3 Hasil ditemukan
  • 130,000 Km
  • Banda Aceh
  • baru
  • Indonesia
  • 2 Km
  • Kota Tgr. Sel.
Memperbaharui hasil

Harga Jual Terbaik Mazda Astina 2018 Bekas di Indonesia

dijual Mazda Astina| harga Mazda Astina| jual beli Mazda Astina

Mazda Astina adalah mobil canggih di zamannya dengan teknologi yang melebihi masanya. Mobil ini paling dikenal lewat lampu pop-up yang terlihat klasik dan desain yang tidak ketinggalan zaman bahkan hingga kini.

Segmentasi Pasar dan Model Mobil

Mazda Astina berwujud liftback empat pintu dengan bodi sporti. Banderol harganya saat ini yang cukup terjangkau dengan fitur berlebih. Cocok bagi mereka yang ingin mobil keren dan menjadi pusat perhatian di jalan tanpa harus merogoh kocek banyak, terutama bagi mereka yang berusia muda dan yang memiliki jiwa muda.

Mobil ini juga cocok bagi para speedgoers yang mencari mobil kencang. Ya, Astina memang dikenal sebagai raja jalanan di masanya.

Review Mazda Astina di Indonesia

Mazda Astina sejatinya masuk dalam generasi atau model Mazda 323/Familia. Mobil sporti ini memiliki beberapa nama lain di berbagai negara, diantaranya adalah Mazda 323F dan Eunos 100. Banyak yang menyebut Mazda Astina di Indonesia sebagai Mazda RX-3, karena desainnya yang sedikit mirip dengan Mazda RX-7. Ini salah kaprah. Sesungguhnya Mazda RX-3 memang pernah ada di lini produk Mazda dan bukan Astina.

Mazda Astina generasi pertama (BG) diproduksi dari 1989-1994. Beberapa sumber menyebutkan mobil ini masuk ke Indonesia lewat Tommy Soeharto dan awalnya diperuntukkan untuk balap.

Populasi Astina di Tanah Air terbilang cukup langka dengan kondisi seadanya. Maka dari itu, mobil ini banyak mengundang perhatian di jalan karena nyaris tidak ada mobil sejenis yang memiliki tampilan serupa.

Generasi pertama Mazda Astina memiliki beberapa saudara, diantaranya adalah Mazda Familia Interplay dan Mazda Familia hatchback. Model yang disebut terakhir sangat langka untuk ditemui di jalanan Tanah Air.

Platform yang diadopsi Mazda Astina juga digunakan oleh Ford Champ dan Timor. Termasuk layout mesin dan sejumlah teknologinya. Ford Champ bisa disebut sebagai kembar identik dari Astina.

Mazda Astina yang masuk ke Indonesia dibekali dengan dua opsi mesin, yakni SOHC karburator 1.600cc dan DOHC injeksi 1.800cc dengan kode BP05.

Generasi kedua Mazda Astina (BA) juga masuk ke Indonesia, namun populasinya sangat langka dan banderolnya bisa dua kali lipat dari kisaran harga generasi pertama. Generasi keduanya lebih banyak beredar di Riau dan Aceh, ketimbang di luar wilayah pulau tersebut.

Ciri khas lampu pop-up di generasi pertama hilang di generasi kedua yang menggunakan lampu konvensional dengan desain menyipit. Ini karena lampu pop-up yang menggunakan motor elektrik dianggap sudah tidak lagi reliabel.

Generasi Mazda Astina di lini produk Mazda digantikan oleh Mazda Lantis/Protégé sebeum diganti dengan Mazda 3.

Kelebihan dan Kekurangan Mazda Astina

Mazda Astina memiliki kelebihan pada desain timeless yang tak lekang oleh waktu. Selain itu mesinnya juga garang dengan akselerasi cepat dan topspeed yang terbilang tinggi untuk mobil di zamannya. Fiturnya juga cukup melimpah.

Sementara untuk kekurangan mobil terletak pada sparepart yang terbilang cukup susah dicari. Untuk sparepart mesin memang masih mudah dicari karena bisa dikanibal dengan Timor, Ford Champ, mobil-mobil Hyundai dan Ford lainnya meski harganya terbilang tinggi. Namun untuk sparepart bodi dan kaki-kaki relatif sulit, dan biasanya harus mencari barang copotan atau suku cadang eks-Singapura.

