: Disarankan
Memperbaharui hasil

Harga Jual Terbaik Toyota Avanza 2017 Bekas atau Baru di Indonesia

toyota avanza dijual

Karena adanya kerja sama antara Toyota dan Daihatsu mengenai kesepakatan manufakturing OEM, Daihatsu juga memproduksi kendaraan sejenis Toyota Avanza, yang disebut dengan Daihatsu Xenia. Nama Avanza di ambil dari bahasa Italia, Avazanto, yang berarti Advance atau maju.

Kali pertamanya diluncurkan pada ajang Gaikindo Expo pada 2003 silam, dibanderol dengan harga sekitar Rp. 60-100 jutaan, Avanza mampu terjual lebih dari 100 ribu unit. Demand yang sangat tinggi juga terbukti dari harga mobil bekas yang sempat menjulang pada awal tahun 2011. Desain Avanza sendiri untuk memasuki segmen entry-level MPV. Generasi pertama Avanza juga diproduksi di Malaysia di bawah Perodua, tapi kini penjualan Avanza sudah mencakup Filipina, Thailand, Brunei, Pakistan, Bangladesh, Sri Lanka, Libanon, Meksiko, Peru, Mesir, dan beberapa negara di Afrika.

Segmentasi Pasar dan Model Mobil

Toyota Avanza merupakan sebuah kendaraan mini MPV. Desain, performa dan fitur Avanza dirancang secara khusus untuk memasuki segmen entry-level MPV. Sebagai kendaraan entry-level MPV, Avanza memiliki pendahulu, Toyota Kijang. Tapi kini, program modelnya dipisahkan, karena Toyota ingin mengejar segmen MPV kompak, mereka mengeluarkan model yang lebih eksklusif, Kijang Innova. Sementara Avanza, memiliki kemiripan dengan Kijang versi jalan raya, yang menggunakan desain bodi monokok dan penggerak roda belakang. Wujud New Avanza juga 180 derajat berubah, meski lekukan MPV khas Avanza masih berbekas, di bagian "mata" dan grill berubah drastis. Mata New Avanza terlihat lebih tajam, dan grill-nya yang lebar menyatu hingga ke sektor kap mesin, membuat sosoknya terlihat lebih beringas.

Review Toyota Avanza

Kali pertama Avanza di perkenalkan secara resmi pada adalah pada Desember 2003, para konsumen yang tertarik awalnya harus menunggu sampai enam bulan. Ada dua varian yang diperkenalkan, 1.3 E dan 1.3 G. Modelnya menggunakan mesin depan dan penggerak roda belakang. Tipe mesinnya K3-VE 1.3L empat silinder segaris dan berbahan bakar bensin. Tenaga yang mampu dihasilkan sebesar 92 PS (68 kW; 91 dk) pada 6.000 rpm, dengan transmisi manual 5 percepatan.

Perubahan baru dilakukan saat mendekati akhir kuartal ketiga 2006. Tampilan Avanza di poles dengan menempatkan gril model baru, bemper, lampu depan dan belakang, serta di bagian interior. Tak hanya itu saja, Avanza juga memerkenalkan varian terbarunya, tipe 1.5 S, yang mengusung mesin 1.5L SZ-VE 16 katup DOHC VVT-I berbahan bakar bensin dan mampu menghantarkan tenaga sebesar 109 PS (80kW; 108 hp) pada 6000 rpm, dengan tambahan sistem pengereman ABS terbaru.

Baca ulasan lebih lanjut untuk Toyota Avanza di Indonesia dengan informasi-informasi yang mencakup mengenai spesifikasi mesin, fitur-fitur yang ada, desain, harga bekas ataupun harga baru dan penawaran terheboh untuk Kijang Innova.

SKOR PENILAIAN CARMUDI untuk Toyota Avanza 2017

DESAIN INTERIOR

3 bintang

SPESIFIKASI MESIN

3 bintang

DESAIN EKSTERIOR

3 bintang

KONSUMSI BAHAN BAKAR

4.5 bintang

FITUR KENDARAAN

3.5 bintang

HARGA UNTUK KUALITAS

4 bintang

Toyota Avanza total skor keseluruhan olah pengulas Carmudi:
3.5 bintang

 

Sementara itu, untuk varian 1.3 E dan 1.3 G juga mengalami perubahan di bagian dapur pacu, yang disematkan mesin 1.3L 16 katup DOHC VVT-I berbahan bakar bensin. Mesin yang dicangkok di Avanza varian S merupakan mesin yang sama seperti yang digunakan pada Toyota Rush. Selanjutnya, pembaruan kembali dilakukan pada medio 2008, di mana seluruh varian Avanza diberikan tambahan jendela untuk aliran udara dan interior yang baru.

