Sumber informasi

10 Pilihan Oli Mobil Honda Brio Terbaik dan Harga Terkini

Pilihan oli mobil Honda Brio terbaik datang dari berbagai macam merek. Selain produk Original Equipment Manufacturer (OEM) yang dijual oleh Honda, konsumen juga bisa memilih pelumas dari brand lain yang namanya sudah dikenal luas.

Pilihan Oli Mobil Honda Brio Terbaik

(Foto: Carmudi)

Mengganti oli merupakan salah satu aktivitas yang wajib dilakukan secara rutin untuk menjaga performa kendaraan. Menurut buku manual Honda Brio, penggantian oli mesin perlu dilakukan maksimal setiap enam bulan sekali atau 10.000 km tergantung mana yang dicapai lebih dahulu.

Namun perlu diingat bahwa patokan tersebut berlaku untuk kondisi pemakaian normal. Jika mobil lebih sering terkena macet atau kerap melakukan perjalanan jarak jauh sebaiknya ganti oli dilakukan dengan interval waktu yang lebih dekat.

Untuk itu, dalam ulasan kali ini Carmudi akan memberikan sejumlah rekomendasi pilihan oli mobil Honda Brio terbaik beserta harganya sebagai referensi bagi pengguna.

Honda Brio sendiri dapat dikatakan sebagai mobil yang sangat populer di Indonesia. Wajar saja, hampir setiap tahun mobil ini menjadi produk terlaris PT Honda Prospect Motor (HPM).

Sejatinya Honda Brio terbagi menjadi dua model, yakni Brio Satya dan Brio RS. Di satu sisi, Brio Satya termasuk dalam kategori Low Cost Green Car yang artinya memiliki harga jual lebih terjangkau dibandingkan Honda Brio RS.

Walau demikian kedua mobil memiliki spesifikasi mesin yang sama. Otomatis oli mesin yang digunakannya juga serupa untuk kedua model.

Oli Honda Brio Berapa Liter?

Untuk model yang saat ini dipasarkan, Honda Brio menggunakan mesin dengan kapasitas 1.200 cc.

Dengan spesifikasi mesin seperti itu mobil ini memiliki kebutuhan oli mesin sebanyak 3,5 liter. Namun, jika penggantian oli mesin disertai dengan penggantian filter oli maka pelumas yang dibutuhkan kira-kira 3,8 liter.

Oli yang Cocok untuk Honda Brio

Seperti mayoritas mobil keluaran baru, Honda Brio memiliki mesin yang sudah modern. Mesin mobil-mobil seperti ini memiliki celah yang rapat di dalamnya. Sehingga tak aneh kalau membutuhkan pelumas yang encer agar bisa memberikan pelumasan dengan baik.

Hal ini dibuktikan dengan spesifikasi oli mesin Honda Brio itu sendiri. Pelumas yang direkomendasikan adalah oli mesin dengan viskositas SAE 0W-20 atau 5W-30.

Rekomendasi Oli Mobil Honda Brio Terbaik

1. Honda Automobile Oil E-Pro Gold 0W-20 – Rp425.000 / 4 Liter

Honda Automobile Oil E-Pro Gold 0W-20 - Oli Mobil Honda Brio Terbaik

Produk yang satu ini dapat dikatakan sebagai oli yang paling direkomendasikan untuk Honda Brio. Pasalnya, pelumas Honda Automobile Oil E-Pro Gold 0W-20 memang dipasarkan oleh HPM.

Pelumas ini merupakan jenis full synthetic. Di pasaran konsumen bisa menjumpainya dalam kemasan 4 liter yang dipasarkan sekitar Rp425 ribu. Namun selain itu juga tersedia kemasan 1 liter yang dijual Rp95 ribuan per botol.

2. Top 1 SMO HP Sport 0W-20 – Rp381.150 / 3,5 Liter

Top 1 SMO HP Sport 0W-20 - Oli Mobil Honda Brio Terbaik

Top 1 memiliki beberapa produk yang bisa digunakan untuk Honda Brio. Produk yang pertama adalah Top 1 SMO HP Sport 0W-20. Dengan harga lebih terjangkau, oli ini dapat dijadikan pilihan bagi pemilik yang ingin berhemat.

Produk yang satu ini dilengkapi Xtra-Clean Additives guna membersihkan bagian dalam mesin dan Stop and Go Formulation untuk memberikan perlindungan lebih jika mobil sering terjebak kemacetan

3. Top 1 SMO HP Sport 5W-30 – Rp381.150 / 3,5 Liter

Top 1 SMO HP Sport 5W-30 - Oli Mobil Honda Brio Terbaik

Produk berikutnya dari brand yang sama adalah Top 1 SMO HP Sport 5W-30. Mirip dengan produk yang sudah disebutkan sebelumnya, tapi viskositasnya lebih kental.

