Mobil

10 Mobil Bekas Rp 80 Jutaan Selain LCGC

Saat membicarakan mobil bekas Rp 80 jutaan mungkin sebagian orang akan terpatok pada produk-produk Low Cost Green Car (LCGC) seperti halnya Agya/Ayla atau Calya/Sigra. Padahal di luar itu masih ada beberapa pilihan lain yang juga pantas dipertimbangkan.

Bukan berarti mobil LCGC tak boleh dimiliki. Faktanya mobil semacam ini menawarkan nilai ekonomis yang cukup baik. Harga sudah pasti terjangkau dan konsumsi bahan bakarnya juga tergolong baik.

Toyota Rush - mobil bekas 80 jutaan

Hanya saja ada tipe konsumen yang menginginkan build quality, fitur, atau pengalaman berkendara lebih baik dari apa yang ditawarkan LCGC. Jika Anda termasuk salah satunya inilah pilihan mobil bekas Rp 80 jutaan non LCGC yang bisa ditemui di pasaran saat ini.

Rekomendasi Mobil Bekas 80 Jutaan Non LCGC

1. Nissan March 2010-2012

Mobil bekas 80 jutaan Nissan March

Opsi pertama adalah Nissan March model awal yang diperkenalkan di Indonesia tepatnya pada tahun 2010 lalu. Berdasarkan pantauan Carmudi pada April 2021 harga model ini masuk dalam rentang harga yang dibicarakan

Mobil ini memiliki kapasitas bangku 5-seater dengan dimensi yang mungil. Menjadikannya cocok untuk digunakan sebagai mobil sehari-hari di dalam kota.

Nissan March hadir dengan beberapa fitur istimewa, misalnya Air Conditioner (AC) climate control untuk tipe dengan transmisi otomatisnya, yakni XS

2. Mazda2 2009-2011

Mazda2

Mobil ini pertama kali masuk ke Indonesia tahun 2009 lewat agen pemegang merek PT Mazda Motor Indonesia. Tersedia dalam dua level kemewahan, yaitu S dan R. Masing-masing tipe tersedia dalam pilihan transmisi manual atau otomatis.

Pada saat diluncurkan harga yang ditawarkan mulai dari Rp175 juta sampai Rp200 juta. Tapi kini Anda bisa mendapatkannya di pasar mobil bekas dengan angka Rp80 jutaan.

Mazda2 hadir sebagai hatchback dengan tampilan yang terlihat sporty. Mobil ini pun dilengkapi sejumlah fitur keselamatan modern, seperti halnya ABS, EBD, dan Mazda Advanced Impact Distribution And Absorption (MAIDAS).

3. Suzuki Splash 2010-2012

Suzuki Splash

Bukan tanpa alasan pabrikan menyebut mobil ini sebagai Mini Multi Purpose Vehicle (MPV). Di balik wujudnya yang terlihat mungil dari luar, mobil ini terkenal memiliki kabin cukup lapang sekaligus nyaman.

Fiturnya memang bisa dibilang biasa saja tapi menyimpan keunikan. Salah satu ialah posisi tachometer terpasang di luar instrument cluster atau lebih tepatnya di atas dasbor. Jadi mirip mobil-mobil yang digunakan untuk balapan.

Nah, di samping tachometer tersebut pengguna juga akan menjumpai sebuah laci. Lagi-lagi, posisi laci seperti itu juga bukan hal jamak ditemui pada mobil kebanyakan.

4. Daihatsu Terios 2006-2008

Daihatsu Terios

Pilihan selanjutnya adalah Low Sport Utility (SUV) yang cukup populer di Indonesia yakni Daihatsu Terios. Kapasitas 7 bangku penumpang yang dimilikinya membuat Terios kerap dipilih sebagai kendaraan keluarga.

Selain itu tampangnya juga mencerminkan kesan yang tangguh. Hal itu terlihat dari desain body yang sedikit mengotak dan posisi ban cadangan di pintu belakang.

Mobil ini pertama kali hadir di Indonesia tahun 2006 sebagai penerus Taruna. Daihatsu juga memasarkan mobil sejenis untuk pasar Jepang dan sejumlah negara di Eropa dengan nama Daihatsu Be-Go.

5. Toyota Rush 2006-2008

Toyota Rush - mobil bekas 80 jutaan

Pilihan selanjutnya adalah saudara kembar dari Daihatsu Terios, yakni Toyota Rush. Pada saat baru diluncurkan mobil ini memiliki varian G dan S.

Hanya varian S yang tersedia dalam pilihan transmisi otomatis 4 kecepatan dan manual 5 kecepatan. Sementara itu varian G hanya kebagian transmisi manualnya saja.

