: Disarankan

30 Juta Siap pakai

Bekasi

Syafrizal AB
  • 25,000 Km

Daihatsu Classy th 1995 Warna Hitam Metalik Mulus Body Masih Kaleng Interior Orisinil Mesin Bagus AC Power Stering Central Lock Power Windows Ellectric Mirrors Velg Racing Pajak Hidup (12-2017) ...

22.5 Juta Nego

Bekasi

Adhi9094 Adhi9094
  • 15,000 Km

Dijual daihatsu classy tahun 1991 pajak panjang STNK sampe Nov 2018 Plat sampe Nov 2020 AC dingin abis diservice unit ada di Kayuringin Jaya perumnas 2 Bekasi,Kendaraan ini dijual di Carmudi deng...

24 Juta Nego

Bandung

Enan Sujana
  • 859,986 Km

Daihatsu cukup terkenal sebagai produsen kendaraan berkualitas dan yang ini adalah salah satu buktinya. Classy SG saloon 1991 ini menggunakan sistem transmisi Manual juga didukung fitur menarik l...

32.5 Juta Nego

Indonesia

Okky Putranto
  • 150,000 Km

kondisi full original . simpanan. ps/pw/ac/elektrik mirror/ remot/cd. instrumen fungsi semua.kf 3M asli. pajak hidup. ban tebal .kaki2 senyap. mesin halus standart irit medit...kabel2 rapi bers...

35 Juta Nego

Kota Jakarta Timur

Teguhmusyarif74 Teguhmusyarif74
  • 200,000 Km

1991 DAIHATSU CLASSY COKLAT METALIK

38 Juta Nego

Bandar Lampung

Aldofatejarum07 Aldofatejarum07
  • 130,000 Km

mobil terawat, mesin halus dan kering pajak panjang, mulus banget, interior bagus, jarang pakai, pemakaian dalam kota saja. kaki kaki masih bagus oke, ac dingin, jok kulit. surat2 lengkap,. lihat...

37 Juta Nego

Medan

Berkah Aditya Mobil MDN
  • 1 Km

Daihatsu telah memproduksi kendaraan berkualitas sejak lama dan yang satu ini tidak terkecuali. Daihatsu Classy 1991 ini telah berjalan sejauh 1 KM dan menggunakan sistem transmisi Manual juga di...

35 Juta Nego

Malang

Nusa Barong Motor Malang
  • 1 Km

Daihatsu Classy 1.3 1991 warna Perak / Abu ini merupakan tawaran menarik dengan harga hanya Rp 35000000. Kendaraan ini datang dilengkapi dengan sistem transmisi Manual dan juga mempertimbangkan ...

25 Juta Nego

Indonesia

Nur Fauzi
  • 300,000 Km

Daihatsu Classy 1993. Jual Cepat, 25 jt, Nego di tempat dan tidak terima nego di trlpon or wa. Lokasi di belakang PN Tangerang. cat msh lumayan, mengkilap ky mobil mewah. minus, namanya mbl tua ...

22 Juta Nego

Palembang

Aya_bunda Aya_bunda
  • 60,000 Km

Daihatsu cukup terkenal sebagai produsen kendaraan berkualitas dan yang ini adalah salah satu buktinya. Classy sedan 1998 classy ini menggunakan sistem transmisi Manual juga didukung fitur menari...

30 Juta Nego

Indonesia

Jafar
  • 30,000 Km

Daihatsu Classy SG Saloon 1995 warna Hijau ini merupakan tawaran menarik dengan harga hanya Rp 30000000. Kendaraan ini datang dilengkapi dengan sistem transmisi Manual dan juga mempertimbangkan...

Memperbaharui hasil

Harga Jual Terbaik Daihatsu Classy di Indonesia

harga Daihatsu Classy

Daihatsu Charade mencatatkan sejarah yang cukup gemilang di pasar otomotif Tanah Air. Daihatsu menghadirkan mobil ini sebagai salah satu pelopor kendaraan mungil berkonsep city car, dengan model hatchback yang irit dalam konsumsi bahan bakar, dan juga memiliki mesin yang bandel. Sampai dengan saat ini, Daihatsu Charade masih banyak yang mencari, dan harganya di pasaran mobil bekas termasuk stabil. Daihatsu Charade memiliki dua varian. Untuk model hatchback dikenal dengan sebutan Daihatsu Winner, sedangkan yang bertipe sedan disebut dengan Daihatsu Classy.

