Berita

Fiat Tertarik Bikin Mobil Canggih Apple

Apple saat ini tengah gencar dalam proyek mobil canggihnya yang dikenal luas dengan nama ‘Project Titan’. Desas-desus sebelumnya menyebutkan bahwa Apple bakal melibatkan BMW dalam proyeknya.

Namun beberapa pabrikan lain ternyata melihat potensi kolaborasi dalam proyek ambisius tersebut. Salah satunya adalah Fiat lewat sang bos, Sergio Marchionne.

CEO Fiat Chrysler Automobiles (FCA) itu secara terang-terangan mengaku bahwa dirinya merupakan seorang ‘Apple Fanboy’ sejati. Sergio juga menyebut ambisi Apple untuk membuat mobil sebagai ‘penyakit’

“Jika mereka (Apple) mendesak untuk membuat mobil, saya akan menganjurkan mereka untuk berbaring dan tunggu sampai rasa sakitnya hilang,” kata Marchionne di sela-sela Geneva Motor Show 2016, seperti dikutip ExtremeTech.

“Penyakit seperti ini datang dan pergi, Anda akan pulih karena penyakitnya tidak mematikan,” katanya.

Maksud Marchionne adalah Apple sebaiknya jangan terlalu tergesa-gesa dalam proyek ini dan sebaiknya menunggu sambil melihat potensi-potensi yang mungkin muncul dalam proyek, termasuk kolaborasi.

Bos FCA, Sergio Marchionne

Bos FCA, Sergio Marchionne

Fiat Merasa Pantas Jadi Partner Apple Membuat Mobil

FCA merasa bisa menjadi dokter dari ‘penyakit’ Apple tersebut dan mengutarakan bahwa perusahaan pantas menjadi partner terbaik raksasa gadget itu dalam memproduksi mobil.

“Saya dapat berasumsi bahwa kami memiliki kredibilitas menjadi salah satu pemain yang telah mereka pantau,” yakin Marchionne.

Sudah bukan rahasia lagi bahwa Apple memang sangat ingin membuat mobil, begitupun halnya dengan FCA yang tengah mencari perusahaan untuk berkolaborasi atau bahkan merger.

FCA sempat mengajukan proposal merger ke General Motors (GM), namun ditolak mentah-mentah. Sebelum Geneva Motor Show 2016 berlangsung, sempat ada rumor bahwa FCA tengah mengajukan usaha serupa pada grup PSA/Peugeot-Citroen.

Mungkinkah kolaborasi Apple dan FCA bakal menjadi kenyataan? Menarik untuk dinanti.

Wahyu Perdana Putera

Berkarir di sejumlah online media sejak 2012 sebagai jurnalis teknologi, sains dan otomotif, kini di Carmudi Indonesia sejak Juli 2015 untuk mengulas & mempublikasikan kabar otomotif terkini dari perspektif lain. Menggilai mobil retro era '80-90an, modifikasi & kultur balap jalanan Jepang serta hobi modifikasi dengan aliran oldschool brutal seperti Shakotan, Kyusha & Kaido Racer. Email: wahyu.perdana@carmudi.co.id
Follow Me:

Related Posts