Saat Anda harus berpindah kota cukup lama karena pekerjaan atau tempat tinggal, otomatis Anda perlu membawa serta kendaraan untuk mendukung aktivitas di kota yang baru. Persoalan saat Anda akan kirim kendaraan tentu harus menyiapkan berkas dan mobil Anda supaya aman saat pengiriman.

Belum lagi, apabila Anda harus pindah ke luar pulau dan mobil sejenis yang Anda gunakan tidak tersedia di kota baru yang akan dituju. Pasti Anda bakal membawa mobil yang sekarang dimiliki. Pokoknya, bagaimana cara mengirim mobil anda yang notabene anda tidak bisa kendarai karena jarak yang sangat jauh dan menyebrangi lautan?

Ulasan berikut ini mungkin bisa menjadi solusi bagi anda yang memiliki persoalan tadi.

Mencari ekspedisi pengiriman mobil yang tepat

Langkah awal ini, hendaknya anda mencari dan cermati perusahaan ekspedisi di kota anda. Kantor ekspedisi biasanya banyak tersedia di kawasan pelabuhan atau sekitar stasiun besar kereta api.

Pastikan anda memilih perusahaan ekspedisi yang memiliki reputasi bagus, memiliki lisensi, atau memiliki spesialisasi pengiriman mobil. Kendaraan yang juga masuk barang berharga sebaiknya perlu juga mendapat asuransi. Pastikan perusahaan ekspedisi yang anda pilih telah bekerjasama dengan perusahaan jasa asuransi juga.

Pada umumnya, perusahaan ekspedisi pengiriman mobil menyediakan transportasi seperti truk container (pengangkutan tertutup), truk towing/ car carrier truck (pengangkutan terbuka). Cari tahu jenis pelayanan yang mereka tawarkan. Ekspedisi pengiriman mobil menyediakan beberapa layanan seperti door to door, port to door, dan port to port.

Bila sudah menemukan ekspedisi yang cocok, berikan alamat rumah dan akses jalan untuk membantu proses pengiriman mobil anda. Apabila memilih layanan door to door, pastikan juga jalan akses ke rumah anda bisa dilalui oleh truk pengangkut mobil.

Mempersiapkan mobil untuk dikirim ekspedisi

Anda bisa memakai jasa ekspedisi yang terbiasa mengirim kendaraan antar kota atau antar pulau bila memang jaraknya sangat jauh dan tidak memungkinkan dikendarai sendiri. Saat memakai jasa ekspedisi, Anda perlu mempersiapkan mobil agar aman saat pengiriman dilakukan.

Kosongkan mobil anda dari barang pribadi. Sudah tidak aneh bahwa mobil bisa diibaratkan rumah kedua sehingga kita suka menaruh barang pribadi. Sisakan saja perkakas untuk perbaikan darurat kendaraan seperti dongkrak, senter, dan kunci roda.

Periksa semua cairan dalam mesin dan periksakan juga apakah accu pada posisi aman (accu tidak goyang dan baut terminal aki terpasang kencang).

Sisakan bahan bakar sedikit saja, tujuannya agar bobot mobil tidak semakin berat dan berisiko tinggi selama pengiriman. Perkirakan volume bahan bakar di tangki cukup dari gudang kota tujuan sampai SPBU terdekat.

Matikan semua sistem alarm dan jangan lupa serahkan kunci mobil anda juga kepada petugas. Apabila mobil memakai kunci rahasia, sebaiknya nonaktifkan terlebih dahulu.

Lengkapi dokumen dan asuransi

Pada umumnya perusahaan ekspedisi akan meminta STNK asli kendaraan yang Anda kirim sebagai kelengkapan dokumen. Adanya STNK ini menunjukkan bila mobil yang dikirim bukan mobil curian. Pihak perusahaan ekspedisi juga melengkapi dokumen pengiriman dengan surat jalan guna membantu dan melindungi proses pengiriman oleh perusahaan ekspedisi agar tetap legal dan terlindungi hukum.

Untuk antisipasi hal terburuk, asuransikan mobil anda dan lakukan dokumentasi oleh anda sendiri terkait kondisi mobil anda sebelum pengiriman dilakukan. Dokumentasi tersebut akan membantu anda untuk klaim asuransi jika memang diperlukan nantinya.

Proses pengiriman kendaraan

Pengiriman ini akan berlangsung selama beberapa hari, tergantung pada jarak, tempat, dan cuaca. Jika pengiriman dilakukan ke antar pulau, maka cuaca akan sangat berpengaruh. Karena menggunakan kapal, cuaca yang buruk biasanya akan memakan waktu yang lebih lama dari biasanya.

Bila terjadi cuaca ekstrim, maka kapal bakal menunda keberangkatan atau memperlambat lajunya. Ombak besar dengan ditempuh kecepatan tinggi tentunya akan berbahaya.

Proses serah terima mobil dari ekspedisi

Setibanya mobil di tempat Anda, sebaiknya langsung periksa secara menyeluruh di depan petugas ekspedisi, bandingkan dengan foto yang sudah diambil sebelum unit dikirim. Tujuannya, bila terjadi kerusakan atau kehilangan maka kita bisa mengajukan klaim ke asuransi atau kepada pihak ekspedisi.

Demikian sedikit ulasan mengenai proses pengiriman mobil beserta dokumen penting lainnya. Percayakan kepada perusahaan ekspedisi dan tetap waspada dengan asuransi. Selamat mencoba.