Apa yang muncul pertama kali di benak Carmudian, ketika mendengar kata “mobil bekas”?

Harganya yang murah? Kondisi mobilnya yang tidak layak atau tampilan mobil yang sepertinya membutuhkan ‘sentuhan’ yang dalam? Hmm..

Tidak selalu begitu Carmudian. Mobil bekas ternyata sangat bisa dijadikan pilihan yang layak untuk digunakan.

Jadi buat kamu yang ingin menjual mobil bekas yang kamu miliki, tak perlu khawatir karena sejatinya mobil bekas juga menjadi incaran banyak orang. Apalagi di 5 tahun belakangan ini di mana mobil menjadi suatu kebutuhan yang amat sangat penting.

Memang semuanya tetap tergantung kebutuhan si pemilik mobil, tetapi fenomena ini bukan sesuatu yang bisa disangkal, Carmudian.

Nah, terkadang tugas yang paling berat saat menjual mobil bekas adalah menentukan harga jual yang tepat.

Tentu saja kamu sebagai penjual tidak ingin menetapkan harga yang terlalu jauh dari harga pasaran mobil bekas, karena faktor harga terkadang menjadi penentu terakhir jadi atau tidaknya pembelian.

Sebelum kamu menentukan harga penjualan yang bikin kamu pusing tadi, ini nih trik untuk menentukan harga jual yang benar.

1. Pastikan Tahun Mobil Kamu

Tahu mobil penting untuk kamu ketahui sebagai pemilik mobil, bukan karena semata ingin menjual mobil bekas kamu tetapi juga untuk mengetahui ‘identitas diri’ dari mobil yang kamu miliki.

Untuk memastikan tahun mobil kamu, sangatlah mudah karena hanya perlu memeriksa buku kepemilikan atau STNK yang kamu miliki.

Dari sini kamu akan tahu tahun mobil tersebut dan data lengkap lainnya. Dari tahun ini nanti kamu akan bisa menentukan harga penjualan yang cocok untuk mobil bekas kamu.

2. Pastikan Penurunan Harga

Ada aturan yang mungkin tidak tertulis tetapi bisa kamu gunakan dalam memastikan penurunan harga. Penurunan harga ini tentu saja sangat penting karena menentukan harga jual mobil kamu dengan hitungan yang telah ditentukan.

Untuk memastikan penurunan harga, kamu perlu melihat dan belajar dari pasar mobil bekas.

Contohnya saja jika mobil kamu terdaftar di tahun 2010, maka setiap tahun, penurunan harga akan semakin kecil.

Jika kamu menjual mobil kamu pada tahun berikutnya di 2011, maka kamu dapat menurunkan harga sekitar 10-15%, kemudian tahun berikutnya kamu harus mengurangi sekitar 5-10%, dan pada tahun 2013 kamu dapat menjual mobil bekas kamu dengan penurunan harga 5%-8%.

Poinnya adalah setiap tahun, penurunan harga mobil akan semakin kecil.

3. Kondisi Mobil

Memiliki mobil yang masih mulus dan terawat dengan baik akan selalu menguntungkan para pemiliknya.

Berkendara dengan mobil yang memiliki seat yang nyaman dan empuk, jok yang bersih, sound system yang mumpuni, rem yang berfungsi dengan baik adalah sesuatu yang selalu ingin dimiliki oleh orang, terutama para calon pembeli mobil.

Ketentuan kasat mata ini menjadi sesuatu yang selalu diincar oleh orang-orang yang ingin membeli mobil bekas.

Sebagai penjual mobil bekas, ada baiknya kamu merawat mobil kamu secara keseluruhan seperti mesin, aki, interior mobil, eksterior dan segala hal yang dapat memperlihatkan baiknya kondisi mobil yang kamu miliki.

Sama seperti kedua hal sebelumnya, kondisi mobil pun mempengaruhi harga penjualan mobil.

Mobil yang memiliki kondisi yang cukup baik akan memiliki harga jual yang jauh lebih tinggi daripada mobil yang kondisinya kurang baik.

Merawat mobil kamu dari sekarang tidak ada salahnya, Carmudian. Mungkin saja suatu saat nanti kamu akan menjual mobil bekas kamu.

4. Cek Harga Kompetitor

Setiap mobil biasanya memiliki kompetitor pada segmen masing-masing. Dinamakan harga kompetitor karena harga yang ditawarkan pun akan sangat bersaing di tiap kelas masing-masing.

Segera lalukan pengecekan harga mobil kompetitor agar kamu tidak kewalahan menentukan harga mobil. Karena harga perbedaan yang sedikit, mobil pun bisa laku atau bahkan tidak laku.

Carilah terlebih dahulu jenis kompetitor mobil yang kamu miliki baru lakukan pengecekan harga.

Melakukan pengecekan yang lebih dalam sebenarnya lebih baik, Carmudian.

Tidak ada salahnya kamu mengunjungi salah satu pasar mobil bekas dan mengecek keadaan mobil kompetitor dan bahkan mobil yang sama dengan yang kamu miliki.

Periksa keadaan mobil, interior dan eksterior bahkan mesin yang dimiliki mobil tersebut lalu bandingkan dengan mobil yang kamu miliki. Setelah melakukan perbandingan sebelumnya, tanyakanlah harga mobiil tersebut.

Disini kamu bisa menentukan harga pasaran yang akan kamu tawarkan kepada orang lain. Sejauh apa orang tersebut dapat melakukan penawaran dan harga pas yang akan kamu berikan.

Kira-kira begitu Carmudian cara singkat untuk menentukan harga jual mobil bekas yang ingin kamu jual. Kini ga perlu bingung lagi mau jual mobil di harga berapa dengan langkah-langkah di atas.

Yang paling penting jangan ada surat-surat yang tidak lengkap ya Carmudian, menjual mobil butuh dokumen-dokumen yang sangat lengkap.

Kalau kamu mau tahu cara lebih mudah jual mobil, ayo segera di cek di carmudi.co.id. Mobil kamu bisa segera dilihat oleh semua orang melalui Carmudi, tinggal tunggu, mobil kamu bisa terjual!