Berita

12 Tahun Penantian, Rifat Sungkar Juara di Rally Danau Toba APRC 2022

Jakarta — Rifat Sungkar bersama Mitsubishi Xpander Rally Team (MXRT) berhasil memenangkan Rally Danau Toba Asia Pasific Rally Championship (APRC) sekaligus Kejuaraan Nasional Rally 2022.

Hasil ini diraih setelah Rifat yang berpasangan dengan navigator Benjamin Searcy menuntaskan 4 Special Stage (SS) di Leg 2.

Mereka mencatat total waktu 2 jam 2 menit 24,4 detik usai menyelesaikan 12 SS sejak hari pertama.

Pereli Rifat berhasil meraih gelar juara Rally Danau Toba APRC 2022. (Foto: Karyaku)

Pada hari pertama, persaingan di kelas RC2 APRC di mana kompetisi berlangsung ketat.

Beberapa masalah sempat dihadapi, mulai dari ban pecah akibat lintasan keras dan panas, serta tenaga mesin habis karena bahan bakar overheat.

Meski demikian, ketenangan dan kerja keras Rifat beserta timnya membuat mereka bisa mendapat posisi teratas setelah menyelesaikan 8 SS pada hari pertama.

Di hari selanjutnya, persaingan semakin ketat di mana jarak waktu antar pereli tidak terlalu jauh.

Beberapa pesaing Rifat gugur karena alami masalah teknis sehingga tidak bisa meneruskan lomba.

“Lintasan kali ini menuntut segala hal seperti ketenangan, keahlian berkendara, hingga kerja sama dalam tim. Selain itu, juga harus dapat menyiapkan kendaraan tetap di performa terbaik,” ujar Irwan Bagong, manajer MXRT, dalam keterangan resmi yang diterima Carmudi.

Ia juga memuji Rifat dan Benjamin yang tetap tenang saat menemui beragam masalah selama bertanding. Mereka pun dapat menaklukkan lintasan berat yang harus dilalui dengan Xpander AP4.

“Ketenangan Rifat dan Ben, serta performa Xpander AP4 luar biasa. Hal ini membuat semua tim terpacu untuk kerahkan segala kemampuan dalam mendukung mereka,” ucap Irwan.

Rifat sendiri sangat puas dengan hasil yang diraih. Menurutnya, juara yang diraih di Rally Danau Toba APRC 2022 merupakan hasil kekompakan semua pihak dalam timnya.

“Jadi juara di pertandingan ini bukan hanya usaha saya dan Ben semata, tapi juga hasil kerja keras semua tim. Saya bangga bisa merasakan kehebatan Xpander AP4 di lintasan reli terberat yang pernah dihadapi mobil ini,” ucap Rifat.

Hasil Penantian 12 Tahun

MXRT

Hasil yang diraih di Rally Danau Toba APRC 2022 adalah penantian 12 tahun di ajang reli. (Foto: Karyaku)

Rifat turut menyampaikan bahwa hasil yang diraih di Rally Danau Toba APRC 2022 adalah penantian selama 12 tahun di ajang reli.

“Ini merupakan pencapaian yang luar biasa di mana kami dapat juara di ajang reli tingkat Asia Pasifik. Bagi saya, ini memberi kebanggaan tersendiri dan bagi Mitsubishi, ini memperpanjang catatan emas di ajang reli,” ucap Rifat.

MXRT menyampaikan rasa terima kasih atas dukungan berbagai pihak, khususnya PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (PT MMKSI) yang membawa Xpander AP4 sebagai mobil keluarga ke reli berat.

Hal ini membuktikan keandalan mobil Mitsubishi dapat dirasakan di segala medan, termasuk yang berat.

Penulis: Nadya Andari
Editor: Dimas

Nadya Andari

Memulai karir sebagai Content Writer di Carmudi Indonesia sejak awal tahun 2019. Lulusan Desain Komunikasi Visual yang suka sekali menulis, seperti cerpen, artikel, dan sebagainya.
Follow Me:

Related Posts