Mobil

New Mazda MX-5 RF ‘Targa’: Porsche 911 Versi ‘Murah’

Mazda resmi mengungkap versi hardtop dari roadster andalannya yang memanggul nama Mazda MX-5 Miata RF, pada pameran akbar New York International Motor Show (NYIAS) 2016.

Mekanisme atap baru generasi Miata NC yang sepenuhnya otomatis ini dapat membuka dan menutup pada kecepatan hingga 10 km/jam.

Dengan hanya menekan sebuah tombol, atap mobil dan jendela kaca di pilar C akan bergerak naik, kemudian atap akan bergeser posisi dan ‘bersembunyi’ di ruang dalam jendela belakang.

Mekanisme yang sama dapat ditemukan di Porsche 911

Mirip Mekanisme yang Digunakan di Porsche 911 ‘Targa’

Bagi Anda penggemar Porsche, mekanisme ini akan terdengar familiar karena mirip dengan cara kerja atap targa dari Porsche 911. Bedanya, harga Miata hardtop tidak sampai 6 digit dolar seperti jagoan Porsche itu.

Mekanisme ini juga tidak memangkas ruang bagasi. Ya, Miata hardtop menawarkan besar ruang bagasi yang persis sama seperti Miata soft-top.

Selain atap targa, Miata hardtop juga dijejali sistem transmisi otomatis enam percepatan sebagai opsional. Sementara di sektor mesin tidak ada perubahan sama sekali, masih ditawarkan dalam opsi mesin 1.500cc dan 2.000cc Skyactiv-G, seperti dilansir Evo.

Mungkin depresiasi sedikit terjadi di akselerasi mobil. Ini normal karena tentu mekanisme hardtop memberikan bobot yang lebih banyak pada mobil.

Versi soft-top 2.000cc dari Miata, dapat berlari dari 0-100 km/jam dalam 7,3 detik dengan kecepatan tertinggi mencapai 250 km/jam. Bobot totalnya sekitar 1.050 kg.

Bobot mobil yang lebih berat memaksa Mazda mengatur ulang suspensi dan sistem power steering yang diklaim lebih nyaman dari sebelumnya. Bukan hanya itu, pabrikan juga menambahkan peredam suara pada penggerak roda belakang dan sejumlah titik di panel atap.

Kelir silver metalik juga menjadi pembaruan pada mobil. Warna spesial ini memiliki tiga lapisan yang memberikan efek warna silver yang begitu memikat mata.

mazda-mx-5-miata-rf-hardtop-02
Versi Hardtop Cenderung Lebih Populer di Pasar Ketimbang Soft-top

Menariknya, dengan banderol harga yang lebih mahal dari versi soft-top Miata, model ini justru diprediksi bakal lebih populer di pasar dibanding versi soft-top, karena dianggap lebih nyaman dan reliabel.

Di Inggris, versi hardtop Miata sebelumnya mencatat penjualan sebesar 80% ketimbang versi soft-top.

mazda-mx-5-miata-hardtop

Wahyu Perdana Putera

Berkarir di sejumlah online media sejak 2012 sebagai jurnalis teknologi, sains dan otomotif, kini di Carmudi Indonesia sejak Juli 2015 untuk mengulas & mempublikasikan kabar otomotif terkini dari perspektif lain. Menggilai mobil retro era '80-90an, modifikasi & kultur balap jalanan Jepang serta hobi modifikasi dengan aliran oldschool brutal seperti Shakotan, Kyusha & Kaido Racer. Email: wahyu.perdana@carmudi.co.id
Follow Me:

Related Posts