instruksi tetapi memahami semua instruksi yang telah diberikan sebelumnya.

Jadi ketika ada sesuatu yang mungkin terlupakan atau terlewatkan lebih baik ditanyakan langsung kepada pihak kursus.

Tanyakan bagaimana kursus bisa menjaga keamanan dan keselamatan latihan, proses umumnya seperti apa, apa yang harus disiapkan, dan tanyakan apakah ada diskon yang bisa didapatkan.

Semua ini berguna untuk keuntungan calon siswa. Membayar berarti mengizinkan calon siswa bertanya dan mendapat semua informasi yang dibutuhkan. Pada intinya, tanyakan apa yang perlu ditanyakan sejak dari awal mulai pendaftaran.

5. Sering Latihan

Yang paling penting dari langkah ini adalah pengulangan.

Sama seperti olahraga, latihan membuat seseorang lebih mahir dan terampil dalam melakukan suatu kegiatan. Mengemudi pun membutuhkan hal yang sama.

Ketika sudah fokus dan menaruh perhatian pada latihan yang telah didapatkan sebelumnya, maka melakukan pengulangan akan membuatnya jauh lebih baik.

Usahakan untuk melakukan latihan lebih sering, karena menghadapi latihan biasanya akan sedikit berbeda saat menghadapi jalan raya yang sebenarnya.

6. Jangan Absen dan Jangan Telat

Ada banyak sekali kursus yang sangat memperhatikan kedisiplinan waktu. Bukan hanya karena banyaknya siswa tetapi juga para pengajar ini pun memiliki waktu dan schedule masing-masing, lho.

Ada baiknya untuk para calon pengemudi untuk hadir tepat waktu untuk menghindari pengurangan waktu belajar atau hal lain yang mungkin merugikan waktu belajar. Jadi, tidak ada salahnya untuk disiplin sejak dari awal.

7. Jangan Takut Dengan Lalu Lintas

Terkadang rasa takut mampu membuat latihan yang telah diikuti terasa ‘menghilang.’ Apalagi ketika mengemudi yang sebenarnya sudah mulai dilakukan.

Memang menghadapi latihan dan mengemudi mobil di jalan raya akan terasa jauh berbeda. Ditambah setelah mengendarai mobil, para pengemudi akan dihadapkan dengan semrawutnya lalu lintas, kemacetan, kendaraan lebih besar yang datang dari arah berlawanan.

Semua ini akan terasa seperti puzzle yang berantakan, tetapi disinilah letak kegunaan latihan dan kursus tadi. Bahkan Carmudian harus tahu bahwa kursus sekarang juga mengajarkan cara mengemudi di jalan raya yang sesungguhnya.

Hal ini untuk melatih mengurangi rasa panik dan takut yang dialami oleh si siswa. Untuk menghindari rasa takut dan panic dapat dilakukan berbagai hal. Salah satunya adalah menarik nafas dalam dan buang secara perlahan.

Relaksasi ini biasanya dapat mengurangi rasa takut dan panik.

Selama kursus mengemudi lakukanlah apa yang di minta oleh pengajar dengan baik.

Para pengajar ini memiliki sistem penilaian yang berbeda-beda, jadi menuruti para pengajar berarti memberi kesempatan untuk lulus lebih baik. Sisi positif lainnya adalah para siswa atau calon pengemudi pun dapat belajar secara efisien dan mampu berkendara lebih baik.

Apakah Carmudian sudah bisa mengemudi dengan baik?