Kapasitas bangku 7 penumpang membuat mobil ini sangat diminati di pasaran. Bahkan sampai saat ini Toyota Rush masih menjadi mobil Low SUV terlaris di Indonesia.

Anda bisa memiliki model dari awal-awal tahun kemunculannya dengan harga Rp80 jutaan di pasar mobil bekas.

6. Suzuki SX4 X-Over 2007-2009

Suzuki SX4

Dalam beberapa artikel sebelumnya Carmudi menjadikan mobil ini sebagai salah satu rekomendasi mobil bekas Rp90 jutaan. Hanya saja modelnya datang dari tahun yang lebih muda.

Tapi jika dana yang disiapkan terbatas di rentang Rp80 jutaan maka Anda bisa melirik model dari tahun 2007 sampai 2009.

Mobil ini bisa dibilang sebagai pioner segmen crossover di Tanah Air. Interiornya memiliki kapasitas lima bangku penumpang ditambah ruang bagasi yang cukup lega.

Sebagai sumber tenaganya pabrikan menggunakan mesin 1.500 cc M15A identik dengan yang menempel pada Swift dan Baleno. Adapun pilihan transmisi yang tersedia adalah manual 5 kecepatan atau otomatis 4 kecepatan.

7. BMW 318i E46 2001-2003

BMW 318i E46

Mau coba mobil Eropa? BMW 318i E46 menjadi salah satu pilihannya di rentang harga Rp80 jutaan. Sejarahnya, mobil ini dipasarkan selama periode 1997-2006 dan langsung mendapat sambutan positif dari para penggemar BMW.

Saat ini pun banyak konsumen terutama dari kalangan anak muda yang mengincar mobil ini sebagai kendaraannya. BMW 318i E46 hadir sebagai penerus dari BMW 318i E36.

Berbeda dengan pendahulunya yang punya body terkesan mengotak, model ini memiliki eksterior yang lebih modern. Tampilannya jadi makin keren sambil tetap mempertahankan kesan sporty khas sedan Seri 3.

8. Wuling Confero S 2017-1018

Mobil ini merupakan model pertama Wuling di Indonesia. Kemunculannya semakin meramaikan segmen MPV 7-seater sekaligus menandai keseriusan brand otomotif asal Tiongkok tersebut menggarap pasar Tanah Air.

Pada saat awal diluncurkan mobil ini ditawarkan dengan harga mulai Rp150 jutaan untuk varian terendahnya yaitu tipe MT Double Blower. Kini nampak harga model tersebut berada di angka Rp80 jutaan.

Harga tersebut tentunya cukup menggoda mengingat usia mobil yang terbilang masih sangat muda.

9. Chevrolet Spin 2013-2014

Mobi bekas 80 jutaan - Chevrolet Spin

Chevrolet Spin pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada 2013. Keberadaannya sempat membawa nama Chevrolet bersaing dengan brand Jepang. Sayangnya PT General Motors Indonesia berhenti beroperasi pada 2016 yang otomatis membuat penjualan Spin ikut terhenti.

Walau demikian Anda masih bisa menemui unit bekasnya dijual di pasar mobil bekas. Bahkan dengan harga relatif menarik untuk mobil seusianya.

Mobil ini menawarkan sejumlah keunggulan. Contohnya build quality yang baik, kabinnya tergolong senyap, mesin bertenaga, dan irit bahan bakar. Walau begitu nantinya Anda mesti pintar-pintar mencari suku cadang jika memutuskan untuk memiliki mobil ini.

10. Mitsubishi Mirage 2012-2013

Mirage Exceed

Mitsubishi Mirage sempat berjaya beberapa tahun setelah diperkenalkan pada 2012. Namun sayang perjalanannya terhenti pada 2019 lalu.

Berbekal desain yang mungil, Mirage hadir sebagai hatchback5-seater yang menyasar konsumen dari kalangan anak muda.

Beberapa keunggulannya antara lain, putaran setir yang ringan, suspensi empuk, AC climate control, dan desain interior kekinian. Ditambah lagi dengan mesin yang irit bahan bakar.

Pada sektor ini Mirage menggunakan mesin 1.200 cc, 3 silinder sama halnya seperti Nissan March. Di masyarakat stigma bahwa mesin semacam ini memiliki getaran cukup tinggi.

Karena itu ada baiknya Anda memastikan dulu unit yang akan dibeli saat benar-benar berniat untuk memilikinya.

Di luar daftar rekomendasi mobil di atas tentunya masih ada lagi mobil bekas bekas Rp 80 jutaan yang belum disebutkan. Anda bisa menemukan sendiri unit yang diminati dengan mengunjungi halaman mobil bekas Carmudi.

Baca Juga:

Penulis: Mada Prastya

Editor: Dimas

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *