Berkendara dengan aman tidak selalu berhasil dilakukan. Akan selalu ada masalah yang terjadi di jalanan terutama jika jalanan tersebut merupakan jalan besar dan jalur hampir semua jenis kendaraan. Keadaan jalan yang ramai juga menentukan apakah pengalaman berkendara akan aman atau tidak. Dalam berkendara tentu saja ada banyak sekali masalah yang bisa menghampiri Anda. Sebut saja kecelakaan, macet nya jalan raya di daerah Anda, lampu merah yang berkepanjangan, pengendara kendaraan lain yang tidak sabaran, adanya kemungkinan pencurian mobil dan barang-barang di dalamnya. Dalam berkendara ada beberapa hal yang bisa Anda ikuti untuk menghadapi berbagai masalah yang mungkin datang menghampiri Anda. Berikut tips nya:

1. Selalu gunakan sabuk pengaman

Saat berkendara mengutamakan keamanan adalah hal yang utama. Keamanan menjamin Anda dapat kembali ke kediaman Anda dan bertemu kembali dengan orang-orang yang Anda kasihi. Salah satu cara aman dalam berkendara adalah dengan menggunakan sabuk pengaman. Penggunaan ini menghindari Anda dari dari benturan keras saat terjadi kecelakaan dalam berkendara. Masalah ini mungkin saja terjadi kepada siapa saja termasuk kepada Anda. Menggunakan sabuk pengaman adalah satu langkah lebih maju demi keamanan berkendara.

2. Pilih jalur yang aman

Saat akan berkendara ke tempat tujuan Anda, sangatlah penting memilih jalur kendaraan yang aman. Memilih jalur kendaraan yang aman berarti memilih jalur yang memiliki resiko kecelakaan rendah, seperti jalur kendaraan yang ramai kendaraan. Jalan yang terlalu ramai bisa menyebabkan kemacetan panjang dan resiko mobil Anda tergores oleh kendaraan lain. Bukan berarti Anda juga harus memilih jalan yang sepi dari kendaraan lain. Tetapi pilihlah jalur yang menurut Anda dapat mengurangi resiko kecelakaan. Jika Anda sedang berada di jalan tol, maka pilihlah jalur dengan kecepatan yang biasanya Anda gunakan. Selalu berhati-hati saat berkendara di jalan bebas hambatan untuk menghindari kecelakaan lain.

3. Tingkatkan kewaspadaan

Jika suatu saat Anda harus berkendara melalui jalan yang resiko terkena masalah tinggi, maka tingkatkanlah kewaspadaan. Masalah yang dimaksud adalah masalah seperti adaya begal, pencurian mobil. Modus dari pencurian ini pun bermacam-macam, mulai dari berpura-pura memberitahukan bahwa ban kendaraan Anda mengalami kebocoran. Berpura-pura meminta tumpangan dan meminta tolong. Biasanya para pelaku ini bekerja dengan cara berkelompok, sehingga jika ada yang mengatakan bahwa ban mobil Anda bocor segeralah periksa sekitar. Apakah ada kelompok orang yang sedang menunggu atau mengikuti di belakang. Jangan berhenti saat itu juga, tetapi carilah lokasi yang ramai dimana Anda bisa meminta tolong ketika terjadi apa-apa. Meningkatkan kewaspadaan sangatlah penting ketika Anda berkendara sendirian. Para pelaku kejahatan ini akan mengintai dari kejauhan dan memperhatikan Anda, terutama jika Anda terlihat berkendara sendirian.

4. Buat panggilan tombol cepat pada ponsel

Ponsel sangat berguna ketika terjadi suatu masalah. Banyak masalah dijalanan dapat diselesaikan dengan bantuan ponsel. Begitu pun ketika terjadi apa-apa dengan Anda. Ketika Anda sudah meningkatkan kewaspadaan Anda dan ternyata Anda sedang dikuntit oleh sekelompok orang, maka gunakanlah tombol cepat yang telah diatur sebelumnya. Buatlah tombol dengan panggilan keluar ke nomor-nomor penting dimana Anda bisa meminta tolong. Seperti nomor polisi, orang tua, saudara atau teman Anda. Bantuan ini bisa langusng menghubungkan Anda untuk terhubung dengan orang-orang yang tepat.

