Home » Mobil » 10 Mobil Bekas di Bandung yang Populer, Didominasi Mobil Keren Nih!

10 Mobil Bekas di Bandung yang Populer, Didominasi Mobil Keren Nih!

Membeli Mobil Bekas Untuk Mudik
Diler Mobil Bekas. Foto: Carmudi

Bandung – Bandung merupakan salah satu kota yang paling sering dijadikan kota favorit dalam mencari mobil bekas. Kota yang merupakan Ibukota kabupaten di Jawa Barat ini dikenal sebagai gudangnya mobil bekas favorit. Mobil bekas di Bandung ini biasanya merupakan mobil hobby yang cukup populer. Apa alasannya kota Bandung menjadi salah satu kota yang populer untuk mencari mobil bekas?

Alasan Mobil Bekas di Bandung Lebih Bagus

Rendy Febry, seorang car enthusiast yang saat ini bekerja dan menetap di Bandung pun memberikan sedikit alasannya kepada kami. “Sebenarnya ada banyak alasan kenapa mobil bekas di Bandung itu kondisinya lumayan segar ya. Salah satunya kebiasaan mengemudinya, tipikal masyarakatnya, sama yang paling penting itu iklimnya sih kalau kata orang,” buka Rendy kepada Carmudi.

Ia mengatakan jika masyarakat atau para pemilik mobil yang ada di Bandung mayoritas berkendara cukup teratur dan santai. Berbeda dengan di Jakarta yang pengendara motor maupun mobilnya lebih sembrono dan sembarangan. Sehingga kondisi mobilnya pun jauh lebih terawat karena gaya berkendaranya itu sendiri. Hal lain yang juga mempengaruhi adalah faktor iklim.

Membeli Mobil Bekas Untuk Mudik
Pasar mobil bekas jadi sorotan terkait Ingub Pengendalian Kualitas Udara DKI Jakarta.

Hampir semua masyarakat Indonesia tahu jika Bandung memiliki iklim yang lebih sejuk karena posisinya yang lebih tinggi. Kota Bandung dikelilingi oleh pegunungan, sehingga morfologi wilayahnya terlihat seperti mangkuk. Bandung berada di atas ketinggian 768 meter di atas permukaan laut (mdpl). Sedangkan titik tertinggi kota Bandung berada pada ketinggian 1.050 mdpl, dengan sebelah selatan dengan kawasan rendah di angka 675 mdpl.

Berbeda dengan Ibukota DKI Jakarta yang hanya berada di ketinggian 8 mdpl. Hal inilah yang menjadi salah satu faktor mengapa kondisi mobil bekas di Bandung cenderung memiliki kondisi yang prima pada bagian eksterior. Iklim di Bandung lebih dingin daripada di Jakarta, sehingga eksteriornya bisa lebih terjaga dengan baik.

Sedangkan kota Jakarta memiliki cuaca yang cukup ekstrem pada saat panas terik. Suhu tertingginya bisa mencapai 39 derajat celcius, atau bahkan bisa mencapai 40 derajat celcius jika sedang panas terik. Hal ini tentunya sangat mempengaruhi kondisi eksterior dari mobil. Jika sering terpapar panas matahari ekstrem, ada kemungkinan warna cat akan lebih cepat memudar. Bagi kamu yang sedang mencari mobil bekas, lantas mobil apa saja yang bisa kamu temui di Bandung?

  • Nissan X-Trail

Bagi pecinta SUV, Nissan X-Trail dengan kode bodi T30 dan T31 rasanya wajib masuk ke dalam daftar mobil bekas keren yang ada di Bandung nih. Nissan X-Trail berbentuk kotak ini memang masih memiliki tampilan eksterior yang cukup keren walaupun usianya sudah lebih dari 10 tahun. Soal harga, mobil berkapasitas 5 penumpang ini sebenarnya cukup terjangkau.

Dengan range Rp60 jutaan hingga Rp150 jutaan, Nissan X-Trail bisa jadi salah satu referensi mobil bekas keren. Ketersediaan komponennya pun juga terbilang masih mudah ditemui di pasaran. Sehingga tak perlu terlalu khawatir mengenai suku cadangnya.

