: Disarankan
Memperbaharui hasil
Refresh Reset

MPV Menengah ke Bawah Kuasai Kawasan Banten Tangerang

Mobil di banten

BANYAK jalan rusak itulah kalimat yang menggambarkan kota Tangerang Banten. Pertumbuhan kawasan industry ini yang berbanding terbalik dengan sisi pembangunan infrastruktur membuat banyak jalan raya yang seakan-akan terbengkalai atau tidak terawat.

Memang kawasan ini sering dilewati mobil-mobil niaga berkapasitas besar seperti truk dan kontainer. Belum lagi kendaraan pribadi yang semakin membuat daya tahan jalan semakin tergerus cepat. Meskipun sudah dilakukan perbaikan, tapi usaha tersebut seperti percuma karena tidak dijalani regulasi kelebihan muatan pada suatu kendaraan.

Mobil niaga seperti Mitsubishi Colt hingga Isuzu N series merupakan kendaraan yang kerap digunakan di sekitar kawasan Tangerang Banten. Sementara untuk kendaraan pribadi yang pesat berkembang adalah yang berjenis multi purpose vehicle (MPV) kelas menengah ke bawah, seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia hingga Suzuki APV.

Untuk Keperluan Industri

Hal itu memang sesuai dengan kondisi perekonomian kawasan Tangerang Banten yang masih di bawah pendapatan penduduk Jakarta, membuat kelas MPV tersebut banyak dicari, baik dalam keadaan bekas maupun baru. Sambutan pabrikan otomotif atas perkembangan itu juga tinggi, buktinya banyak diler-diler mobil baru yang didirikan.

Semua itu untuk memudahkan konsumen dalam hal perawatan atau servis kendaraannya. Selain digunakan untuk keperluan pribadi, biasanya kendaraan MPV tersebut juga dipakai untuk keperluan usaha atau industri. Seperti jadi alat transportasi bagi para pekerja pabrik hingga menjadi alat angkut barang serba guna.

harga daihatsu taruna murah

Untuk pasar sepeda motor di kawasan ini, dominasinya pun sangat luar biasa. Karena pendapatan per bulan masih jauh dari para pekerja di Jakarta, membuat pilihan untuk memakai sepeda motor adalah sesuatu yang tepat dan realitis. Jadi tidak heran saat jam pulang kerja, kemacetan akibat sepeda motor sering terlihat di kawasan Tangerang Banten ini.

Diler Mobil Bekas Ramai

Jika berbicara mobil mewah, sepertinya pasarnya sangat kecil di kawasan ini. Lebih kecil jika dibandingkan kelas sport utilty vehicle (SUV) dan motor sport yang semakin berkembang di kota yang bakal menjadi basis segala jenis industri di Indonesia ini.

Berbeda dengan perkembangan pembangunan diler-diler mobil baru, pertumbuhan diler mobil bekas justru sangat melonjak. Kembali lagi berdasarkan pendapatan daerah yang masih kurang, membuat mobil bekas menjadi alternative merndapatkan kendaraan yang layak bagi keluarga.

Mobil bekas yang dicari juga masih berada di segmen MPV menengah ke bawah. Sementara posisi kedua kendaraan yang dicari adalah mobil-mobil niaga. Uniknya kendaraan bekas yang datang ke kawasan ini berasal dari Jakarta. Mengapa? Biasanya mobil-mobil yang dipakai untuk kawasan Tangerang sudah dikenal sebagai kendaraan untuk menunjang bisnis.

Perawatan tidak menjadi faktor penting, melainkan kemampuan daya angkut yang lebih diutamakan. Jadi saat mobil tersebut akan dijual ke pasar mobil bekas, beberapa penyakit yang kronis bisa ditemukan. Berbeda dengan mobil asal Jakarta yang biasanya digunakan untuk penunjang rutinitas dan dirawat dengan baik.