66 Hasil ditemukan
  • 38,000 Km
  • Surabaya
  • 140,000 Km
  • Tangerang Selatan
  • 158,000 Km
  • Indonesia
  • 100,000 Km
  • Probolinggo
  • 37,651 Km
  • Indonesia
  • 84,047 Km
  • Kota Bks
  • 180,000 Km
  • Jakarta Timur
  • 38,000 Km
  • Salatiga
  • 13,000 Km
  • ID
  • 50,000 Km
  • Bekasi
  • 2 Km
  • Indonesia
  • 134,000 Km
  • ID
  • 2 Km
  • Indonesia
  • 2 Km
  • Bandung
  • 200,000 Km
  • Kota Jakarta Pusat
  • 15,000 Km
  • Indonesia
  • baru
  • Makassar
  • 231,000 Km
  • Kabupaten Sleman
  • 2 Km
  • Bandung
Memperbaharui hasil

Harga Jual Terbaik Suzuki Escudo 2018 Bekas di Indonesia 

harga suzuki escudo

Suzuki Escudo merupakan kendaraan SUV kompak dan semi off-road yang diproduksi pada 1988 silam untuk memenuhi pasar domestik Jepang. Nama Escudo juga dikenal  sebagai Sidekick di pasar Amerika Serikat sejak 1988 hingga 1998. Di pasar Indonesia Escudo dihadirkan pada 1995, berselang dua tahun setelah kemunculan Suzuki Vitara. Suzuki memerkenalkan Escudo untuk mengisi ceruk segmen kendaraan berbasis SUV yang mulai meramaikan pasar otomotif di Tanah Air.  

Baru pada 1996, dihadirkan pula Suzuki Sidekick yang merupakan versi paling bawah sebagai model entry level, sehingga hanya di Indonesia yang beredar 3 jenis Suzuki Escudo secara bersamaan. Tapi, semuanya model 5 pintu dan mengusung mesin berkapasitas 1.6 liter, dengan bahan bakar bensin serta tak menawarkan transmisi otomatis. 

Segmentasi Pasar dan Model Mobil 

Sebelum kehadiran Suzuki Escudo, pabrikan asal Jepang tersebut sudah terlebih dulu menghadirkan Suzuki Vitara di Indonesia. Keduanya mobil ini memiliki kemiripan, mulai dari desain bodi hingga interiornya. Namun, perbedaan nyata terletak pada sistem penggerak roda yang disematkan, di mana Vitara berpenggerak empat roda (4WD), sementara Escudo hanya menggunakan penggerak roda belakang (RWD).   

Suzuki Escudo menyasar masyarakat Indonesia yang sering bermain di dua alam, yang sering melewati jalanan semi off-road hingga mulusnya jalan aspal perkotaan. Pada era keemasannya, Escudo sangat digemari karena modelnya yang gagah dengan desain bodi yang lebar, terlebih suspensinya menggunakan per keong yang jarang digunakan pada SUV andalan kompetitor lain. 

 

Review Suzuki Escudo 

Suzuki Escudo merupakan mobil keluaran Suzuki yang diproduksi antara kurun waktu 1995 sampai dengan 2006. Sejak awal diperkenalkan ke publik luas sampai  dengan saat ini, ada beberapa model Escudo yang dimunculkan. Model pertama yang diluncurkan adalah Suzuki Escudo JLX lansiran 1995, yang kemudian dilanjutkan dengan Suzuki Escudo Nomade pada medio 1997, lalu Suzuki Escudo 1.6 pada kisaran 1998, Suzuki Escudo 2.0 yang dikeluarkan pada 2001, dan yang terakhir adalah Suzuki Escudo XL7 yang diproduksi dari 2003 hingga 2006.  

Suzuki Escudo termasuk mobil SUV yang cukup digemari oleh masyarakat Indonesia, karena terkenal cukup tangguh untuk melibas segala medan, baik jalanan beraspal maupun jalanan berpasir dan berlumpur. Hal ini karena Escudo memiliki basis yang sama dengan Suzuki Vitara, yang memiliki ciri khas ground clearance yang tinggi dan mencangkok mesin yang cukup handal.  

Generasi pertama Escudo mengusung mesin 1.6 liter dan hanya tersedia dalam transmisi manual 5-percepatan. Sedangkan generasi keduanya, Escudo 2.0, terjadi perubahan yang cukup radikal. Pada generasi ini, tampilan Escudo sudah tak lagi kotak dan diperkenalkan mesin terbaru berkapasitas 2.0 liter. Tak hanya itu saja, transmisinya juga ditawarkan dalam model manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan. Sementara generasi ketiga, Escudo XL7, menjadi model yang paling modern karena disematkan mesin terbaru berkapasitas 2.500 cc dan sanggup menampung hingga 7 penumpang. 

Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Escudo 

Pada awal kemunculannya, Suzuki Escudo bebas melenggang di segmen entry level SUV, karena pesaingnya di segmen ini terbilang masih cukup sepi. Ada beberapa keunggulan yang diusung oleh Escudo, baik yang bermesin 1.6 liter dan 2.0 liter. Dari segi eksterior, tampilan Escudo tak terlihat kaku. Karena berbasis dari Suzuki Vitara, yang notabene mobil berpenggerak empat roda, kaki-kaki Escudo terbilang sangat kuat. Untuk akselerasinya juga lembut, terlebih untuk mesin 2.0 liter. Perawatannya juga mudah, dengan jaringan servis yang banyak dan juga ketersediaan suku cadang yang terjamin dan harganya murah. Menilik sisi interior, kabinnya terasa lapang dan nyaman. 

Sementara untuk kekurangannya, Suzuki Escudo 1.6 liter dan 2.0 liter terkenal cukup boros konsumsi bahan bakarnya. Untuk akselerasinya, Escudo yang menggendong mesin 1.6 liter sangat lamban dan bantingannya sangat keras. Untuk area kabin, sering terdengar bunyi karet bergesekan di dalam dasbor dan peredaman kabin kurang bagus.   

Spesifikasi dan Performa Suzuki Escudo 

Suzuki Escudo JLX/Nomade, yang diproduksi mulai dari 1994 sampai dengan 1998, mesinnya masih menggunakan karburator dengan kode G16A 1,6 L SOHC 16 katup 4 silinder segaris. Tenaga maksimal yang mampu dihasilkan sebesar 85 dk pada 6.000 RPM, dengan torsi puncaknya mencapai 14.7 kgm pada 4.500 RPM. 

Untuk Suzuki Escudo 1.6 liter diproduksi antara kurun waktu 2001 - 2006. Suzuki membekalinya dengan mesin G16A injeksi, 1.6 liter 4 silinder segaris SOHC. Tenaga maksimum yang mampu dihasilkan sebesar 107 dk pada 6.000 rpm, dengan torsi puncaknya mencapai 14.7 kgm pada 4.500 rpm. Untuk transmisinya, disematkan model manual 5-percepatan. 

Suzuki Escudo 2.0 liter diproduksi antara kurun waktu 2001 - 2006. Suzuki menyematkan mesin J20A, 2.0 liter 4 silinder segaris DOHC.Tenaga maksimum yang mampu dihasilkan 128 dk pada 5.900 rpm, dengan torsi puncaknya mencapai 174 Nm pada 2.900 rpm. Untuk model ini, diberikan dua opsi transmisi, manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan. 

Generasi terakhir Suzuki Escudo atau yang disebut dengan Suzuki Grand Escudo XL7, tahun produksinya berlangsung antara 2003 sampai dengan 2006. Escudo XL7 mencangkok mesin berkapasitas  2.5 liter, 6 silinder V6, 16 katup DOHC. Tenaga maksimal yang mampu dihasilkan sebesar 156 dk pada 6.500 rpm, dengan torsi puncaknya mencapai 213 Nm pada 3.500 rpm. Untuk pilihan transmisinya disodorkan transmisi manual 5-percepatan dan transmisi otomatis 4-percepatan. 

Konsumsi Bahan Bakar 

Sejak awal kehadirannya, Suzuki Escudo memang dimaksudkan sebagai kendaraan keluarga yang tangguh dan nyaman untuk dikendarai. Secara performa, mulai dari generasi awal hingga habis masa produksinya, Escudo selalu mengalami perkembangan. Namun, perubahan yang dilakukan ternyata tak berimbas pada konsumsi bahan bakarnya, di mana mobil ini terbilang cukup boros. Untuk pengendaraan dalam kota, konsumsi rata-rata bahan bakarnya mencapai 1:7 km/l. Sementara untuk pengendaraan di luar kota, konsumsi bahan bakarnya berkisar 1:10 km/l. 

 

Fitur Suzuki Escudo 

Suzuki Escudo dimunculkan untuk mengisi segmen kendaraan berbasis SUV. Mengusung konsep seperti saudara tuanya, Suzuki Vitara, Escudo terkenal sebagai SUV entry level yang cukup tangguh dan nyaman untuk dikendarai. Dibandingkan dengan para kompetitornya, Escudo juga sudah dibekali fitur-fitur yang cukup unggul pada masanya.  

Fitur Hiburan dan Kenyamanan pada Suzuki Escudo 

  • AC Double Blower (Suzuki Escudo XL7)
  • Jok sudah dilapisi material berbahan kulit (Suzuki Escudo XL7)
  • Power Steering
  • Power Window
  • Kaca Elektrik
  • Tilt Steering
  • Sistem Audio Tape/CD Player Double Din

Fitur Keamanan pada Suzuki 

  • Rem depan menggunakan cakram berventilasi, dengan tambahan ABS dan EBD (Suzuki Escudo XL7)
  • Rem belakang menggunakan tromol, leading + trailing dengan ABS dan EBD
  • Kantong udara ganda (Suzuki Escudo XL7)

 

Desain Suzuki Escudo 

Generasi awal Suzuki Escudo memiliki tampilan yang mirip dengan Suzuki Vitar, di mana perbedaan hanya terletak pada fitur-fitur dan sistem penggerak roda.  Model bodi Escudo pada awalnya masih kotak, tapi perombakan total dari sisi interior hingga eksterior baru terjadi saat dihadirkannya Escudo 2.0 dan dilanjutkan dengan EscudoXL7.  