Mazda Astina juga membutuhkan perawatan rutin terutama pada mesin yakni penggantian oli yang tidak boleh telat dan sektor pendingin mesin yang harus mendapat perhatian lebih. Maklum, Mazda Astina memang bukan dirancang sebagai mobil untuk negeri dengan iklim tropis seperti Indonesia.

Masalah paling banyak pada mobil ini adalah di sektor komponen airflow. Jika bermasalah, RPM mesin akan tidak stabil (naik-turun). Masalah lainnya adalah mesin yang mudah overheat. Untuk mengatasinya dianjurkan memakai coolant dan mengganti kipas mesin 2ply agar pendinginan mesin lebih optimal.

AC mobil juga sering mengalmi masalah tidak atau kurang dingin. Khusus untuk ini, ketika awal membeli mobil sebaiknya banyak menginvestasikan biaya untuk mengganti komponen AC dengan yang baru. Sektor kaki-kaki juga perlu disegarkan suku cadangnya karena sudah termakan usia.

Masalah lainnya adalah di sektor elektrikal karena mobil ini banyak menngadopsi komponen elektris, mulai dari spidometer digital, spion elektrik dan lainnya. Spidometer digital yang bermasalah atau tampilannya sudah buram sering ditemui, meski bisa diakali dengan mengganti dengan spidometer analog cpotan. Selain itu mesin mobil juga tidak bisa dibilang senyap karena sering mengalami bunyi yang timbul dari klep HLA (Hydraulic Laster Adjuster) yang sudah aus.

Bunyi ini memang tidak begitu mengganggu performa mesin, namun akan sangat mengganggu telinga. Untuk menggantinya, harganya juga tidak bisa dikatakan murah.

Spesifikasi dan Performa Mazda Astina

Mazda Astina dibekali dengan dua opsi mesin yakni 1.600cc SOHC dan 1.800cc DOHC. Paling mudah ditemui adalah versi 1.800cc, meski versi 1.600cc banyak disebut lebih irit dalam pemakaian bahan bakar. Mesin 1.800cc DHC BP05 ini dapat memuntahkan 140 tenaga kuda. Terbilang masif untuk mobil sekelas dan dizamannya. Akselerasinya juga terbilang cepat dan kecepatannya bisa menembus angka 200 km/jam.

Mazda Astina yang beredar di Indonesia umumnya menggunakan transmisi manual, meski ada beberapa yang beredar dengan transmisi matik. Untuk sektor pengereman, Mazda Astina sudah dibekali dengan empat rem cakram dengan kaliper. Sektor kaki-kaki juga sudah mengadopsi peredam kejut dengan per keong.

Konsumsi BBM Mazda Astina

Mazda Astina memiliki rataan konsumsi bahan bakar 1:8 km untuk pemakaian mobil di dalam kota, sementara untuk pemakaian mobil di luar kota berkisar di angka 1:9 km. Untuk Mazda Astina dengan mesin yang benar-benar sehat, penggunaan mobil di luar kota bisa menembus 1:10 km. Ada baiknya mobil ini menggunakan bensin dengan oktan yang lebih tinggi dibanding bensin premium.

Fitur Mazda Astina

Fitur Mazda Astina terbilang lengkap untuk mobil sekelasnya dan di zamannya. Mobil ini banyak dijuluki sebagai mobil yang melebihi zamannya.

Fitur Hiburan dan Kenyamanan

  • AC dengan Eco Mode
  • Power Window
  • Spidometer digital dengan jam dan penghitung jarak A dan B
  • Ruang penyimpanan cukup banyak
  • Jok semi-bucket seat
  • Spion elektrik
  • Wiper kaca belakang
  • Beberapa memiliki sunroof
  • Peredam kejut dengan per keong
  • Footrest kaki kiri

Fitur Keamanan

  • Seatbelt di semua kursi
  • Rem cakram di keempat roda
  • Lampu stop di spoiler

Desain Mazda Astina

Desain Eksterior

Mazda Astina dianugerahi tampilan yang memikat mata. Desain lampu pop-up di depan mobil memberi tambahan aerodinamis yang signifikan pada performanya. Atap yang landai dengan kombinasi bodi mengotak dan membulat menjadi ciri yang unik. Di buritan, Mazda Astina mengadopsi lampu yang memanjang khas mobil-mobil di masanya dengan lampu stop di tengah. Bagasi mobil mengadopsi desain liftback yang menyatu dengan kaca belakang.