  • BMW Seri 3 – E90

Bagi penyuka sedan Eropa, nama BMW tentu akan masuk ke dalam salah satu list mobil bekas di Bandung yang cukup populer. BMW e90 saat ini cukup diminati lantaran memiliki desain yang masih dianggap keren bagi sebagian orang. Selain itu, ini merupakan BMW dengan harga paling terjangkau yang bisa dibeli dengan usia yang relatif tak terlalu tua.

BMW E90
BMW E90 (Foto: Carmudi)

Harga pasaran BMW e90 di Bandung sendiri berkisar di angka Rp120 jutaan hingga Rp230 jutaan tipe LCI lansiran 2011. Harga ini tentunya menjadi salah satu hal yang cukup menggiurkan bagi mereka yang baru ingin memiliki mobil Eropa.

  • Honda CR-V

Beralih lagi ke SUV, Honda CR-V juga menjadi salah sau mobil yang cukup populer di kota Bandung. Biasanya banyak orang mencari Honda CR-V dengan kode bodi RD1, RD4 yang merupakan generasi kedua dan RE1 yang merupakan generasi ketiga. Mobil ini juga dianggap sebagai salah satu mobil yang punya desain tak lekang oleh waktu.

Kegiatan touring Honda CR-V dalam memperingati kiprah 20 tahunnya. (Foto: Carmudi/Yongki)

Harganya sendiri saat ini pun cukup terjangkau, karena hampir sama dengan BMW e90 untuk CR-V RE1. Untuk generasi kedua dengan kode bodi RD memiliki harga jual di Rp60 jutaan hingga Rp90 jutaan. Sedangkan tipe bodi RE memiliki harga jual di angka Rp100 jutaan hingga Rp140 jutaan tergantung kondisi.

  • Mercedes Benz E-Class W210

Bagi pecinta mobil era 1990-an, Mercedes-Benz seri E-Class tentu akan menjadi salah satu pilihan. Selain harganya terjangkau, perawatannya yang murah, mobil ini juga memiliki kenyamanan cukup baik. Mobil Mercedes-Benz E-Class dengan kode bodi W124 dan W210 contohnya. Kedua varian ini masih memiliki harga yang stabil untuk mobil berusia lebih dari 15 tahun.

Mercedes-Benz W210
Mercedes-Benz W210. Foto: Istimewa

Kisaran harganya pun berkisar di harga Rp50 jutaan hingga Rp150 jutaan untuk W124. Sedangkan untuk W210, kisaran harganya berada di angka Rp75 jutaan hingga Rp150 jutaan tergantung kondisi tentunya. Apalagi dengan transmisi otomatis, harganya akan jauh lebih mahal.

  • Honda Brio

Mobil selanjutnya yang cukup populer adalah Honda Brio. Banyak orang menyukai mobil satu ini karena konsumsi bahan bakarnya yang cukup irit. Nggak heran deh kalau Brio jadi incaran banyak orang. Apalagi Bandung terkadang juga macet seperti Jakarta. Jadinya banyak orang yang butuh sama mobil irit deh.

Honda Brio Satya
Honda Brio Satya. Foto/Dok.HPM.

Harga bekas mobil ini berkisar Rp90 jutaan hingga Rp130 jutaan tergantung tahun dan kondisi. Tapi biasanya banyak orang menyukai Honda Brio generasi pertama, karena punya dimensi yang kecil dan kompak.

  • Toyota Vios

Mobil selanjutnya yang juga cukup populer adalah sedan Toyota Vios. Mobil yang pernah dipakai menjadi armada taksi beberapa tahun lalu ini juga kerap dicari pembeli. Kondisi Toyota Vios di kota Bandung juga dinilai cukup oke. Sehingga banyak orang mencarinya sampai kesana.

harga mobil vios bekas
Toyota Vios Gen 2. Foto: Dok. Toyota

Soal harganya sendiri, Toyota Vios dibanderol mulai dari Rp60 jutaan sampai Rp90 jutaan. Harga yang cukup terjangkau ini membuat banyak orang mudah tergiur. Konsumsi bbmnya irit, ditambah juga biaya perawatannya yang murah. Sehingga masih banyak orang ingin membeli sedan satu ini.