Segmentasi Pasar dan Model Mobil

Sejak awal diperkenalkan ke pasar Indonesia, bentuk Daihatsu Charade yang mungil mampu memikat segmen anak-anak muda untuk memilikinya, khususnya untuk Charade Winner. Sedangkan untuk model sedannya atau Charade Classy, memang lebih mengincar segmen sebagai kendaraan sedan untuk keluarga kecil. Selain mudah dalam hal perawatan dan mendapatkan suku cadang, Charade pun banyak dilirik oleh anak-anak muda karena mesinnya yang terbilang cukup mudah untuk dibuat kencang.

Review Daihatsu Classy di Indonesia

Daihatsu Charade adalah salah satu jenis kendaraan city car klasik yang diproduksi sejak 1977 silam. Generasi pertama Charade disebut dengan G10 dan produksinya berlangsung hingga 1983. Karena cukup laris di pasaran, akhirnya generasi kedua Daihatsu Charade yang disebut G11 dan produksinya berjalan antara kurun waktu 1983 sampai dengan 1987. Untuk Generasi ketiga atau disebut dengan Daihatsu Charade CX, produksinya berjalan dari 1987 hingga 1989.

Daihatsu Charade Classy merupakan varian Charade generasi ke-3 yang dikeluarkan Daihatsu pada kisaran 1987 sampai dengan 1994. Sementara untuk pasar di Indonesia, mobil ini dipasarkan hingga 1997. Daihatsu Classy mengusung spesifikasi mesin yang sama dengan Winner, yakni dibekali mesin dengan kode G102 dan memiliki kapasitas silinder sebesar 1.300 cc.

Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Classy

Daihatsu Charade Classy terkenal karena bentuknya yang mungil, irit bahan bakar, mesinnya bandel dan jarang rewel. Selain itu, mobil ini tergolong mudah dalam hal perawatan, gampang mendapatkan suku cadang, dan tarikannya cukup kencang meskipun menggendong mesin berkapasitas kecil. Tak hanya itu saja, bentuknya yang kecil seakan tak lekang oleh waktu, dan sangat fleksibel untuk bermanuver di tengah kepadatan lalu lintas.

Sedangkan untuk kelemahannya, dikarenakan faktor usia kendaraan, biasanya yang ditemukan permasalahan di area engine mounting. Selain itu juga kerap ditemui masalah pada bagian kaki-kaki dan power steering. Untuk area interior, biasanya masalah ditemukan pada bagian power window. Tak sampai di situ saja, karena termasuk mobil lawas maka untuk fitur-fitur penunjang keselamatan dan kenyamanan dalam mengemudi masih belum selengkap mobil-mobil modern.

Spesifikasi dan Performa Daihatsu Classy

Daihatsu Charade Classy, mengusung mesin berkode G102 (HC-C), berkapasitas 1.3 liter, 4 silinder segaris, berpendingin cairan. Tenaga yang mampu disemburkan sebesar 56 kW pada 6.500 rpm, dengan torsi puncaknya mencapai 102 Nm pada 3.900 rpm. Sistem asupan bahan bakarnya masih menggunakan karburator dan disematkan transmisi manual 5-percepatan. Sistem penggerak rodanya menggunakan model penggerak roda depan (FWD).

Konsumsi Bahan Bakar

Mengusung model mesin dengan kapasitas silinder yang terbilang tak terlalu besar, membuat Daihatsu Charade Classy sangat efisien dalam konsumsi bahan bakarnya. Tercatat kalau untuk penggunaan dalam kota, konsumsi bahan bakarnya mencapai 1:13 km/liter. Sedangkan untuk penggunaan rute jarak jauh atau luar kota, konsumsi bahan bakarnya berkisar 1:18 km/liter.

