12 Hasil ditemukan
  • 125,000 Km
  • Bekasi
  • 10,000 Km
  • Indonesia
  • 135,425 Km
  • Indonesia
  • 437,000 Km
  • Magelang
  • 80,000 Km
  • ID
  • 2 Km
  • Indonesia
  • 98,546 Km
  • Bandung
  • 300,000 Km
  • Kabupaten Sidoarjo
  • 25,000 Km
  • Indonesia
  • 60,000 Km
  • Indonesia
  • 237,000 Km
  • ID
Memperbaharui hasil

Harga Jual Terbaik Timor S151 di Indonesia

jual beli mobil timor s515i

Pada awalnya, Timor dimaksudkan untuk menjadi mobil nasional di Indonesia, dan dijual pada medio 1990-an. Peran Timor memiliki kemiripan dengan Mitsubishi Lancer di Malaysia, yang berbasis Proton, di mana pajaknya terbilang cukup murah dibandingkan dengan mobil-mobil lainnya.

Segmentasi Pasar dan Model Mobil

Untuk segmentasi pasar, awalnya Timor mengincar segmen masyarakat menengah ke bawah, yang ingin memiliki mobil dengan harga yang cukup murah. Selain itu, Timor juga menyasar segmen sedan kompak, yang sebelumnya sudah dihuni oleh Toyota Corolla dan Suzuki Esteem.

Selama produksinya, Timor mengeluarkan beberapa varian seperti S515 (karburator, SOHC), S515i (injeksi, DOHC), dan S516i LE (Sports edition, injeksi, lisensi dari Prodrive). Sementara itu, Timor juga berencana untuk memproduksi station wagon SW516i dan sedan limosin SL516i, tapi proyek tersebut tak pernah terealisasi.

KIA Sephia memiliki versi station wagon, tetai itu tidak pernah terjadi di Timor.

Review Timor S515i di Indonesia

Berawal dari Paket Kebijakan Otomotif pada 1993, produsen mobil dipersilahkan memilih sendiri komponen-komponen yang akan menggunakan produk lokal, sehingga akan mendapatkan insentif bea masuk. Baru pada 1996, pemerintah Indonesia memerkenalkan program Mobil Nasional, yang mengatur mengenai pembebasan bea masuk jika produsen mobil mampu memenuhi kandungan lokal hingga 60 persen di tahun ketiga.

Timor lahir dari kerja sama antara PT. Timor Putra Nasional (TPN) dengan KIA Motors dari Korea Selatan. Timor S515i merupakan versi yang sama dari mobil buatan KIA, yaitu KIA Sephia. Timor juga terbukti menjadi mobil yang cukup kontroversial, karena ketika dirilis untuk kali pertamanya tak dirakit di Indonesia, melainkan di impor secara utuh dari Korea Selatan.

Produksi Timor S515i berakhir saat Asia terkena krisis finansial pada 1997, dan dilanjutkan dengan kejatuhan rezim Soeharto pada medio 1998, sehingga proyek mobil nasional pun menjadi terlantar. Baru pada awal 2000, KIA memutuskan untuk merestrukturisasi TPN dan menyelesaikan pembangunan pabrik di Cikampek.

Desain Timor S515i yang atraktif dan membulat saat itu, sangat menarik di Indonesia. Desainnya bahkan lebih baik dari beberapa mobil sekelasnya yang masih terlihat kaku. S515 disukai masyarakat apalagi dengan banderolnya yang terjangkau dan desain yang tak lekang oleh waktu bahkan hingga beberapa dekade setelahnya.

Timor dikenal di Indonesia sebagai mobil murah yang menyasar kelas menengah ke bawah. Tak hanya itu saja, Timor juga dikenal karena irit dalam mengonsumsi bahan bakar, selain lincah untuk diajak bermanuver di jalanan perkotaan. Meski begitu, banyak yang mengeluhkan kalau Timor agak sulit untuk dikendalikan ketika melaju dengan kecepatan tinggi (>140 km/jam), dan juga untuk melakukan pengereman. 

Tata letak mesin Timor S515i sama persis dengan Mazda 323 dan sedan kompak Ford di tahun yang sama. Mazda Astina, model sporty dari generasi 323 dan Ford Champ, adalah tiga mobil yang memiliki layout mesin sama persis.

Ini merupakan bagian dari strategi panjang aliansi Ford, Mazda dan KIA saat itu sehingga memudahkan ketiga mobil berbagi suku cadang dan diharapkan dapat menarik minat konsumen. 

Selain itu, Timor juga pernah digunakan sebagai armada taksi d masa lalu. Untuk versi ex-Taksi, banderol harganya lebih terjangkau ketimbang versi yang dijual massal.

Kelebihan dan Kekurangan Timor S515i

Dibandingkan dengan tipe SOHC, untuk Timor S515i memiliki fitur yang paling lengkap dikelasnya. Selain itu, mesinnya juga tak rewel dan cukup bertenaga. Tak hanya itu saja, onderdilnya terbilang murah dan masih banyak yang menjualnya dan dapat berbagi komponen dengan mobil Mazda dan Ford yang serupa.

 

Sedangkan kekurangannya, rem masih kurang pakem dan terkadang timbul gejala overheat apabila dipacu secara berlebihan. Dari segi interiornya, penampilan dasbor kurang menarik.

