: Disarankan

40 Juta Nego

Malang

Fitrionp Fitrionp
  • 3 Km

Suzuki amenity 90 jozz pw.ac gak dingin audio mantab kondisi mulus nti ngobos plat nomor baru pasang 2 hr atas nm sendiri tt atos /visto manual 085668326081

39.9 Juta Nego

Indonesia

Maestro Mobil Yogyakarta
  • 208,000 Km

Suzuki Amenity Glx 1990 bekas warna putih ini dijual oleh Maestro Mobil Yogyakarta. Dealer ini berlokasi di Jalan Wonosari, Sendangtirto, Berbah, Sleman Regency, Special Region of Yogyakarta, Ind...

28.5 Juta Siap pakai

Kota Bks

Sumbodo22 Sumbodo22
  • 20,000 Km

Mobil siap pakai silahkan lihat kondisi jika berminat

26.5 Juta Nego

Bandung

Lutfy Kembar Motor Bandung
  • 2 Km

Kondisi prima, body mulus, sangat istimewa. Anda akan kesulitan menemukan kendaraan yang lebih baik dari ini untuk harga yang sama di tempat lain. Kendaraan ini dijual di Carmudi dengan harga y...

26 Juta Nego

Indonesia

Masrianto
  • 2 Km

Suzuki Amenity 1992 bekas warna putih ini dijual oleh Agen Tele Masrianto. Dealer ini berlokasi di Palembang. Di dalamnya terdapat fitur interior Air Condition,AM/FM Stereo. Terdapat perlengka...

30 Juta Nego

Kabupaten Badung

sugita reka
  • 62,956 Km

Suzuki cukup terkenal sebagai produsen kendaraan berkualitas dan yang ini adalah salah satu buktinya. Amenity 1990 ini menggunakan sistem transmisi Manual juga didukung fitur menarik lainnya. Den...

25 Juta Nego

Indonesia

Troy
  • 2 Km

Suzuki Amenity 1991 bekas warna silver ini dijual oleh Agen Tele Troy. Dealer ini berlokasi di Bandar Lampung. Di dalamnya terdapat fitur interior Air Condition,AM/FM Stereo. Terdapat perlengk...

47.5 Juta Nego

Bandung

Tri Tunggal Ciateul
  • 2 Km

Kondisi prima, body mulus, sangat istimewa. Anda akan kesulitan menemukan kendaraan yang lebih baik dari ini untuk harga yang sama di tempat lain.   Kendaraan ini dijual di Carmudi dengan harga ...

35 Juta Siap pakai

Bandung

Axel Ardaffa
  • 66,482 Km

Jual amenity sport, mobil kesayangan barang bagus suratsurat lengkap pajak hidup atas nama sendiri, ac dingin, cat baru, interior mulus, velg oem avanza cuman dicat biru. Mobil siap gass gaada ke...

37.5 Juta Nego

Indonesia

Dendi Pc
  • 100,000 Km

Suzuki cukup terkenal sebagai produsen kendaraan berkualitas dan yang ini adalah salah satu buktinya. Amenity 1.6 gt 1994 limited ini menggunakan sistem transmisi Manual juga didukung fitur menar...

Memperbaharui hasil

Harga Jual Terbaik Suzuki Amenity di Indonesia

jual Suzuki Amenity

Suzuki Amenity banyak dikenal sebagai Suzuki Swift generasi lawas di pasar internasional. Nama lain dari Amenity adalah Suzuki Cultus. Suzuki Amenity merupakan generasi kedua dari Suzuki Forsa untuk memenuhi pasar di Indonesia. Produksi Amenity dilakukan oleh Suzuki Indomobil Motor di area Bekasi, Jawa Barat.

Amenity merupakan hasil pengembangan bersama antara Suzuki dan General Motors (GM) mulai dari sisi desain, sasis, hingga tipe mesin yang dipergunakan. Selain Suzuki, beberapa pabrikan dibawah GM juga melakukan penamaan kembali (rebadging) pada Amenity, di antaranya adalah Holden yang menamainya Barina dan Chevrolet dengan nama Sprint. Secara umum, mobil-mobil bertipe mungil ini dikenal luas sebagai pendahulu dari Suzuki Swift generasi modern.

