Home » Berita » 10 Rincian Perbedaan All new Honda Brio Satya dan Tipe RS

10 Rincian Perbedaan All new Honda Brio Satya dan Tipe RS

Jakarta – Salah satu pemain mobil di kelas LCGC adalah merek Honda dengan produknya Honda Brio Satya. Di 2018 Honda mengeluarkan Brio generasi kedua yang biasa disebut All new Brio. Perubahannya cukup signifikan sejak dikeluarkan generasi pertama di 2012 lalu.

Selain eksterior yang mengalami perubahan total, untuk mesin tidak ada yang baru dengan Honda Brio generasi pertama. Selain ada di kelas LCGC, Honda Brio juga ada di segmen hatchback “biasa” dengan varian tertingginya adalah RS. Lalu apa yang membedakan  kedua hatchback beda varian tersebut?

Sebelumnya sebagai informasi Honda Brio hadir dengan varian 3 tipe diantaranya :

  • Tipe S MT (Manual Transmision)
  • Tipe E MT (Manual Transmision)
  • Tipe E CVT (Automatic Transmision)
  • Tipe RS MT (Manual Transmision)
  • Tipe RS CVT (Automatic Transmision)

Dari semua tipe yang muncul memang tidak ada yang baru dan masih tetap mempertahankan dari varian tipe lamanya. Berikut 10 perbedaan dari varian tipe RS dan Satya dari model All New Brio terbaru.

Desain Velg

Honda All New Brio tipe RS sudah menggunakan velg racing kombinasi 2 warna silver dan hitam dengan ukuran R15″. Sementara tipe Satya memang sudah racing akan tetapi berbeda di ukuran, masih menggunakan R14″ E dengan warna Silver. Namun ban serep atau ban cadangannya All New Honda Brio sudah menggunakan velg yang sama dengan velg aslinya.

Tampilan dari belakang All new Honda Brio Satya. Foto/Carmudi.

Garis List Panel Instrument Dashboard

Melihat dalam kabin All New Honda Brio varian tipe RS warna dasar interior berwarna hitam gelap. Dengan sentuhan list di bagian dashboard berwarna orange. Sedangkan varian Honda Brio Satya menggunakan warna interior crem / coklat muda dengan warna dashboard hitam tanpa garis warna orange.

Side Body Kit

Tambahan body kit ini hanya ada di bagian samping bawah di varian RS, sementara untuk varian Brio Satya belum terdapat body kit di bagian samping. Mengingat varian tipe Satya ialah varian tipe menengah jadi wajar rasanya bila varian Tipe RS mendapatkan variasi dengan model yang lebih sporty.

Jok / Tempat Duduk Penumpang

Pada interior ada beberapa perbedaan terutama di bagian jok yang untuk varian tipe RS menggunakan warna dasar hitam dengan head rest 5 buah yang terpisah dengan tempat duduk / jok Honda Brio RS. Sedangkan untuk varian tipe Satya menggunakan Jok berwarna Putih tulang dengan Head rest 5 buah yang 2 headrest di baris pertama yang masih menyatu dengan kursi joknya.

Warna Grille Depan

Bagian depan shape Logo Honda Brio menggunakan warna hitam black glossy dengan logo Honda di bagian tengah. Sedangkan untuk Varian All New Brio Satya menggunakan logo shape berwarna silver yang menutupi seluruh Shape di bagian depannya.

Warna Atap

Honda Brio Satya rata rata menggunakan satu warna di varian warna nya, Sangat berbeda dengan varian tipe RS yang terdapat dua kombinasi warna dalam satu varian warna atau yang biasa di sebut dengan Two Tone Colour. Warna ini hanya ada varian tipe RS dengan warna Orange Phoenix yang memang sebagai warna terspecial dan mempunyai harga tambahan yang sangat tinggi sebera 3,000,0000

Desain Spoiler

All New Brio satya dan RS juga mempunyai perbedaan di bagian spoilernya, untuk varian tipe RS mempunyai desain spoiler yang lebih stylish dan keren dengan high mount stop lamp berada di posisi bagian tengah spoiler. Sedangkan Spoiler milik All New Honda Brio Satya mempunyai disain lebih minimal dan mempunyai high mount stop lamp yang berada di bagian tengah keatas.

Head Unit

Di bagian head unit Honda Brio RS sudah menggunakan fitur LCD Touch Screen berukuran 7 Inch dengan fitur Bluetooth, DVD, Radio, USB dan Aux. Sedangkan All New Honda Brio masih menggunakan head unit belum touchsreen namun sudah 2 din dengan fitur bluetooth, CD, Mp3 dan USB Aux.

Interior Brio RS
Interior All new Honda Brio tipe RS. Foto/Carmudi.

Steerring Switch

Pada bagian lingkar kemudi  bagian kiri ada beberapa tombol yang berfungsi sebagai pengambil alih navigasi head unit tanpa menyentuh LCD unitnya. Fitur ini hanya ada di varian tipe RS saja. Sedangkan untuk varian tipe All New Honda Brio satya sudah ada namun belum mempunyai navigasi arah seperti fitur steerring switch di varian tipe RS.

Retracable Mirror

Fitur ini hanya akan mempermudah Anda dalam membuka dan menutup spion secara otomatis dengan mode sekali tombol saja. Dan varian ini hanya ada di tipe All New Honda Brio RS saja, sedangkan tipe Satya untuk elektriknya masih di bagian kacanya saja.(dol)

Elon Musk
Previous post
10 Merek Mobil dengan Pengikut Terbanyak di Twitter
Next post
Sedikit Berubah, Apa Istimewanya Mazda MX-5 dan Mazda CX-9 Terbaru?