Desain bumper Mazda Astina yang masuk ke Indonesia berbeda-beda. Setidaknya ada dua atau tiga macam bumper yang beredar. Bumper yang paling banyak ditemui adalah yang membulat. Sementara yang sedikit mengotak dengan sideskirt adalah versi TWR yang hanya beredar di Indonesia dan terbuat dari material serat kaca.

Desain Interior

Desain interior Mazda Astina mengadopsi material beludru baik pada kain jok dan trim bodi. Desain dasbornya atraktif dan simpel, tidak banyak tombol yang tidak perlu. Spidometer sudah digital sehingga menciptakan kesan futuristik.

Jok semi bucket seat yang sporti akan terasa sangat memeluk tubuh dengan nyaman. Selain itu ruang penyimpanan juga melimpah dan ruang bagasi yang terbilang luas dan memadai, bahkan bisa menyimpan ban cadangan dan toolbox tanpa harus menggangu kompartemen bagasi. Visualitas pengendaraan mobil juga terjamin dengan minim desain pilar kaca yang tidak penting.

Pilihan Warna

Beberapa warna Mazda Astina yang beredar di Indonesia diantaranya adalah merah merah maroon, abu-abu, putih, hijau tua, biru, biru tua, kuning dan hitam.

Kompetitor Mazda Astina di Indonesia

Mazda Astina di Indonesia memiliki beberapa kompetitor, mobil yang bisa dianggap selevel dengan Astina adalah Honda Civic Nova dan Estilo, Nissan Cefiro, Toyota Corolla Twincam dan Liftback, Toyota Great Corolla, Mitsubishi Lancer dan Ford Champ.

Harga Mazda Astina dan Ketersediaan

Harga Mazda Astina berkisar di angka 30-50 jutaan untuk generasi pertama. Semakin orisinal kondisi mobil, semakin tinggi harganya.

Mazda Astina Generasi Pertama (BG) Keluaran Tahun 90-91 Adalah Sekitar Rp35-50 Jutaan

Mazda Astina Generasi Pertama (BG) Keluaran Tahun 92-94 Adalah Sekitar Rp35-50 Jutaan

Mazda Astina Generasi Kedua (BA) Keluaran Tahun 97 Keatas Adalah Sekitar Rp50-100 jutaan

Kesimpulan

Anda yang mencari mobil dengan banderol di kisaran 30-50 jutaan, Mazda Astina bisa menjadi salah satu pilihan, terutama bagi Anda yang hobi mengoleksi mobil dengan populasi cukup langka dan selalu menjadi perhatian di jalan. Untuk Anda yang doyan menginjak gas, Mazda Astina tidak akan membuat Anda kecewa.

Sebelum membeli Mazda Astina, sebaiknya memilih dengan kondisi yang mayoritas masih orisinal, agar kualitasnya terjamin dan harganya bisa terus meningkat di kemudian hari karena mobil ini adalah mobil buruan kolektor.

Detail Kontak Penjual

Apabila Anda ingin mendapatkan penawaran lebih cepat, Anda bisa mencoba mengakses form online kami. online application form.

Berikut tips-tips dari kami Carmudi
Sebutkan Anda melihat kendaraan yang akan dijual di Carmudi, agar penjual cepat merespon.
Selalu bertemu dengan penjual sebelum melakukan pembayaran uang muka.
Telepon SEKARANG! Mobil bagus terjual dengan cepat!
Detail Kontak Penjual
Untuk melihat detail kontak Penjual, silakan isi detail di bawah ini
Butuh pinjaman untuk kendaraan ini
Dengan klik tombol di atas, Anda menyetujui Persyaratan kami
Kirim pesan ke Penjual

One-Time Password (OTP) terkirim via SMS

Untuk verifikasi permintaan kredit Anda, masukan OTP di bawah ini

Oops! Sepertinya kami sulit melakukan verifikasi OTP yang anda masukan. Coba sekali lagi

Maaf, sepertinya ada sedikit kendala pada permintaan OTP Anda. Silakan verifikasi nomor Anda lagi pada kunjungan selanjutnya ke www.carmudi.co.id setelah 24 jam.

Belum mendapatkan kode OTP? Tunggu detik Permintaan OTP baru


Kami sudah menerima permintaan anda.

Apabila Anda ingin mendapatkan penawaran lebih cepat, Anda bisa mencoba mengakses form online kami. online application form.

Verifying ...