Tampilan sebuah mobil merupakan daya tarik tersendiri. Kadang, mobil penampilan standar masih belum membuat pemiliknya puas. Banyak pemilik mobil yang mengubah desain mobilnya dengan body kit, bahkan hingga mengganti warna mobilnya.

Persoalan ganti warna mobil (repaint), sekarang ini banyak sekali aneka warna yang tersedia. Bila hanya ganti corak, bisa memakai jasa cutting sticker di sentra aksesoris mobil. Stiker-stiker unik juga banyak dengan gambar-gambar tokoh kartun atau striping tribal pun ada.

Tren warna mobil akan berubah seiring dengan perkembangan varian bentuk mobil itu sendiri. Menurut survey yang dilakukan oleh perusahaan kimia asal Jerman, BASF Divisi Amerika mengatakan warna-warna mobil standar seperti putih, hitam dan silver akan ditinggalkan.

Satu sisi, produsen mobil sejauh ini hanya menyediakan warna-warna biasa seperti hitam, putih dan silver. Opsi di luar warna netral yang tersedia mungkin pada warna biru, merah, hijau, atau kuning. Kita yang menginginkan warna lain dari itu harus mengubahnya sendiri.

Pengubahan warna mobil ini tidak hanya soal pewarnaan ulang, tapi juga ubah identitas warna yang tercantum di STNK dan BPKB kendaraan. Saat ingin ganti warna, usahakan memilih bengkel cat yang bermutu. Sebab, setelah pengecatan mobil Anda butuh surat keterangan asli dan bermaterai dari bengkel bodi yang bersangkutan untuk proses administrasi di SAMSAT.

Penyesuaian kondisi terbaru mobil dengan STNK tercantum peraturannya pada Undang- Undang No. 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Pasal 64 ayat 1, 2 huruf b yang berbunyi “Registrasi perubahan identitas Kendaraan Bermotor dan pemilik yang pada pokoknya identitas fisik kendaraan bermotor harus sesuai dengan surat kepemilikan kendaraan.”

Syarat untuk mengganti warna mobil di STNK:

  1. Meminta surat keterangan resmi dari bengkel bodi tempat repaint dilakukan berupa NPWP, SIUP dan Surat Izin Gangguan (HO).
  2. Fotokopi KTP 1 lembar untuk mobil pribadi, atau surat kuasa bermaterai yang ditandatangani pimpinan perusahaan serta dibubuhi cap perusahaan yang bersangkutan, salinan akta pendirian, dan satu lembar salinan surat domisili untuk mobil milik perusahaan atau instansi.
  3. STNK asli dan BPKB untuk tes fisik kendaraan yang bersangkutan.

Demikian tadi beberapa ulasan mengenai repaint dan penyesuaian pada STNK serta BPKB mobil. Tidak sembarang memilih bengkel bodi, dan menyiapkan dana lebih untuk proses penyesuaian di kantor Samsat adalah hal-hal yang harus dipersiapkan sebelumnya. Semoga bermanfaat dan tunjukkan warnamu!