: Disarankan

28 Juta Nego

Malang

UD.Hidayah Motor Malang
  • 1 Km

Ford Laser 1.0 1995 bekas warna merah ini dijual oleh Ud.Hidayah Motor Malang. Dealer ini berlokasi di Jalan Raya Jatikerto Kromengan - Malang. Di dalamnya terdapat fitur interior Air Condition,...

11 Juta Nego

Kota Jakarta Timur

Apiezzdwi Apiezzdwi
  • 300,000 Km

Ford Laser GL 1983 body lempeng interior rapih wangi ac dingin audio cd aktif velk racing mesin sehat prima irit bbm perawatan mudah dan murah surat lengkap pajak off 2014 siap pakai cocok utk pe...

24.5 Juta Siap pakai

Medan

Khairul
  • 19,900 Km

Ford Laser 1.3 XLT 1988 Hatchback warna Perak / Abu ini merupakan tawaran menarik dengan harga hanya Rp 24500000. Kendaraan ini datang dilengkapi dengan sistem transmisi Manual Kondisi Sangat Lua...

17 Juta Nego

Kota Bks

Diajengbetharia Diajengbetharia
  • 600 Km

AC Power window Power steering CD changer Tape dan TV (perlu diperbaiki) Surat lengkap Pajak s/d maret 2018 Atas nama sendiri,Kendaraan ini dijual di Carmudi dengan harga yang bersaing dan kondis...

12 Juta Nego

Bandar Lampung

Dani Alfaro Dani Alfaro
  • 1 Km

"Dijual dr pada gak kepake ford laser th 89. surat"" lengkap velk racing ac dingin interior rapi minus pajak off dan accu Soak tukar tambah motor juga boleh.",Kendaraan ini dijual di Carmudi deng...

10 Juta Nego

Indonesia

Diana
  • 2 Km

Ford Laser 1986 bekas warna hitam ini dijual oleh Agen Tele Diana. Dealer ini berlokasi di Jalan Kyai Haji Ahmad Dahlan, Kupang Raya, Kota Bandar Lampung, Lampung. Di dalamnya terdapat fitur in...

22.5 Juta Nego

Indonesia

Rio Afriandi
  • 2 Km

Ford Laser 1996 bekas warna biru ini dijual oleh Agen Tele Rio Afriandi. Dealer ini berlokasi di Jalan Gatot Subroto, Rintis, Kota Pekanbaru, Riau. Di dalamnya terdapat fitur interior Air Condi...

Memperbaharui hasil

Harga Jual Terbaik Ford Laser di Indonesia

harga ford laser

Mobil berjenis sedan keluaran Ford ini cukup fenomenal di Indonesia pada era 1990an. Ketangguhan dan keiritan bahan bakar membuat mobil bernama Ford Laser ini banyak digunakan oleh konsumen otomotif Indonesia. Paling banyak unit Ford Laser yang dijual di Indonesia digunakan untuk keperluan kendaraan operasional taksi. Setelah tak lagi digunakan untuk taksi, Ford Laser kini banyak yang diburu oleh kalangan anak muda yang suka dengan kegiatan balapan. Hingga kini reputasi Ford Laser masih baik, suku cadang yang masih mudah ditemui, hingga mesinnya yang bandel membuat sedan ini masih tetap diminati.

Segmentasi Pasar dan Model Mobil

Strategi awal yang diterapkan untuk menjual Ford Laser adalah dipasarkan untuk taksi dan tidak dijual untuk umum. Pada 1998, Ford Laser mulai dijual dengan kisaran harga di bawah Rp100 juta, off-the road bebas pajak barang mewah pada saat itu. Untuk pemasaran secara retail, pabrikan Ford di Indonesia saat itu mulai memasarkan beberapa model Ford Laser, mulai dari Laser Ghia 1.300 cc dan 1.500 cc, baik yang 4 pintu maupun yang 5 pintu. Berlanjut dengan Ford Laser TX3 1.600 cc dengan 3 pintu.