Segmentasi Pasar dan Model Mobil

Suzuki Amenity masuk di kelas city car mini dengan pengggerak roda depan dan bergaya bodi hatchback. Amenity di zamannya menyasar konsumen entry-level yang menginginkan mobil kecil untuk perkotaan dengan fitur cukup lengkap, mesin bandel dan banderol terjangkau. Suzuki Amenity memiliki versi dua pintu, namun populasinya disebut tidak lebih dari 100 unit saja di Tanah Air. Bisa dibilang kalau Amenity merupakan mobil retro yang cukup banyak diburu oleh para penggemar mobil lawas di Indonesia, karena keunggulan-keunggulan yang diusung dan juga jumlah unit produksinya yang terbatas.

Review Suzuki Amenity

Sebelum Suzuki melahirkan Amenity, Suzuki Forsa pertama dipamerkan di Jepang dengan nama Suzuki Cultus pada gelaran Tokyo Motor Show ke-25, dan baru dipasarkan secara global pada kisaran 1983. Ada dua dari tiga generasi Forsa yang masuk ke Indonesia. Generasi kedua dari Forsa di Indonesia banyak dikenal sebagai Suzuki Amenity dan Eleny untuk versi hatchback, dan Suzuki Esteem untuk versi sedan empat pintu. Generasi kedua ini sekaligus mengakhiri siklus produksi Suzuki Amenity di Tanah Air. Amenity masuk ke pasar otomotif nasional secara CKD, dengan masa peredarannya antara kurun waktu 1990 hingga 1992, sehingga bisa dibilang sebagai produk special edition.

Mengusung mesin berkapasitas 1.300 cc, model bodi Amenity merupakan peralihan dari model kotak ke kapsul. Sudut-sudut yang terlihat menyiku, sudah mulai tak nampak lagi. Meskipun bertubuh mungil, tapi interior Amenity terbilang cukup lega. Begitu juga dengan ruang bagasinya yang menyediakan volume cukup besar, sehingga bisa menampung banyak barang.

Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Amenity

Kelebihan utama Suzuki Amenity adalah pada bentuk bodi yang kompak dengan mesin bandel yang dikenal sangat irit bahan bakar, mencapai belasan kilo untuk tiap liter. Ketersediaan suku cadang juga melimpah dengan opsi kanibal bersama Suzuki Cultus, Suzuki Carry, Suzuki Katana atau Suzuki Karimun lawas, serta tersedia juga dalam versi OEM dan KW. Fitur mobil juga terhitung lebih baik dengan kompetitor.

Kekurangan Suzuki Amenity diantaranya adalah pada pemakaian AC yang disebut bakal membuat mesin terasa berat dan pada sektor kaki-kaki depan yang mudah bunyi. Mesin juga terhitung mudah panas ketika macet, selain belum dibekali dengan power steering sehingga membuat pengendalian mobil menjadi berat.

Spesifikasi dan Performa Suzuki Amenity

Suzuki Amenity dijejali mesin G13A 1.300 cc, SOHC, 8 katup, dengan sistem pengabutan bahan bakar masih menggunakan karburator, dan sistem pengapiannya menggunakan CDi. Sebagai penyempurna dari Suzuki Forsa yang mengusung mesin 1.000 cc, Amenity diklaim mampu menyalurkan tenaga sekitar 80 dk. Mesinnya terhitung bandel soal perawatan, tapi akselerasinya sedikit lambat karena kapasitas mesin yang kecil. Karburatornya mudah diutak-atik dan mesinnya model konvensional, karena belum menggunakan sensor.

Konsumsi Bahan Bakar

Selain dikenal sebagai mobil mungil yang lincah, Suzuki Amenity juga diketahui cukup irit konsumsi bahan bakarnya. Hal ini pun sudah banyak yang mengakuinya, meskipun Amenity termasuk mobil lawas. Konsumsi bahan bakar Amenity di area perkotaan masih bisa menyentuh angka 1:12 km/liter, sedangkan untuk pengendaraan luar kota, konsumsi bahan bakarnya berkisar 1:14 km/liter.

