: Disarankan

280 Juta Nego

Surabaya

Surya Mobilindo Surabaya
  • 112,000 Km

Land Rover Freelander Diesel 4x4 a/t Tahun 2007 Warna Hitam Metalik Hub SURYA MOBILINDO Jln. Kertajaya 99 Surabaya Sandy. Kendaraan ini dijual di Carmudi dengan harga yang bersaing da...

590 Juta Nego

Indonesia

Amoure Auto
  • 2 Km

Land Rover Freelander 2 At 2013 bekas warna hitam ini dijual oleh Amoure Auto. Dealer ini berlokasi di Jalan Perintis Kemerdekaan, Klp. Gading Bar., Kelapa Gading, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus I...

240 Juta Nego

Indonesia

Tri C Mobilindo
  • 2 Km

Land Rover Freelander 4X4 2004 bekas warna hitam ini dijual oleh Tri C Mobilindo. Dealer ini berlokasi di Jalan Jatiwaringin Raya, Jatiwaringin, Bekasi City, West Java, Indonesia. Di dalamnya te...

140 Juta Nego

Indonesia

Auto Cars
  • 63,000 Km

Land Rover Freelander V6 2001 bekas warna hitam ini dijual oleh Autocars Bms. Dealer ini berlokasi di Jl. Gading Serpong Boulevard, Curug Sangereng, Tangerang, Banten 15810, Indonesia. Di dalamn...

Memperbaharui hasil

Harga Jual Terbaik Land Rover Freelander di Indonesia

harga Land Rover Freelander

Land Rover Freelander merupakan jenis kendaraan kompak SUV yang diproduksi oleh pabrikan asal Inggris, Land Rover. Ada dua versi yang disodorkan, menggunakan penggerak roda depan (FWD) dan penggerak empat roda (4WD). Struktur bodinya menggunakan model monokok, yang hampir sama digunakan pada mobil-mobil crossover di kelas yang sama. Namun, perbedaannya terletak desain bodinya yang tak menerapkan model body-on-frame, seperti yang disematkan pada kendaraan-kendaraan SUV tradisional.

Segmentasi Pasar dan Model Mobil

Sejak awal dihadirkan, Land Rover Freelander ternyata sanggup memikat banyak konsumen, khususnya di ranah Eropa. Memiliki tampilan yang gagah, Freelander mampu menjaring para konsumen yang berasal dari kalangan menengah ke atas. Pasarnya terdiri dari kalangan pekerja kantoran hingga para penggemar off-road. Generasi kedua Freelander pun sempat diklaim sebagai mobil berkemampuan off-road terbaik dikelasnya.

Review Land Rover Freelander di Indonesia

Land Rover Freelander diperkenalkan untuk kali pertama pada akhir 1997. Namun, riset pasar yang dilakukan oleh Rover Group sudah dilakukan sejak akhir 1980-an. Pada awal 1990, Rover Group mencari rekanan untuk memasuki segmen kompak SUV, dan akhirnya bersama dengan Honda. Namun, pabrikan asal Jepang tersebut ternyata lebih memilih untuk membangun modelnya sendiri dan memerkenalkan CR-V pada 1997.

Ketika BMW mengambil alih Rover Group pada 1994, mereka memutuskan untuk melanjutkan pengembangan mobil konsep yang sempat tertunda. Setelah melalui proses yang cukup panjang, akhirnya Freelander diperkenalkan ke publik pada 1997 dan berhasil menyabet gelar sebagai model kendaraan berpenggerak empat roda terbaik di Eropa sampai dengan 2002. Produksi generasi pertama Freelander berakhir pada akhir 2006.

Generasi kedua Freelander diperkenalkan pada ajang British International Auto Show 2006. Platform generasi kedua berbasis dari Ford EUCD yang berbasis dari Ford C1, yang dipergunakan juga pada kendaraan-kendaraan lansiran Volvo. Mesin yang diusung juga baru, yang terdapat pada Ford SI6 series, dan memulai debutnya pada Volvo S80. Sedangkan untuk mesin diesel yang dicangkok pada Freelander, mesinnya dikembangkan bersama-sama antara Ford dan PSA Peugeot Citroen. Produksi Freelander sudah dihentikan pada 2014, dan digantikan oleh Discovery Sport.

Land Rover Freelander sangat mudah dan menyenangkan untuk dikendarai. Pandangan ke arah depan sangat jelas, belum lagi dengan suspensi yang sangat empuk, sehingga membuat Freelander terasa kenyamanannya meskipun melalui jalanan yang rusak. Untuk Freelander yang mengusung penggerak roda depan (FWD), konsumsi bahan bakarnya sangat irit dibandingkan dengan para pesaingnya. Sedangkan untuk penggerak empat roda (4WD), konsumsi bahan bakarnya lebih boros.

SKOR PENILAIAN CARMUDI untuk Land Rover Freelander

 

DESAIN INTERIOR

4.3 bintang

SPESIFIKASI MESIN

4.3 bintang

DESAIN EKSTERIOR

4 bintang

KONSUMSI BAHAN BAKAR

3.7 bintang

FITUR KENDARAAN

4.4 bintang

HARGA UNTUK KUALITAS

3.7 bintang

Land Rover Freelander total skor keseluruhan oleh pengulas Carmudi:
4 bintang

 

Kelebihan dan Kekurangan Land Rover Freelander

Seperti mobil-mobil buatan Inggris lainnya, Land Rover Freelander menyajikan kenyamanan yang sangat impresif, pengelihatan yang sempurna, menyenangkan ketika dikendarai, posisi mengendarai yang nyaman, dan performa yang impresif. Sementara untuk kekurangannya terletak pada segi ergonomis dan kualitas interiornya yang kurang diperhatikan.

Selain itu, layanan aftersales dan ketersediaan sparepart juga dipertanyakan mengingat produksi Freelander sudah berakhir pada 2014 silam. Lainnya adalah banderol bekas atau harga jual kembali yang cukup jatuh di pasaran yang bakal mempengaruhi minat dan menjadi pertimbangan dari mereka yang mengincar mobil ini.

Spesifikasi dan Performa Land Rover Freelander

Mesin diesel TD4 yang digunakan Freelander sangat senyap, dengan putaran mesin bawahnya responsif, begitu juga ketika memindahkan gigi. Girboks manual enam percepatan sangat rapat, sehingga membuat Freelander menjadi yang terbaik dikelasnya. Untuk versi mesin diesel yang paling rendah, yang memiliki kapasitas 2.2 liter, tenaga yang dihasilkan sebesar 148 bhp pada 4.000 rpm. Sedangkan torsi maksimalnya mencapai 310 lb-ft, karena respon putaran bawah yang bagus. Sementara untuk varian mesin diesel yang lebih besar, tenaga yang disemburkan mencapai 187 bhp dan memiliki torsi yang sama.

Konsumsi BBM Land Rover Freelander

Konsumsi bahan bakar Land Rover Freelander memiliki rataan konsumsi untuk pemakaian di dalam kota yang berada di angka 15,7 liter/100 km dan untuk pemakaian luar kota 13,5 liter/100 km. Untuk mobil sekelas Land Rover Freelander, pencapaian ini sudah tergolong baik.

Fitur Land Rover Freelander

Land Rover Freelander dijejali fitur keamanan yang lebih lengkap ketimbang fitur hiburan dan kenyamanan mobil. Dengan tujuh buah kantung udara (airbags) yang menjadi standar untuk semua model, bersamaan dengan sistem yang membantu mobil mencegah terjadinya slip atau terguling, membuat Land Rover Freelander mengantongi rating lima bintang untuk tes keselamatan yang dilakukan oleh EuroNCAP.

Fitur Hiburan dan Kenyamanan

dijual Land Rover Freelander
  • Cruise Control
  • Single USB iPod Connectivity
  • MP3 Auxiliary Audio Socket
  • ISOfix

Fitur Keamanan

  • Hill Descent Control (HDC)
  • 7 Airbag
  • Gradient Release Control
  • Dynamic Stability Control (DSC)
  • Cornering Brake Control (CBC)
  • Roll Stability Control (RSC)
  • Anti-lock Braking System (ABS)
  • Electronic Traction Control (ETC)
  • Electronic Brake-force Distribution (EBD)
  • Emergency Brake Assist (EBA)
  • Coil Sprung Independent Suspension depan dan belakang

Desain Land Rover Freelander

Desain Interior

Mengusung konsep sebagai kendaraan SUV premium, ketika memasuki area kabin langsung terasa sensasi kenyamanan dan kemewahan. Namun, ada sedikit kekecewaan mengenai model dasbor dan tuas pemindah gigi, karena nampak sangat ketinggalan jaman dibandingkan milik kompetitornya. Area kabin terbilang cukup luas dan nyaman, bahkan untuk menampung lima penumpang dewasa. Bagasi Freelander juga cukup besar untuk mengangkut banyak barang.

Desain Eksterior

Land Rover Freelander dihadirkan dengan tampilan yang gagah, dengan lekukan-lekukan pada bodi semakin memertegas karakter Freelander sebagai kendaraan petualang. Wajah depannya menampilkan kesan modernitas dan tak lekang oleh waktu. Model gril yang dibalut dengan warna perak, menghadirkan nuansa kemewahan bagi sebuah kendaraan berjenis SUV.

Pilihan Warna

Land Rover Freelander memiiki beragam warna pilihan yang atraktif, diantaranya adalah Fuji White. The metallic color shades are Baltic Blue, Firenze Red, Indus Silver, Orkney Grey, and Santorini Black.

Kompetitor Land Rover Freelander

Berada di segmen kendaraan SUV premium, Land Rover Freelander bersaing dengan Audi Q5, Mazda CX-5, BMW X3, Volvo XC60, dan Kia Sorento.

Harga Land Rover Freelander dan Ketersediaan

Land Rover sudah memutuskan untuk menghentikan produksi Freelander sejak 2014 lalu, sehingga kini yang tersisa hanyalah mobil bekasnya. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai Freelander, sila menilik ke laman Carmudi Indonesia, yang menyediakan beragam informasi mengenai kendaraan tersebut.

beli Land Rover Freelander

Kesimpulan

Sebagai salah satu kendaraan SUV premium, Land Rover Freelander hadir tanpa cela. Kenyamanan dan keamanan mobil buatan Inggris ini tetap dijaga. Meskipun cukup populer, tapi Freelander masih kalah besar namanya dengan Range Rover. Meski begitu, bagi Anda yang berminat mencari kendaraan SUV premium dengan harga yang tak terlalu menguras kantong, Freelander masih bisa dipertimbangkan, walaupun kini hanya menyisakan mobil bekasnya saja.