Kemudian Ford Sonic 1.300 cc 4 pintu, Ford Gala 1.600 cc 4 pintu, dan Ford Champ 1.800 cc 5 pintu liftback. Selanjutnya, Telstar GL 1.800 cc 4 pintu, dan Telstar TX5 2.000 cc 5 pintu liftback. Dan yang terakhir adalah Ford Laser Lynx 1.600 cc dan 1.800 cc 4 pintu, Telstar Ghia 2.000 cc 4 pintu, dan Telstar Challenge 2.000 cc 5 pintu liftback.

Review Ford Laser di Indonesia

Ford Laser dipasarkan sejak tahun 1986 hingga 1998. Sementara pada kisaran 1989 silam, jalan-jalan Jakarta ramai dengan kehadiran Ford Laser. Saat itu, Ford hanya memiliki dua jajaran produk yang diimpor dalam bentuk terurai (CKD), yakni Laser dan Telstar. Keduanya tersebut adalah tipe sedan. Walaupun merek Amerika Serikat, saat itu Ford Laser dan Telstar didatangkan dari Jepang dan dirakit di Indonesia. Namun, sebagaimana dengan strategi awal yang diterapkan oleh Ford, tipe sedan yang dipasarkan untuk taksi memang tak dijual untuk umum. Ford Laser yang dipergunakan sebagai angkutan taksi menggendong mesin berkapasitas 1.300 cc, karena irit bahan bakar dan menjadi salah satu persyaratan untuk menjadi armada taksi. Sealin itu, para pecinta otomotif tergiur dengan performa mesin yang bandel dan pajak yang murah.

Kelebihan dan Kekurangan Ford Laser

Disuguhkan sebagai armada untuk taksi, Ford Laser ternyata memiliki beberapa keunggulan tersendiri dibandingkan dengan para kompetitornya. Laser memiliki ruang penumpang yang lapang, mesin yang handal, dan beberapa spesifikasi teknis yang sudah disesuaikan peruntukannya, yakni untuk pekerjaan berat (heavy duty) mulai dari suspensi, break pad, radiator, serta penggunaan jok atau plafon yang mudah dibersihkan.

Sementara kelemahan dari Ford Laser adalah sisi suspensi yang mulai rentan karena termakan usia dan karat yang mudah terjadi di iklim tropis seperti Indonesia ini. Jadi sebelum membeli Ford Laser bekas ada baiknya Anda mengecek komponen yang satu itu.

Spesifikasi dan Performa Ford Laser

Sejak awal diperkenalkan ke publik luas, Ford Laser memiliki beberapa varian mesin. Namun, mesin yang dipergunakan mirip dengan Mazda Familia atau 323. Berikut ini merupakan beberapa tipe mesin yang pernah disematkan pada Ford Laser.

  • Mazda E1, 41 kW (55 hp) 1.1 L SOHC carb 8V ('Ritz', 'L', dan model Selandia Baru 'GL')
  • Mazda E3, 49 kW (66 hp) 1.3 L SOHC carb 8V ('L' dan model 'GL')
  • Mazda E5, 54 kW (72 hp) 1,5 L SOHC carb 8V ('L', 'GL' dan model 'GHIA')
  • Mazda E5, 59 kW (79 hp) 1.5 L Twin Carb 8V SOHC (model 'Olahraga')
  • Mazda E5T, 78 kW (105 hp) 1,5 L SOHC carb 8V Turbo (edisi terbatas model 'Turbo')
  • Mazda E5T, 85 kW (114 hp) 1,5 L EFI 8V SOHC Turbo (model 'Turbo' Jepang)

Konsumsi Bahan Bakar Ford Laser

Konsumsi bensin Ford Laser eks taksi bermesin 1.300 cc dinilai relatif irit. Ada yang pernah mengaku bisa mencapai 1:12 untuk pengendaraan dalam kota dan 1:14 untuk pengendaraan di luar kota. Sementara untuk Ford Laser TX3 1.6L lansiran 1990 (M/T), konsumsi bahan bakarnya berkisar 1:9, dan untuk Ford Champ keluaran 1993 (M/T) konsumsi bahan bakar di dalam kota mencapai 1:9.

ford laser bekas dan baru

Fitur Ford Laser

Ford Laser memang lebih dikenal oleh masyarakat Indonesia sebagai kendaraan untuk armada taksi. Meskipun begitu, bukan berarti mobil ini tak memiliki keunggulan dalam segi fitur-fitur yang disematkan. Bahkan, untuk area jantung pacu dari Laser memiliki komponen yang sama persis seperti yang dimiliki oleh Mazda.