Fitur Suzuki Amenity

Suzuki Amenity terbilang sudah mengusung fitur-fitur yang menunjang kenyamanan dalam mengemudi dan tak kalah dengan para pesaingnya di segmen yang sama.

harga Suzuki Amenity

Fitur Hiburan dan Kenyamanan pada Suzuki Amenity

  • AC dengan blower
  • AM/FM Radio, Kaset
  • Power Window
  • Electric mirror

Fitur Keamanan pada Suzuki

  • Central lock
  • Sabuk pengaman

Desain Suzuki Amenity

Desain Interior Suzuki Amenity

Ruang kabin Suzuki Amenity memiliki fitur yang lebih banyak dan relatif lebih lapang dibanding mobil sekelasnya. Diantaranya sudah dijejali dengan power window, central lock dan spion elektrik, tergantung tipe mobil. Sayangnya desainnya terlalu simpel dengan kualitas biasa pada material. Untuk versi dua pintu, joknya bertipe semi bucket seat sehingga tampilannya lebih sporti. Selain itu, kapasitas bagasinya juga cukup lapang, sehingga mampu menampung banyak barang.

Desain Eksterior Suzuki Amenity

Suzuki Amenity mengadopsi desain yang lebih membulat dari Forsa, sehingga cukup menarik di zamannya. Namun, jika dibandingkan dengan para kompetitornya, bentuk Amenity terlihat terlalu biasa dan tak terlalu istimewa. Meski begitu, materialnya cukup kokoh dan tak mudah penyok. Sebagian orang mungkin tak menyukai desain buritannya yang terlihat terlalu buntung, karena Amenity memang model peralihan dari kotak menuju ke model kapsul. Suzuki Amenity mengadopsi desain yang kompak dan mesin Suzuki yang dikenal bandel dan memiliki daya tahan baik. Karakter asli Suzuki Amenity adalah sebagai hatchback lincah dan irit yang dapat diandalkan untuk mobilitas di perkotaan.

Pilihan Warna

Ada beragam pilihan warna yang tersedia pada Suzuki Amenity dan disesuaikan dengan selera masing-masing konsumen. Warna-warna yang tersedia antara lain hitam, putih, merah, abu-abu metalik, dan masih banyak lagi varian warna yang tersedia.

Kompetitor Suzuki Amenity

Pada era 1990-an di mana mobil-mobil mungil sudah mulai bermunculan, Suzuki Amenity yang berada di segmen hatchback, bersaing dengan Daihatsu Charade Winner, Toyota Starlet kotak, Honda Civic Wonder hatchback, dan juga Honda Estillo.

Harga Suzuki Amenity dan Ketersediaan Mobil

Sampai dengan saat ini, mobil bekas Suzuki Amenity masih banyak yang mencarinya, terlebih bagi mereka para pemula yang menginginkan mobil mungil dengan harga terjangkau dan irit konsumsi bahan bakarnya. Berbagai keunggulan yang diusung dan fitur-fitur yang disematkan, terbilang sudah cukup modern pada masanya dan menjadi daya tarik bagi mereka yang menggemari mobil-mobil lawas. Berikut ini merupakan kisaran harga mobil bekas Suzuki Amenity dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir.

# beli Suzuki Amenity

Kesimpulan

Suzuki Amenity cukup menarik bagi Anda yang menginginkan mobil murah dengan minim perawatan, sangat irit, dan lincah ketika melewati jalanan yang sempit atau pun menembus padatnya kemacetan. Meskipun disokong oleh fitur-fitur penunjang kenyamanan dalam berkendara, tapi karena Amenity terbilang mobil lawas, maka ada beberapa hal yang patut diperhatikan agar tak terjadi masalah di kemudian hari.

Permasalahan yang kerap ditemui ada pada sektor kaki-kaki depan yang sering bunyi, dan gejala understeer ketika menikung, karena Amenity belum dilengkapi dengan power steering. Meski begitu, bagi mereka yang menginginkan mobil mungil lawas yang bisa dijadikan sebagai kendaraan harian, maka tak ada salahnya melirik mobil mungil buatan Suzuki ini.