Desain Interior Suzuki Escudo 

Suzuki Escudo diciptakan sebagai mobil keluarga yang tangguh, tapi tetap nyaman untuk dikendarai. Memasuki area kabin, suasana lapang cukup terasa mulai dari kursi depan hingga ke baris kedua. Interior dasbor dibuat Suzuki semenarik mungkin, sehingga tak terkesan membosankan. Begitu juga dengan sistem perangkat audio untuk menemani sepanjang perjalanan. Untuk model terbaru, Suzuki Escudo XL7, joknya sudah dibalut dengan material berbahan kulit sehingga menjadi lebih nyaman. Jika model-model sebelumnya hanya sanggup menampung 5 penumpang, maka Escudo XL7 sanggup menampung hingga 7 penumpang. 

Desain Eksterior Suzuki Escudo 

Generasi awal Suzuki Escudo memiliki desain eksterior yang terlihat kotak dan kaku, tapi inilah yang membuat kesan Escudo menjadi kendaraan SUV tangguh untuk melibas segala medan. Perombakan tampilan pada Escudo terjadi ketika munculnya Escudo 2.0, yang membuat desainnya menjadi terlihat tak kaku. Hal ini berlanjut ketika dihadirkannya Escudo XL7, di mana eksteriornya terlihat semakin membulat dan tak terlihat kotak lagi. Selain itu, karena berbasis dari Suzuki Vitara yang dikenal sebagai kendaraan untuk off-road, area kaki-kaki Escudo juga sangat kuat.  

Pilihan Warna Suzuki Escudo 

Suzuki Escudo ditawarkan dalam beragam warna, mulai dari hitam, putih, marun, hijau, hingga abu-abu metalik yang paling digemari. 

 

Kompetitor Suzuki Escudo 

Berada di segmen kendaraan berbasis SUV, pada awalnya Suzuki Escudo menghadapi persaingan dari Honda CR-V generasi pertama, Daihatsu Taruna, dan Hyundai Santa Fe. Namun, semakin meningkatnya permintaan pasar untuk kendaraan entry level SUV, maka persaingan menjadi semakin ketat dengan hadirnya Nissan X-Trail dan Ford Escape.  

Harga Suzuki Escudo dan Ketersediaan Mobil 

Suzuki Escudo sudah tak diproduksi lagi sejak 2006 lalu, sehingga yang tersisa hanyalah mobil bekasnya saja. Meski begitu, bukan berarti tak ada yang berminat untuk meminang mobil semi off-road ini untuk dijadikan kendaraan harian keluarga. Performa dan handling yang mantap, serta sanggup untuk melahap medan off-road ringan membuat Escudo masih menjadi mobil incaran hingga saat ini. Berikut adalah harga mobil bekas Suzuki Escudo dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir. 

 

Kesimpulan 

Kendaraan berbasis SUV entry level memang tengah naik daun lagi selama beberapa tahun terakhir. Hal inilah yang membuat kendaraan semacam Suzuki Escudo kembali banyak diburu, terlepas dari kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh masing-masing mobil tersebut. Banyaknya peminat, tak ayal lagi membuat harga jual mobil bekasnya kembali melonjak. Bagi Anda yang menginginkan mobil berbasis SUV, dengan performa dan fitur yang sudah menunjang, tak ada salahnya melirik Suzuki Escudo. Inovasi selalu dilakukan Suzuki sejak awal diperkenalkan SUV ini, sehingga membuat Escudo cukup layak dijadikan sebagai kendaraan keluarga yang tangguh. 

 

 

Detail Kontak Penjual

Apabila Anda ingin mendapatkan penawaran lebih cepat, Anda bisa mencoba mengakses form online kami. online application form.

Berikut tips-tips dari kami Carmudi
Sebutkan Anda melihat kendaraan yang akan dijual di Carmudi, agar penjual cepat merespon.
Selalu bertemu dengan penjual sebelum melakukan pembayaran uang muka.
Telepon SEKARANG! Mobil bagus terjual dengan cepat!
Detail Kontak Penjual
Untuk melihat detail kontak Penjual, silakan isi detail di bawah ini
Butuh pinjaman untuk kendaraan ini
Dengan klik tombol di atas, Anda menyetujui Persyaratan kami
Kirim pesan ke Penjual

One-Time Password (OTP) terkirim via SMS

Untuk verifikasi permintaan kredit Anda, masukan OTP di bawah ini

Oops! Sepertinya kami sulit melakukan verifikasi OTP yang anda masukan. Coba sekali lagi

Maaf, sepertinya ada sedikit kendala pada permintaan OTP Anda. Silakan verifikasi nomor Anda lagi pada kunjungan selanjutnya ke www.carmudi.co.id setelah 24 jam.

Belum mendapatkan kode OTP? Tunggu detik Permintaan OTP baru


Kami sudah menerima permintaan anda.

Apabila Anda ingin mendapatkan penawaran lebih cepat, Anda bisa mencoba mengakses form online kami. online application form.

Verifying ...