Fitur Hiburan dan Kenyamanan pada Ford Laser

  • A/C
  • AM/FM Radio/Tape
  • Power Window
  • Idle Speed Control
  • Throttle Positioning Control

Fitur Keamanan pada Ford Laser

  • Front and Rear Disc Brake
  • Side Impact Beam
  • Thickness of vehicle body around 0.8 mm

Desain Ford Laser

Desain Interior

Banyak orang yang mengincar Ford Laser karena kenyamanannya, meskipun kendaraan ini dipakai sebagai armada taksi. Walaupun interiornya tak terkesan sebagai sebuah mobil sedan mewah, tapi tetap cukup menarik perhatian. Tak banyak yang bisa dilihat pada interior Ford Laser, kecuali faktor kenyamanan yang menjadi perhatian utamanya.

Desain Eksterior

Dihadirkan dalam konsep mobil sedan, Ford Laser memiliki kemiripan desain eksterior dengan Mazda 323. Karena diperuntukkan sebagai kendaraan penumpang, faktor keamanan juga dijadikan prioritasnya. Dibandingkan dengan para pesaingnya, Ford Laser memiliki ketebalan bodi sekitar 0.8 mm, sehingga mampu menyerap benturan dengan cukup baik. Selain itu, mobil ini memiliki tampilan yang sporti, sehingga sampai dengan saat ini masih banyak yang mengincarnya.

Pilihan Warna Ford Laser

Ada beragam pilihan warna yang tersedia bagi Anda yang tertarik untuk membeli mobil eks taksi ini. Warna-warna yang tersedia mulai dari putih, biru, hingga hitam. Namun, karena mobil ini dipergunakan untuk taksi, variasi warnanya juga tergantung dari warna armada taksi yang dipergunakan.

dijual ford laser

Kompetitor Ford Laser

Berada di segmen mobil sedan entry level dan kini terbilang sudah lawas, Ford Laser berhadapan secara langsung dengan para kompetitornya semacam Toyota Corolla Twincam, Mazda Astina, dan Honda Accord.

Harga Ford Laser dan Ketersediaannya

Ford Laser sampai dengan saat ini masih tetap memiliki pesona dan daya tarik tersendiri bagi para pecinta otomotif. Dengan harga yang sangat terjangkau, pecinta otomotif sering mencari mobil ini untuk bernostalgia ke era 90-an dimana sedan ini pernah menjadi kendaraan yang ekslusif. Performa, pajak yang murah, serta harga yang masih cukup terjangkau menjadi daya tarik utamanya.

  • Harga Ford Laser 2000 adalah sekitar Rp 55.000.000
  • Harga Ford Laser 1998 adalah sekitar Rp 28.850.000
  • Harga Ford Laser 1994 adalah sekitar Rp 18.666.666
  • Harga Ford Laser 1992 adalah sekitar Rp 27.333.333
  • Harga Ford Laser 1990 adalah sekitar Rp 26.822.500

Kesimpulan

Jika dilihat dari harga, Ford Laser terbilang menjadi sedan yang terjangkau untuk dibeli konsumen. Sementara dari sisi perawatan Ford Laser juga masih murah dan ketersediaan suku cadang masih banyak ditemui di bengkel-bengkel umum di seluruh Indonesia. Cuma satu masalah saja yaitu performa Ford Laser bekas tentu sudah tidak prima lagi, khususnya di sektor kaki-kaki dan transmisi. Butuh perawatan yang rutin dan cermat agar Ford Laser masih bisa dikendarai dengan nyaman.