Generasi kedua Avanza tampil dengan dimensi yang berbeda, dan lebih menampilkan kesan sebagai mobil penumpang. Ada tiga varian yang diperkenalkan, E, G, dan Veloz (yang menggantikan varian S). Untuk varian G dan Veloz, diberikan model Luxury yang diperkenalkan pada Juni 2014 lalu untuk bersaing dengan para kompetitornya seperti Suzuki Ertiga dan Honda Mobilio.

Untuk 2015, Toyota melahirkan Grand New Avanza dan Grand New Veloz sebagai generasi baru dari Avanza. Selain evolusi pada sisi desain yang kini berwajah ala bahasa desain anyar Toyota, pembaharuan juga meliputi teknologi mesin.

Kelebihan dan Kekurangan Toyota Avanza

Avanza memiliki karakter lincah dan mesin yang bandel. Bobotnya yang ringan membuatnya gesit dikendarai dan dapat memuat cukup banyak orang. Sebagai mobil sejuta umat seperti Kijang di masa lalu, harga jualnya juga stabil dan menjadi mobil yang paling banyak dicari orang karena kepraktisannya. Kabin Grand New Avanza kini juga lebih senyap sekitar 19% dibanding pendahulunya.

Sayangnya banyak yang menyebut kemudi Toyota Avanza sedikit limbung dan tenaga yang cukup besar tidak diimbangi dengan bobot yang dianggap terlalu ringan dan limbung. Ini sering menjadi kambing hitam dari banyaknya kecelakaan yang dialami pengemudi mobil ini.

Spesifikasi dan Performa Toyota Avanza

Toyota Grand New Avanza dan Grand New Veloz dijejali mesin baru 1.300 cc dan 1.500 cc dengan teknologi Dual VVT-i yang lebih irit dan bertenaga. Untuk mesin 1.300 cc berkode 1NR-VE, dan 1.500 cc berkode 2NR-VE. Mesin 1.300 cc menghempaskan tenaga sebesar 96.5 dk, dengan versi mesin 1.500 cc sanggup memuntahkan sekitar 104 dk. Catatan ini jauh meninggalkan performa mesin lawas, yang kisaran tenaganya hanya mencapai 92 PS. Kedua mesin ini dikawinkan dengan opsi transmisi manual 5-percepatan atau otomatis 4-percepatan.

Spesifikasi Toyota Avanza 2017 Terbaru

Mesin
Tipe Avanza 1.3 E M/T Avanza 1.5 G M/T
Kapasitas Mesin 1.000cc 4 Cyl, 16V, DOHC, Dual VVT-i 1.500cc 4 Cyl, 16V, DOHC, Dual VVT-i
Penggerak Roda 4x2 4x2
Silinder 1.329 liter 1,496 liter
Transmisi Manual 5-percepatan Manual 5-percepatan
Tenaga Maksimal 96,5 hp @6.000 rpm 104 hp @6.000 rpm
Torsi Maksimum 40.8 Kgm @1.600-2.000 rpm 13,9 Kgm @4.200 rpm
Kecepatan Tertinggi 175 km/h 180 km/h
Akselerasi 0-100km/h 11,9 detik 11,9 detik
Kapasitas Tanki 45 liter 45 liter
Jenis Bahan Bakar Bensin Bensin
Dimensi (mm)
Panjang 4.190 4.190
Lebar 1.660 1.660
Tinggi 1.695 1.695
Jarak Poros Roda 2.655 2.655
Jarak Pijak (Depan) 1.425 1.425
Jarak Pijak (Belakang) 1.435 1.435

Efisiensi Bahan Bakar

Toyota mengklaim kalau konsumsi bahan bakar Grand New Avanza lebih irit dibandingkan dengan versi sebelumnya, atau berkisar 15% lebih baik ketimbang versi pendahulunya. Sementara tenaga dan juga torsinya mengalami peningkatan sekitar 10%. Jika sebelumnya konsumsi bahan bakar rata-rata mesin 1.5L hanya sanggup mencapai 11.2 km/liter, kini bisa meraih di kisaran 12 km/liter. Sementara untuk mesin 1.3L juga mengalami hal yang sama. Jika konsumsi bahan bakar rata-rata hanya berkisar 11.6 km/liter, kini bisa meraih 12.6 km/liter.

Fitur Toyota Avanza

Desain terbaru dari Toyota Avanza mengalami perubahan yang cukup signifikan. Perubahan mencakup mulai dari sektor eksterior, interior, hingga performa dapur pacu. Tak hanya itu saja, karena Toyota juga sudah melengkapi generasi terbaru Avanza ini dengan beragam fitur terkini untuk menunjang keamanan dan kenyamanan dalam berkendara.