  • Honda Jazz

Kembali lagi ke mobil berukuran kompak dan kecil nih. Mobil bekas di kota Bandung yang cukup populer lainnya adalah Honda Jazz IDSi, lansiran 2004 atau generasi pertama dari Honda Jazz. Mobil berkapasitas 5 penumpang ini punya desain yang sebenarnya masih cukup oke saat ini. Nggak heran juga sih kalau masih banyak orang yang mengincar mobil satu ini.

Honda Jazz GD3
Honda Jazz GD3. Foto: Dok Honda

Harga bekasnya pun saat ini terpantau stabil, dan cukup baik. Karena berkisar di kisaran Rp60 jutaan sampai Rp90 jutaan. Jangan salah, Honda Jazz termasuk kedalam salah satu mobil yang paling banyak dicari orang di dunia online lho. Makanya sampai sekarang masih banyak orang berburu mobil satu ini.

  • Honda Civic

Masih dari keluarga Honda nih, mobil lain yang gak kalah populer di Bandung ada Honda Civic Type Z, Civic Ferio dan Honda Civic VTi-S. Kedua mobil ini masih digemari oleh kaum remaja hingga pria dewasa yang masih suka mobil dengan tampilan layaknya anak muda. Jika dilihat secara tampilan, kedua mobil ini memang tidak terlalu terlihat seperti mobil berumur.

Honda Civic generasi enam, biasa disebut Honda Civic Ferio
Honda Civic generasi enam, biasa disebut Honda Civic Ferio. Foto: Istimewa

Padahal, kedua mobil ini merupakan mobil yang diproduksi pada tahun 2.000-an awal. Jika dihitung usianya sudah lebih dari 15 tahun. Tetapi auranya tidak terlihat seperti mobil di atas 15 tahun. Soal harga, kedua mobil ini punya harga yang gak kalah terjangkau dibanding mobil lainnya di atas. Harganya berkisar antara Rp80 jutaan hingga Rp130 jutaan. Sedangkan untuk Honda Civic Type Z, harganya hampir sama.

  • Mitsubishi Pajero

Mobil bekas di Bandung yang juga cukup populer adalah Mitsubishi Pajero. Mobil SUV dengan kapasitas 7 penumpang ini juga sangat digemari. Populasinya pun cukup banyak, sehingga banyak ditemui pedagang mobil bekas menjual mobil ini di showroomnya. Jika ingin membeli Pajero dengan harga terjangkau, carilah mobil dengan tahun produksi yang agak tua.

Pajero Sport generasi kedua
Pajero Sport generasi kedua. Foto: Ilustrasi

Misalnya tahun produksi 2010 hingga 2014 yang harga kisarannya sudah di angka Rp190 jutaan hingga Rp280 jutaan. Banderol yang ditawarkan oleh harga bekas Pajero cukup menggiurkan bukan?

  • Toyota Fortuner

Jika memasukkan Pajero, tak lengkap rasanya jika belum memasukkan Toyota Fortuner ke dalam mobil bekas di Bandung yang cukup populer. Karakter pegunungan memang membutuhkan mobil SUV, makanya Toyota Fortuner juga jadi salah satu mobil yang populer di sana. Untuk harganya sendiri, saat ini sudah cukup terjangkau.

Seperti lansiran 2005 misalnya harga bekasnya mencapai kisaran Rp160 jutaan. Sedangkan untuk tahun produksi 2012 harga bekasnya mencapai Rp220 jutaan hingga Rp250 jutaan. Mobil SUV seperti ini memang cocok untuk diajak berkeliling Bandung yang merupakan kota dengan dataran tinggi.

Toyota Fortuner
Karakter pegunungan memang membutuhkan mobil SUV, makanya Toyota Fortuner juga jadi salah satu mobil yang populer di Bandung. Foto: Carmudi

Nah, itu tadi merupakan mobil bekas di Bandung yang cukup populer dan digemari. Memang masih banyak lagi mobil yang populer seperti MPV sejuta umat Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga dan Toyota Kijang Innova. Akan tetapi kami ingin mencoba memberikan pilihan alternatif lain dari MPV sejuta umat tersebut. Dari semuanya, mana yang menjadi favorit kamu?

Penulis: Rizen

Editor: Lesmana

Previous post
Cuma Ada 200 Unit, Begini Cara Pre-Order Kawasaki Ninja ZX-25R
Next post
Fokus Abadi Mobil, Perintis Diler Mobil Bekas di Carsentro Sidoarjo