Fitur Daihatsu Classy

Tak seperti mobil-mobil modern, Daihatsu Charade Classy hanya dibekali dengan fitur-fitur standar untuk menunjang kenyamanan dan keamanan dalam berkendara. Fitur-fiturnya untuk mobil di akhir era 80 dan awal 90an sebenarnya terbilang cukup oke dan memadai untuk ukuran sebuah mobil perkotaan karena teknologi mobil saat itu yang juga masih terbatas.

dijual Daihatsu Classy

Fitur Hiburan dan Kenyamanan

  • AC
  • Pemutar kaset/radio
  • Jok berbahan beludru
  • Power steering
  • Suspensi depan dan belakang model Independent

Fitur Keamanan

  • Sabuk pengaman
  • Rem Cakram di roda depan
  • Rem Tromol di roda belakang

Desain Daihatsu Classy

Desain Interior

Area kabin yang disodorkan Daihatsu Charade Classy masih sangat standar, dan mencerminkan era mobil 1990-an. Perangkat audio masih menggunakan kaset, dan belum dibekali perlengkapan modern seperti model mobil masa kini. Meski begitu, hal tersebut tetap tak mengurangi rasa nyaman ketika sedang mengendarainya. Kapasitas bagasi Winner memang tak terlalu besar, tapi lain halnya dengan Classy karena bertipe sedan, yang mana bagasinya terbilang cukup luas dan tipikal mobil-mobil sedan lainnya.

Desain Eksterior

Ada dua jenis varian dari Daihatsu Charade, yaitu Daihatsu Winner dan Daihatsu Classy. Untuk Daihatsu Winner, modelnya adalah city car tipe hatchback. Perbedaannya hanya terlihat di model lampu depan, di mana untuk generasi pertama modelnya bulat dan generasi kedua sudah kotak. Sedangkan generasi ketiga, model buritannya yang berbeda. Meskipun masih hatchback, tapi modelnya sudah kapsul alias sedikit membulat. Sedangkan untuk Classy, modelnya sudah sedan empat pintu. Baik Winner atau pun Classy, kedua model Daihatsu Charade ini mampu memuat hingga 5 penumpang.

Pilihan Warna

Ada beragam pilihan warna yang tersedia pada Daihatsu Charade, baik untuk model hatchback atau pun sedan. Beberapa warna yang terdapat pada Charade antara lain hitam, putih, merah, hijau, hingga warna-warna metalik.

Kompetitor Daihatsu Classy

Pada era 1990-an, peta persaingan mobil-mobil bertipe sedan dan hatchback tengah gencar terjadi. Untuk segmen city car, Daihatsu Charade Winner bersaing dengan Toyota Starlet dan Mazda 323 hatchback. Sedangkan untuk tipe sedan, Daihatsu Charade Classy menghadapi persaingan sengit dari Honda Civic, Suzuki Esteem, Mazda 323 Interplay, dan Toyota Corolla.

beli Daihatsu Classy

Harga Daihatsu Classy dan Ketersediaan Mobil

Daihatsu Charade baik tipe hatchback maupun tipe sedan sudah tak lagi diproduksi, tapi karena ketangguhan mesin dan irit dalam konsumsi bahan bakar, masih banyak orang yang mengincarnya sampai dengan saat ini. Berikut ini merupakan kisaran harga Daihatsu Charade Classy dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir.

Kesimpulan

Daihatsu Charade Classy merupakan salah satu mobil primadona di pasar otomotif Tanah Air pada era 1990-an. Meskipun minim fitur, tapi karena mesinnya yang jarang rewel dan irit bahan bakar, membuat dua varian Daihatsu Charade Classy tersebut masih tetap diincar sampai saat ini. Bagi yang mencari kendaraan tipe hatchback atau sedan yang irit dan bermesin tangguh, mobil lansiran Daihatsu ini bisa menjadi pilihannya. Tak hanya itu saja, harganya juga relatif lebih terjangkau dibandingkan dengan para rivalnya.