: Disarankan
Memperbaharui hasil

Mobil Kelas Saloon Kurang Diminati dan Sasar Konsumen Khusus

harga mobil sedan indonesia

MOBIL jenis identik dengan aura kemewahan dan kenyaman yang tinggi. Di Indonesia mobil jenis Saloon biasa juga disebut mobil sedan. Secara definisi istilah otomotif, mobil jenis saloon adalah mobil yang memiliki 2 hingga 4 pintu penumpang dan memiliki bagasi yang terpisah dari ruang penumpang.

Ada banyak merek yang merajai kelas ini. Untuk sedan kelas menengah masih didominasi sedan dari Toyota Vios dan Honda City. Sama halnya di kelas menengah ke atas, Toyota Corolla Altis dan Honda Accord juga merajai segmen ini. Sementara untuk kelas premium pabrikan asal Jerman, Mercedes-Benz dan BMW saling bersaing keras untuk menjadi pemimpin.

Namun berbeda dengan negara Asean ataupun Eropa, jumlah peminat mobil sedan di Indonesia masih cenderung lebih sedikit. Dari tahun ke tahun juga semakin berkurang, berbeda dengan mobil di segmen multi purpose vehicle (MPV), sport utility vehicle (SUV), bahkan city car yang tiap tahunnya mengalami peningkatan.

Banyak Pemain Baru

Persaingan keras justru terjadi di kelas sedan premium, banyaknya pemain baru di sektor mobil-mobil berharga selangit, memberikan konsumen sedan menjadi banyak pilihan model dan keandalan mobil sedan premium tersebut. Pemain sedan premium yang mulai menancapkan kukunya di pasar otomotif Indonesia antara lain, Jaguar, Maserati, hingga Peugeot.

beli mobil sedan

Di Indonesia, pemakaian mobil jenis sedan ini biasanya untuk keperluan bisnis atau ke kantor bagi kalangan eksekutif. Pengeluaran bahan bakar yang cenderung lebih boros daripada jenis mobil lain membuat banyak konsumen yang senggan untuk memiliki suatu mobil sedan.

Sementara untuk harga jual kembali (bekas) terkadang suatu sedan mengalami deprisiasi yang sangat tinggi. Coba lihak saja pada mobil bekas bermerek BMW, banyak konsumen mengeluhkan penurunan harga mobil sedan mewah ini beberapa tahun terakhir.

Perawatan Mahal

Selain itu perawatan mobil jenis sedan juga terbilang lebih mahal daripada mobil MPV atau SUV. Kelangkaan suku cadang mobil sedan dan rumitnya sistem teknologi yang biasanya terbenam di dalam sekotr mesin atau dalam mobil menjadi alasannya.

Untuk meyakinkan konsumen sedan itu, biasanya para pihak pabrikan memberikan berbagai keuntungan untuk memiliki sedan. Seperti paket servis rutin dan suku cadang yang murah hingga gratis bagi para pemilik mobil sedan. Sekali lagi tujuan pabrikan adalah konsumen semakin yakin dalam membeli mobil jenis sedan.

Untuk lebih jelas mengenai beragam mobil sedan, situs jual beli online Carmudi Indonesia tersedia pilihan atas mobil sedan ini. Caranya mudah tinggal mengklik merek dan model yang diinginkan, Anda bisa mendapatkan banyak pilihan mobil sedan baru hingga bekas yang akan dijual ioleh diler-diler yang berada di Jakarta, Bandung, Semarang hingga Surabaya.