Oli ini juga menggunakan bahan dasar sintetis dan dilengkapi dengan Xtra-Clean Additives serta Stop and Go Formulation. Konsumen bisa memilih kemasan 3,5 liter ataupun 1 liter.

4. Motul Multipower Plus 5W-30 – Rp604.800 / 4 Liter

Motul Multipower Plus 5W-30 - Oli Mobil Honda Brio Terbaik

Pasar pelumas Tanah Air diisi banyak merek luar negeri, salah satunya adalah Motul yang dikenal sebagai oli “sultan”. Hal tersebut dikarenakan harga oli Motul kerap lebih mahal dibanding oli lain sejenis.

Contohnya bisa Carmudian lihat pada Motul Multipower Plus 5W-30 yang termasuk salah satu pilihan oli mobil untuk Honda Brio. Produk yang satu ini dipasarkan dengan harga yang lebih mahal bahkan jika dibandingkan oli OEM.

5. Motul H-TECH 100 Plus 0W-20 – Rp806.400 / 4 Liter

Motul H-TECH 100 Plus 0W-20

Bukan hanya satu, brand asal Perancis ini juga memiliki produk lain untuk Honda Brio atau mobil sekelasnya, yaitu Motul H-TECH 100 Plus 0W-20.

Produk yang satu ini memiliki tingkat viskositas lebih encer dan harga jual terpaut Rp200 ribuan lebih mahal. Beberapa keunggulan yang ditawarkannya, antara lain Low Speed Pre-Ignition. Selain kemasan 4 liter, produk ini juga bisa didapatkan dalam ukuran 1 liter yang dijual Rp201.600.

6. Shell Helix ECO 5W-30 – Rp387.000 / 3,5 Liter

Shell Helix ECO 5W-30

Shell Indonesia meracik pelumas khusus yang bisa digunakan mobil Honda Brio atau LCGC pada umumnya. Diberi nama Shell Helix ECO, produk ini terasa sangat pas mulai dari ukuran kemasan dan spesifikasinya.

Shell Helix ECO 5W-30 tersedia dalam kemasan 3,5 liter yang artinya sesuai dengan jumlah oli mesin yang dibutuhkan oleh Honda Brio. Kemudian, produk ini juga dikhususkan untuk mobil-mobil dengan kapasitas mesin maksimal 1.200 cc.

7. Shell Helix ECO 0W-20 – Rp412.000 / 3,5 Liter

Shell Helix ECO 0W-20

Selain itu, Shell Helix ECO juga tersedia dalam versi yang lebih encer dengan viskositas 0W-20. Namun seperti pada umumnya, produk yang satu ini juga memiliki harga lebih mahal.

Produk ini dilengkapi Active Cleansing Technology yang menjadi andalan Shell. Teknologi ini merupakan pembersih aktif yang berfungsi melindungi mesin dari endapan yang mengganggu performa.

8. Castrol GTX Ultraclean 5W-30 – Rp319.725 / 3,5 Liter

Castrol GTX Ultraclean 5W-30

Pilihan oli mobil Honda Brio terbaik selanjutnya adalah Castrol GTX Ultra Clean. Salah satu daya tarik oli ini ialah harganya yang cukup terjangkau. Di samping itu jumlah olinya pun pas dengan kebutuhan oli Honda Brio.

Castrol GTX sendiri dilengkapi dengan aksi ganda untuk membersihkan endapan di dalam mesin dan melindunginya dari pembentukan endapan baru.

9. Pertamina Fastron Ecogreen 5W-30 – Rp184.000 / 3,5 Liter

Pertamina-Fastron-Ecogreen-5W-30

Ketika bujet sangat mengikat maka oli Pertamina ini dapat dijadikan pilihan untuk melumasi mesin Honda Brio. Dengan harga tak sampai Rp200 ribu, konsumen sudah bisa mendapatkan pelumas berbahan dasar sintetis.

Dilihat dari spesifikasinya, oli ini memang benar-benar dirancang untuk LCGC dengan kapasitas mesin maksimal 1.200 cc.

10. Pertamina Fastron Ecogreen 0W-20 – Rp189.000 / 3,5 Liter

Pertamina-Fastron-Ecogreen-0W-20

Rekomendasi terakhir dalam daftar pilihan oli mobil Honda Brio terbaik kali ini masih dari merek Pertamina Fastron Ecogreen. Tetapi dengan tingkat viskositas yang lebih encer. Harganya terpantau lebih mahal, namun hanya selisih beberapa ribu rupiah.

Itulah beberapa rekomendasi oli mesin yang dapat dipilih oleh pemilik Honda Brio. Perlu dicatat, harga yang dicantumkan hanya bersifat referensi dan dapat berubah sewaktu-waktu.

Baca Juga:

Penulis: Mada Prastya

Editor: Dimas

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts