Home » Sepeda motor » 10 Motor Yamaha Terbaik di Indonesia, Sebagian Jadi Legenda Hidup

10 Motor Yamaha Terbaik di Indonesia, Sebagian Jadi Legenda Hidup

Vixion Jadi Motor Yamaha Terlaris (Foto: Yamaha)

Jakarta – Yamaha termasuk pemain lama dalam industri sepeda motor di Indonesia. Merek dengan logo garputala ini sudah masuk ke bumi Nusantara sejak 1974. Motor Yamaha umumnya digemari karena kemampuan akselerasi yang spontan dan kemampuan motor yang lincah.

Telah banyak model-model yang dihasilkan pabrikan yang bermarkas di Iwata, Jepang ini untuk konsumen di Indonesia. Beberapa diantaranya telah menjadi legenda hidup di kalangan bikers dan jadi buruan kolektor.

Dari sekian banyak model yang ada, Carmudi memilih 10 motor Yamaha terbaik yang jadi idola para bikers. Citra Yamaha sebagai produsen motor dengan performa mumpuni di kelasnya pun melekat pada deretan model motor Yamaha terbaik ini:

1. Yamaha RX King

Yamaha RX-King, salah satu motor Yamaha terbaik (Foto: Rumah Sleman)

Model yang satu ini sudah sangat terkenal di seantero Indonesia karena performanya yang gahar. Akselerasi motor yang ‘njengat-njengat’ dan larinya yang kencang membuat Yamaha RX-King kerap digunakan untuk mendukung tindak kejahatan.

Harga RX-King bekas belakangan ini terus melambung tinggi. Para kolektor mencari RX-King bekas dengan kondisi yang mulus dan mendekati utuh. Ini berpengaruh pada harga jual motor dimana RX-King yang kondisinya makin mulus semakin mahal.

2. Yamaha F1ZR

motor bebek 2-tak
Yamaha F1ZR Edisi Caltex (Foto: Ardianberbagi)

Motor bebek bermesin dua tak ini tak kalah fenomenal dengan RX-King pada akhir dekade 1990-an. Yamaha Force One ZR, itulah kepanjangan dari F1ZR yang diproduksi oleh Yamaha Indonesia Motor Manufacturing dari tahun 1992 hingga 2004.

Bukan hanya karena desainnya yang menarik dan sporti, tetapi juga mesinnya yang bertenaga besar dan terkenal bandel. Maka dari itu, motor ini juga cukup berjaya di ajang balap nasional pada era-nya.

3. Yamaha Jupiter Z Series

Jupiter Z juga layak menjadi motor Yamaha terbaik (Foto: Ilustrasi)

Era kebangkitan bebek Yamaha dimulai pada Jupiter Z Series. Saat itu, Yamaha menunjuk komedian, Komeng, sebagai bintang iklannya dengan tajuk Yamaha Semakin Didepan. Pertama kali hadir dengan mesin 110 cc, sekarang di era Z1 kapasitasnya naik sedikit jadi 115 cc.

Motor ini masih banyak peminat, khususnya di kota-kota kecil karena perawatannya yang mudah, apalagi yang versi karburator. Suku cadangnya mudah dicari, mulai dari original sampai part aftermarket.

4. Yamaha Mio Series

Era skutik di Indonesia diperkenalkan oleh Kymco dengan modelnya yaitu Jetmatic. Namun, Yamaha yang mempopulerkan motor tanpa gigi perseneling ini dengan produk Mio-nya.

Pada generasi awal, Mio hadir dengan mesin 110cc karburator. Model ini terus diperbaharui sektor mesinnya, dengan pilihan 115cc dan terakhir 125cc.

5. Yamaha NMax

Yamaha Nmax
Yamaha NMax bekas masih banyak diminati dibanding Aerox. (Foto: Tenaga Kuda)

Yamaha Indonesia memperbaharui NMax di bulan Desember 2017 lalu. Ubahan ini bersifat minor dan bertujuan lebih mempercantik sisi desain. Aspek utama yaitu ruang kaki yang luas dengan 2 posisi berkendara membuat posisi berkendara lebih rileks baik untuk perjalanan jarak jauh maupun dekat masih dipertahankan.