Spesifikasi dan Performa Timor S515i

Timor S515i mengusung mesin tipe B5-ME I4 1.5 liter, DOHC, injeksi, berbahan bakar bensin, dan disematkan transmisi manual 5 percepatan. Tenaga yang dihembuskan bisa mencapai 59 kW atau 79 hp. Untuk suspensi bagian depan sudah mencangkok MacPherson Strut, sedangkan di bagian belakang menggunakan Independent.

Konsumsi BBM Timor S515i

Timor versi SOHC memiliki rataan konsumsi bahan bakar 1:9 sementara DOHC 1:10 untuk pemakaian dalam kota. Sementara untuk pemakaian luar kota atau jalan bebas hambatan bisa lebih tinggi lagi.

Fitur Timor S515i

Meskipun belum dilengkapi oleh teknologi terkini seperti halnya mobil-mobil baru, di mana sudah menggunakan airbags, rem ABS, EBD, dan BA, tapi untuk faktor keamanan Timor sudah mengadopsi teknologi side impact beam. Walaupun Timor terlihat ringkih, tapi jika terjadi benturan dari samping, teknologi side impact beam sanggup meredamnya. Untuk hiburan dan kenyamanan, relatif lengkap untuk mobil di titik harga seperti timor.

 

harga s515i di indonesia

Fitur Hiburan dan Kenyamanan

  • Power Steering
  • Antenna
  • Fuel Injection
  • AC
  • Audio System
  • Power Windows
  • Tilt Steering

Fitur Keamanan

  • Side Impact Beam
  • Disk brake

Desain Timor S515i

Desain Interior

Desain interior Timor S515i sudah mengadopsi layaknya sebuah kendaraan sedan. Fitur-fitur yang tersedia antara lain spion otomatis, antena otomatis, sudah memakai power steering,  dan juga power windows. Selain itu, masih ada lagi fitur-fitur tambahan seperti perangkat audio standar dan jok yang dibalur bludru.

Desain Eksterior

Bodi yang disematkan pada Timor, sama persis seperti KIA Sephia generasi pertama. Tampilan yang paling mencolok adalah disematkannya model ducktail di atas bagasi, dan juga gril depan model bilah yang membujur. Untuk peleknya, digunakan model sport lima palang, sehingga penampilan Timor nampak lebih dinamis.

Pilihan Warna

Pilihan warna Timor S515i cukup beragam, dari merah, biru gelap hingga hijau tua metalik. Ada juga warna-warna standar seperti hitam, abu-abu dan putih.

 

Kompetitor Timor S515i

Timor memang sudah tak diproduksi lagi, tapi masih banyak yang berseliweran di jalanan ibukota. Pesaing berat Timor hadir dari pabrikan asal Jepang, Suzuki, yang mengeluarkan Suzuki Esteem. Sementara itu, kehadiran Timor di pasar Indonesia waktu itu, sempat juga mengancam Toyota, yang sudah mengeluarkan Toyota Corolla dan Toyota Starlet.

Harga Timor S515i dan Ketersediaan

harga jual timor s515i

Karena Timor sudah tak diproduksi lagi, tapi untuk mendapatkan mobil yang dianggap sebagai mobil nasional itu tak terlalu sulit. Harga bekas Timor tergantung dari kondisi dan juga tahun pembuatannya, yang berkisar mulai dari Rp 21,5 juta hingga Rp 55 juta.

Harga Timor S515i tahun 1996 adalah sekitar Rp 26.000.000

Harga Timor S515i tahun 1998 adalah sekitar Rp 21.500.000

Harga Timor S515i tahun 1997 adalah sekitar Rp 26.000.000

Harga Timor S515i tahun 1999 adalah sekitar Rp 30.000.000

Harga Timor S515i tahun 2000 adalah sekitar Rp 32.000.000

Kesimpulan  

Apabila mencari mobil sedan murah dan handal, Timor bisa dilirik untuk dijadikan alternatif pembelian. Hal ini tak lain karena biaya perawatannya yang sangat mudah dan murah. Meskipun fitur-fitur penunjang tak tersedia seperti layaknya mobil sedan generasi saat ini, tapi untuk ketangguhan mesin Timor patut diacungi jempol.

 

Detail Kontak Penjual

Apabila Anda ingin mendapatkan penawaran lebih cepat, Anda bisa mencoba mengakses form online kami. online application form.

Berikut tips-tips dari kami Carmudi
Sebutkan Anda melihat kendaraan yang akan dijual di Carmudi, agar penjual cepat merespon.
Selalu bertemu dengan penjual sebelum melakukan pembayaran uang muka.
Telepon SEKARANG! Mobil bagus terjual dengan cepat!
Detail Kontak Penjual
Untuk melihat detail kontak Penjual, silakan isi detail di bawah ini
Butuh pinjaman untuk kendaraan ini
Dengan klik tombol di atas, Anda menyetujui Persyaratan kami
Kirim pesan ke Penjual

One-Time Password (OTP) terkirim via SMS

Untuk verifikasi permintaan kredit Anda, masukan OTP di bawah ini

Oops! Sepertinya kami sulit melakukan verifikasi OTP yang anda masukan. Coba sekali lagi

Maaf, sepertinya ada sedikit kendala pada permintaan OTP Anda. Silakan verifikasi nomor Anda lagi pada kunjungan selanjutnya ke www.carmudi.co.id setelah 24 jam.

Belum mendapatkan kode OTP? Tunggu detik Permintaan OTP baru


Kami sudah menerima permintaan anda.

Apabila Anda ingin mendapatkan penawaran lebih cepat, Anda bisa mencoba mengakses form online kami. online application form.

Verifying ...