Berita Mobil Reviews Sumber informasi

10 Perbedaan Toyota Rush Tipe G dan TRD Sportivo

perbedaan toyota rush

Perbedaan Toyota Rush tipe G dan TRD Sportivo. Foto /Carmudi

Sejak kemunculannya di akhir tahun kemarin, perbedaan Toyota Rush yang tampil baru masih membuat penasaran banyak kalangan. Konde yang familiar tersemat di Toyota Rush dan Daihatsu Terios kini telah hilang seiring desain barunya itu. Pada tipe yang tersedia sekarang hanya ada pilihan 7-seater. Ini artinya tidak ada lagi Toyota Rush TRD Sportivo Ultimo seperti sebelumnya.

SUV yang cukup legendaris ini kini hanya tersedia dua varian saja; tipe G dan TRD Sportivo. Ada beberapa perbedaan Toyota Rush yang penting dari kedua tipenya. Berikut ulasannya.

1. Body Kit dan Stiker

Seperti pada umumnya, Toyota Rush tipe G adalah bentuk asli tanpa embel-embel apapun. Sementara itu, untuk tipe TDR sportivo sudah ada penambahan body kit dan emblem TRD Sportivo.

Mulai dari bagian depan tipe G yang cenderung lebih polos tampak elegan untuk sebuah SUV. Untuk TRD Sportivo sudah ada penambahan body kit di bumper depan dengan emblem TRD Sportivo. Ada juga tambahan strip merah yang mempermanis tampilan facia depan. Di bagian housing foglamp pun sudah ditambahkan cover sehingga tampak lebih tebal.

Di bagian belakang juga diberlakukan hal yang sama. Penambahan body kit pada bumper warna silver terdapat strip merah juga guna memperkuat karakter TRD Sportivo ini. Di bagian sampingya, TRD Sportivo juga sudah ditambahkan side molding warna hitam.

2. Velg dan Ban

perbedaan toyota rush

Perbedaan ban tipe G dan TRD Sportivo. Foto /Carmudi

All New Toyota Rush telah menggunakan velg dual tone di kedua tipenya. Hanya saja, perbedaan Toyota Rush di kedua tipenya ada di ukuran dan motifnya. Di tipe G menggunakan ban ukuran 16 inchi 215/65 Dunlop Enasave. Sementara itu, tipe TRD Sportivo menggunakan ban ukuran 17 inchi 215/60 Bridgestone Alenza.

3. Pilar

Sangat disayangkan, pada tipe G pilarnya sewarna dengan warna body alias tidak ada cover plastik lagi. Untuk tipe TRD Sportivo sudah menggunakan cover plastik berwarna hitam doff sehingga menambah kesan premium dari luarannya.

4. Handle Pintu

Perbedaan Toyota Rush tipe G dan TRD Sportivo juga bisa dilihat dari samping ujung handle pintu depannya. Di tipe G hanya polos saja, tapi untuk tipe TRD Sportivo sudah ada tombol hitam kecil untuk membuka passive keyless entry. Jadi, jika mau buka pintunya cukup mengantungi kunci lalu tekan tombolnya. Pintu pun terbuka.

5. Bahan Soft Touch

Interior All New Toyota Rush memang hadir lebih modern. Panel-panel kontras ini berwarna hitam dan putih. Di antara panel pada bagian dashboard tersebut, untuk tipe G menggunakan lis silver sedangkan TRD Sportivo lis black piano sebagai pemisahnya.

Pada tipe G, seluruh panel putih dibuat dari bahan plastik begitu juga pola jahitannya. Jahitannya hanya cetakan saja. Tidak di tipe TRD Sportivo, panel putih itu terbuat dari bahan soft touch serta jahitannya pun bukan cetakan. Tapi ketika melihat di bagian door trim, ternyata tidak ada bedanya dengan tipe G.

6. AC

perbedaan toyota rush

Perbedaan AC tipe G dan TRD Sportivo. Foto /Carmudi

Baik tipe G atau TRD Sportivo, AC sudah menggunakan model instrumen digital. Ini artinya pengaturan suhunya dapat dilihat pada layar mungil di bawah head unit.

Setelah diteliti lebih lanjut, AC tipe G ternyata masih manual, hanya saja tampilannya yang digital seperti Honda BR-V. Di tipe TRD Sportivo sudah menggunakan fitur AC single zone auto climate control.

7. Setir

Setir Toyota Rush tipe G dan TRD Sportivo sama-sama disematkan fitur tilt dan control audio di samping kirinya. Perbedaannya, tipe TRD Sportivo setirnya telah dibungkus oleh bahan kulit. Di samping kanannya, TRD Sportivo ada tombol telepon bluetooth, tidak untuk tipe G.

8. Power Outlet

Kedua tipe Toyota Rush ini sudah mendapat satu power outlet di depan. Untuk TRD Sportivo mendapat tambahan satu lagi di bagian tengah, tepatnya di bawah cup holder tengah. Tak cukup itu saja, di baris belakang power outlet juga terdapat di samping sebelah kiri.

9. Entertainment dan MID

MID Toyota Rush tipe TRD Sportivo sudah full colour, sedangkan tipe G masih monochrome.

Soal fitur hiburan, head unit keduanya sekilas tampak sama yakni layar sentuh 7 inchi. Hanya saja ada perbedaan di fiturnya yaitu akses internet, multitasking dan smartphone remote app di tipe TRD Sportivo. Sementara itu, Toyota Rush tipe G hanya dibekali 6 speaker, dan 8 speaker untuk TRD Sportivo.

10. Lampu Otomatis

Lampu depan kedua tipe All New Toyota Rush ini sudah menggunakan LED, dan belakang LED kombinasi. Perbedaannya adalah di auto headlight yang hanya tersemat pada tipe TRD Sportivo.

Jadi bagaimana menurut Carmudian? Sebuah kesimpulan muncul dari video review kami di bawah ini. Kami lebih cenderung memilih tampilan eksterior Toyota Rush tipe G dengan interior -tentu saja- TRD Sportivo. (dol)

Lihat produk terbaru Toyota klik:

https://www.carmudi.co.id/mobilbaru/merek/toyota/

Dimas Hadi

Memulai karir sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di Carmudi Indonesia. Sebelumnya aktif menulis bermacam esai sosial-budaya dan beberapa karya tulis lainnya sejak 2009. Email : [email protected]
Follow Me:

Related Posts

/