Peningkatan di sektor mesin yaitu hadirnya teknologi VVA (Variable Valve Actuation) membuat YAMAHA NMAX 155 MODEL 2018 memiliki torsi merata di setiap putaran mesin. Yamaha NMAX 155 Model 2018 ABS dijual seharga Rp30.200.000, sedangkan harga tipe standar Rp26.300.000.

6. Yamaha Aerox 155

Yamaha Aerox
Yamaha Aerox dengan tampilan warna baru kian sporty. Foto/Yamaha.

Anda yang mencari skuter 150cc dengan desain sporti bisa melirik Yamaha Aerox. Motor Yamaha ini ukurannya tak kalah gambot dengan NMax, namun dengan harga yang lebih terjangkau. Model yang ada sekarang menggantikan Aerox 125 yang kurang diminati. Harga Yamaha Aerox 155VVA R-Version dijual Rp 24.550.000 on the road Jakarta.

7. Yamaha Fino 125

Fino FI Premium (Classic Sporty) Red Wine

Yamaha juga menjadi pabrikan yang mempopulerkan skutik retro dari merek Jepang. Untuk kelas retro, ada Yamaha Fino 125. Body ramping ‘S’ Shape-nya memberi sentuhan kuat lebih elegan.

Motor Yamaha bermesin 125cc ini hadir dengan ban bertapak lebar tipe tubeless (ban depan 80/80-14M/C 43P dan ban belakang 100/70-14M/C 51P). New Fino 125 Blue Core dengan ban lebar dan tubeless dijual dengan harga yakni; Fino Grande Rp18.500.000 OTR Jakarta serta Fino Sporty dan Fino Premium Rp17.300.000 OTR Jakarta.

8. Yamaha X-Ride

All New X-Ride 125

Yamaha jadi merek yang kerap merilis inovasi yang tak biasa. X-Ride contohnya, motor Yamaha yang satu ini hadir sebagai skutik dengan kemampuan off-road. Posturnya tinggi ramping dengan ban semi off-road yang membuat Yamaha X-Ride bisa melewati jalan tanah berkerikil.

X-Ride pun memberikan Extreme atau Adventure feeling kepada orang-orang yang menggemari gaya hidup petualang. All New X-Ride 125 menawarkan tiga hal utama dalam berkendara kepada konsumen yaitu Sporty Adventure, Tangguh, dan Praktis.

9. Yamaha Vixion

All New Vixion R Matte Red

Setelah membahas motor bebek dan skuter, kali ini kita membahas sport naked andalan Yamaha yaitu Vixion. Motor Yamaha yang satu ini bisa dibilang pelopor motor sport dengan sistem injeksi.

All New Vixion mengusung mesin 150cc LC4V yang bertenaga dan responsif. Keunggulan utama dari mesin baru Vixion adalah fitur assist and slipper clutch. Fitur assist membuat pengoperasian kopling menjadi lebih ringan, sedangkan slipper clutch membuat perpindahan gigi lebih halus sehingga akselerasi semakin cepat.

10. Yamaha MX Series

Yamaha MX juga bisa disebut motor Yamaha terbaik (Foto: Yamaha)

Untuk motor bebek super, Yamaha jadi pelopor dengan merilis Jupiter MX yang kini berubah nama sebagai MX King. MX King adalah motor bebek bergaya desain super sport bike dengan LED Position Light yang terinspirasi YZF-R1 dan LED Taillight desainnya terinspirasi YZF-R25.

Motor ini menggunakan mesin baru berkapasitas 150cc Fuel Injection, liquid cooled, 4 Stroke, SOHC, single cylinder, 4 Valve, compact radiator. Kesan sport kencang dan lincah melekat pada sosok MX King ini, sebagai generasi terakhir keluarga MX Series. (dna)

range rover evoque terbaru
Previous post
Canggih! Range Rover Evoque Terbaru Dapat Fitur 'Tembus Pandang'
mobil listrik blits
Next post
Mobil Listrik Blits Tantang Jalur Sumatera Menuju Titik Nol Kilometer Indonesia