Toyota avanza indonesia

Fitur Hiburan dan Kenyamanan pada Toyota Avanza

  • Sistem audio terbaru layar sentuh 6.1 inci, DVD/CD/AM/FM/USB/Aux/Bluetooth/iPod
  • Desain combimeter terbaru
  • Desain kemudi palang 3 model terbaru
  • Power window
  • Power steering
  • Jok dibalut material beludru
  • One touch tumble untuk memermudah pengaturan kursi
  • Kabin lebih senyap
  • Suspensi depan menggunakan MacPherson Strut
  • Suspensi belakang disematkan per koil

Fitur Keamanan pada Toyota Avanza

  • Kantung udara ganda (Dual SRS airbags)
  • Sabuk pengaman 3 titik dengan pretensioner dan force limiter
  • Immobilizer
  • Isofix, pengaman untuk pengaman anak-anak
  • Side impact beam
  • Sistem pengereman ABS
  • Sistem peringatan pemakaian sabuk pengaman di kursi depan
  • Base Assy, Child Restraint Seat
  • Seat Assy, Child Restraint
  • Seat Sub-Assy, Child Restraint

Desain Toyota Avanza

Desain Interior Toyota Avanza

Seluruh model sudah dilengkapi dengan tampilan multi fungsi dan juga disematkan tilt steering system, untuk memermudah pengendaraan. Sementara untuk sistem audio, varian 1.3 E tak memiliki audio unit, tapi pada 1.3 G sudah menggunakan sistem audio 1 DIN dengan radio, CD, dan pemutar MP3. Sedangkan untuk varian 1.5 G, ada tambahan lain berupa steering switches, USB, dan Aux.

Pada Juni 2014, versi Luxury diperkenalkan ke publik dan menyodorkan beberapa fitur tambahan seperti panel kayu, jok kulit, dan monitor atap sebagai fitur standar. Sedangkan untuk fitur audio, sudah diganti dengan DVD player. Tak hanya itu saja, kini semua varian Avanza sudah dilengkapi dengan AC double blower.

Desain Eksterior Toyota Avanza

Untuk varian 1.3 E tak dilengkapi dengan lampu kabut, berbeda dengan varian 1.3 G, 1.5 G, Veloz yang memang sudah tersedia sebagai fitur standar. Sementara itu, untuk Avanza versi 1.5L ( 1.5 G dan Veloz) yang dilepas ke pasaran Indonesia, spionnya sudah dilengkapi dengan lampu sinyal. Perbedaan Veloz dengan varian lainnya terletak pada bodi kit, yang tampilannya mirip dengan Lexus, lalu di bagian roda dan juga spoiler sebagai aksesoris standar. Sementara tambahan elemen untuk bodi kit, hanya tersedia untuk model Luxury.

Pilihan Warna pada Toyota Avanza

Ada delapan pilihan warna yang tersedia pada Toyota Avanza, yakni Nebula Blue, Dark Brown Mica Metallic, Dark Red Mica Metallic, Grey Metallic, Beige Metallic, Black Metallic, Silver Metallic, dan White.

Kompetitor Toyota Avanza

Toyota Avanza memiliki sejumlah rival dari pabrikan senegara untuk bertarung di kelas entry level MPV.  Para pesaing Toyota Avanza hadir dari Suzuki Ertiga, Nissan Evalia, dan Honda Mobilio.

Harga Toyota Avanza dan Ketersediaan Mobil

jual beli toyota avanza

Bagi Anda yang menginginkan sebuah kendaraan keluarga dengan harga yang relatif cukup terjangkau, dan sudah dibekali dengan beragam fitur untuk menunjang kenyamanan serta keamanan dalam berkendara, maka tak ada salahnya melirik Toyota Avanza. Di bursa mobil bekas, harga Avanza pun terbilang cukup stabil karena tak dipungkiri banyak menginginkan mobil yang sanggup menampung banyak orang ini.

Harga Toyota Avanza 2017 Terbaru

Tipe Harga
Avanza 1.3 E M/T Rp189.700.000
Avanza 1.3 E A/T Rp200.900.000
Avanza 1.3 G M/T Rp207.800.000
Avanza 1.3 G A/T Rp218.500.000
Avanza 1.5 G M/T Rp220.100.000

Kesimpulan

Pada segmen mini MPV, baik Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia masih menjadi penguasanya. Namun, bukan berarti para kompetitor hanya berdiam diri saja, karena beberapa prinsipal juga sudah mengeluarkan senjata andalan mereka untuk menggoyang pasar low MPV.


Kamu sudah memutuskan Toyota Avanza adalah mobil pilihanmu? Temukan lagi tips dari Carmudi mengenai langkah selanjutnya setelah menemukan mobil impian dan info penting mengenai kepemilikan mobil.