5. Parkirlah di lokasi yang tepat

Ada banyak sekali kejadian curanmor ketika kendaraan tersebut sedang diparkir di tempat sembarangan. Bahkan parkir di tempat yang menurut Anda benar pun belum tentu bisa menjamin keamanan. Tetapi dengan parkir di lokasi yang tepat akan meningkatkan keamanan kendaraan Anda. Jangan parkir di pinggiran jalan dimana banyak sekali kendaraan yang lalu lalang. Ada kemungkinan mobil Anda bisa tergores atau bahkan kehilangan kaca spion seperti yang kerap terjadi belakangan ini. Jika Anda sedang tidak terburu-buru, carilah tempat parkir yang dapat menjamin keamanan mobil Anda, seperti di lokasi parkir supermarket atau mini market, gedung-gedung perkantoran yang memiliki pihak pengaman.

6. Jangan dengarkan musik terlalu kencang

Saat berkendara penting sekali untuk tidak mendengarkan musik terlalu kencang. Anda berkendara dijalanan dimana ada banyak sekali kendaraan lain yang juga menggunakan jalan tersebut. Mendengarkan musik terlalu kencang akan membuat Anda tidak bisa mendengar suara klakson dari mobil belakang bahkan mengurangi fokus Anda ketika berkendara. Maka dari itu banyak sekali pihak yang menyarankan untuk mendengarkan musik dengan suara yang sewajarnya saja. Jika memang musik yang Anda dengarkan mampu menggugah hati Anda, ada baiknya untuk menepi sebentar dan kembali berkendara setelah musik tersebut selesai Anda dengarkan.

7. Abaikan ponsel Anda

Banyak sekali pihak-pihak yang mendukung para pengendara untuk tidak menggunakan ponsel saat berkendara. Bahkan banyak sekali iklan yang dibuat dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran untuk tidak menggunakan ponsel saat berkendara. Bahkan ada sekitar 30%-60% kecelakaan disebabkan oleh para pengendara yang mengemudi sambil menggunakan ponsel mereka. Tentu saja Anda tidak ingin ini terjadi kepada Anda ataupun anak anda bukan? Segeralah memulai kebiasaan mengabaikan ponsel ketika berkendara untuk menghindari masalah-masalah seperti kecelakaan atau bahkan menabrak kendaraan lain. Fokus adalah yang utama saat berkendara.

8. Hindari jalan yang buruk

Untuk membuat mesin mobil lebih awet dan tahan lama saat berkendara, ada baiknya memperhatikan kondisi jalanan yang sering Anda lewati. Kondisi jalanan yang buruk dapat membuat mesin dan ban mobil Anda mengalami kerusakan secara bertahap. Kerusakan yang mobil Anda alami mungkin tidak terjadi saat itu juga, tetapi berkendara secara terus menerus dengan keadaan kondisi jalan yang buruk bisa menyebabkan kerusakan serius. Jika memang Anda tidak bisa menghindari kondisi jalanan seperti ini, artinya Anda harus melakukan perawatan secara rutin untuk menjaga kualitas mesin dan kendaraan Anda. Hal ini juga berlaku bukan untuk mobil saja, tetapi kendaraan lain seperti motor.

Memang tidak semua masalah bisa dihindari, tetapi Anda sebagai pemilik kendaraan bermotor bisa memilih menggunakan cara yang aman dan baik untuk mengurangi masalah-masalah yang muncul saat Anda berkendara. Tidak usah khawatir lagi dengan hal seperti ini, ikuti tips diatas untuk menghindari masalah-masalah yang kerap terjadi di jalanan.