HomeBerita10 Hal yang Perlu Diketahui Tentang Suzuki Ignis SE

10 Hal yang Perlu Diketahui Tentang Suzuki Ignis SE

Suzuki Ignis
Suzuki Ignis SE resmi meluncur. Foto/Carmudi.

Jakarta – Suzuki Ignis SE (Sport Edition) akhirnya diluncurkan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) pekan kemarin. Lalu apa perbedaannya dengan varian Ignis lainnya yang telah muncul di tahun sebelumnya? Berikut adalah 10 hal yang perlu diketahui tentang Suzuki Ignis Sporty Edition (SE).

1. Basis dari Suzuki Ignis GL

Suzuki Ignis SE yang merupakan varian baru dari pabrikan berlogo huruf “S” ini dibuat dari basis varian terendah Ignis sebelumnya, yakni Suzuki Ignis GL. Jadi bisa dibilang bahwa spesifikasi dan fiturnya banyak kesamaan. Sebut saja foglamp yang belum tersedia dan lampu yang masih standar namun ditambahkan beberapa kelebihan. Apalagi untuk menimbulkan kesan sporti di tipe SE ini.

2. Aksesoris Suzuki Ignis SE

Untuk mengusung embel-embel tipe sporti, Ignis SE ini dibekali beberapa aksesoris agar terkesan sporti. Meskipun tampak tanggung, intinya Ignis SE harus terlihat beda dari varian lainnya.

Hasilnya, Suzuki Ignis SE pun ditambahkan empat bodi kit. Pertama, pada bumper depan telah ditempeli bodi kit hitam dof dengan aksen silver di depannya serta emblem Suzuki Sport. Di bagian samping tidak jauh berbeda, dibubuhinya bodi kit hitam dof dengan aksen silver persis seperti yang di depan serta emblem yang sama di bagian ujungnya. Beralih ke belakang, komposisi bodi kit yang sama juga ditemukan lebih membulat.

Tak hanya itu saja, penambahan spoiler benar-benar ampuh menonjolkan kesan sporti. Dengan penambahan aksesoris di bagian eksteriornya tersebut, dimensi Ignis SE ini jadi terkesan lebih lebar. Pilih mana, Ignis yang polos atau full bodi kit?

3. Mirip Ignis G-Urban Concept

Masih ingat dengan mobil yang muncul di GIIAS 2017 kemarin ini? Ya, selain foglamp dan velg, Suzuki Ignis G-Urban Concept sangat mirip dengan Ignis SE sekarang yang tampil lebih matang dengan emblem Suzuki Sport.

4. DRL pada Grill Depan

Suzuki Ignis SE
Lis DRL pada grill depan Suzuki Ignis SE terinspirasi Wagon Stringray di Jepang. (Foto: carmudi.co.id)

Kalau Suzuki Ignis GX punya DRL berbentuk “U” di bagian lampu, Ignis SE terlihat lebih polos karena lampunya yang full halogen. Tapi untuk mengatasi ‘kepolosan’ itu, Ignis SE diberikan lis DRL-LED pada grill depannya. Berkatnya, desain facia depan jadi tampak lebih unik.

Tampilan unik ini disinyalir terinspirasi oleh Suzuki Wagon Stingray. Mobil “alit” yang hanya dipasarkan di Jepang itu mempunyai desain grill menyala persis Ignis SE. Well, karena bukan bawaan pabrik, lis tersebut harus dinyalakan lewat tombol di dalam kabin. Jadi keren atau lebih seperti after market, ya?

5. Mud Flap

Suzuki Ignis SE juga mendapatkan mud flap alias pelindung bodi dari pentalan batu dari ban di bagian belakang saja. Penambahan mud flap ini jadi membuat tampilannya memang lebih lebar.

6. Sensor Parkir

Tidak ketinggalan juga, di Ignis SE ini juga telah disematkan sensor parkir dua titik. Kedua sensor parkir ini memang sekilas tidak tampak dimana-mana. Pasalnya sensor parkir berwarna hitam menempel di bodi kit berwarna sama.

7. Head Unit Layar Sentuh

Di bagian interior memang tidak ada yang spesial pada Ignis SE ini hingga ditemukannya head unit layar sentuh di tengah-tengah dashboard. Jika dibandingkan dengan Ignis GL yang head unit-nya terintegrasi, di Ignis SE ini head unit menggunakan after market layar sentuh JVC 2 DIN 7 inchi.

Head unit ini bisa dibilang sebagai penawaran yang cukup baik mengingat sulitnya ditemukan fitur serupa di harga yang setara. Sayangnya, tampilan head unit ini benar-benar tampak after market lantaran lis besar dari dof-nya.

8. Harga

Suzuki Ignis SE
Suzuki Ignis SE telah diluncurkan dengan tampilan lebih sporti. (Foto: carmudi.co.id).

Karena diambil dari basis Ignis tipe terendah dan penambahan aksesoris, harga tipe SE memang sedikit lebih mahal dari tipe GL. Jelasnya, perbedaannya yakni hingga Rp10 juta. Untuk Ignis SE transmisi manual dibanderol dengan harga Rp151,5 juta dan transmisi otomatis dihargai 161,5 juta (OTR Jabodetabek). Pihak Suzuki pun menjelaskan bahwa bagi Anda yang kini memiliki tipe GL dan ingin memiliki tipe SE ini, bisa dilakukan penambahan aksesoris tadi dengan harga sekitar Rp13 juta.

9. Mesin Standar

Meskipun namanya Ignis Sport Edition (SE), tapi jangan berharap ada perubahan pada kaki-kaki dan mesinnya. Mesin yang digunakan tipe SE ternyata masih sama seperti tipe Ignis lainnya yaitu K12M 1.2L. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 82hp dan torsi maksimum 113 Nm.

10. Sisanya Rasa GL

Selain ubahan-ubahan lainnya yang disebutkan sebelumnya, Ignis tipe SE ini benar-benar sama persis dengan tipe GL. Kecuali pada instrumen cluster yang tampil dengan MID besar dan velg 15 inchi warna hitam. Jadi bagaimana menurut Anda, tertarik untuk meminang Ignis SE ini? (dol)

Berikut video ulasan Suzuki Ignis tipe SE:

Toyota Voxy
Previous post
REVIEW: Toyota Voxy Mirip Vellfire Diet, Lebih Ideal? (Part 1 dari 4)
mobil untuk taksi online
Next post
Grab dan Uber Bakal Bersatu di Asia Tenggara, Mungkinkah?

1 Comment

  1. […] Suzuki Ignis SE juga mendapatkan mud flap alias pelindung bodi dari pentalan batu dari ban di bagian belakang saja. Penambahan mud flap ini jadi membuat tampilannya memang lebih lebar. Baca selengkapnya.. […]