Reviews

Mau Selfie Sama Toyota AE86 INITIAL D? Kunjungi Booth Carmudi di GIIAS 2016!

Penikmat manga dan anime Jepang pada umumnya serta khususnya para penggila mobil, tentu sudah tidak asing dengan Toyota Sprinter Trueno AE86. Mobil yang dianggap memang dilahirkan untuk drifting tersebut bahkan sudah menjadi sebuah pop culture di seantero bumi.

Pendahulu Toyota FT86 itu pertama diperkenalkan pada 1983 hingga menjadi salah satu mobil paling legendaris saat ini. Generasi Toyota AE86 (Sprinter Trueno dan Corolla Levin) menjadi generasi kelima Corolla pada 1983-1987. Toyota AE86 sejatinya memiliki dua gaya bodi yakni kupe dan hatchback dengan dua pilihan lampu utama yakni jenis konvensional dan pop-up yang ikonik.

Karakter mobil yang berpenggerak roda belakang dan memiliki sasis ringan demi handling yang optimal, membuatnya identik dengan aksi drifting. Konon AE86 adalah mobil terbaik untuk drifting. Karakter inilah yang kemudian membawa mobil menjadi bintang utama sebagai mobil ‘tukang tahu jago drifting’ di serial manga/anime legendaris Jepang, Initial D. Setelah Initial D mendunia, kepopuleran AE86 terus menggila hingga saat ini, terutama di kultur modifikasi dan motorsport dunia.

PicsPlay_1471714779238

Toyota AE86 Sangat Langka di Indonesia

Mobil ini dijuluki ‘Hachiroku’ yang diambil dari kode AE86. ‘Hachi’ dalam bahasa Jepang adalah angka delapan dan ‘Roku’ adalah enam. Sementara ‘A’ mewakili kode mesin mobil (seri 4A) dan ‘E’ mewakili Corolla.

Mesin paling populer untuk Toyota AE86 adalah mesin 4A-GE. Dalam versi standar, mesin ini berkapasitas 1.600cc empat silinder segaris yang memuntahkan sekitar 130 tenaga kuda. Cukup kecil memang di era modern saat ini, tetapi tenaganya sudah lebih dari cukup untuk menjadi raja jalanan di era ’80-an. Gabungkan tenaga tersebut dengan penggerak roda belakang, bobot ringan, dan handling menawan yang menjadi karakter mobil, siapapun yang menaikinya memiliki resep sempurna untuk bersenang-senang di jalanan.

Nah, Anda juga bisa bersenang-senang dengan AE86 lewat berfoto bersama, karena mobilnya tengah dipajang di Booth Carmudi di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016.

Booth yang berlokasi di Hall 3, Blok L (samping booth Adiputro/Good Year) ini juga bakal menggelar banyak acara dan games atraktif dengan banyak hadiah menarik selama sabtu dan minggu ini jelang penutupan GIIAS 2016 yang berakhir pada 21 Agustus besok.

Pernah bermimpi jadi Takumi Fujiwara? Ayo, tunggu apalagi, bukan tidak mungkin ini pengalaman sekali dalam seumur hidup bertemu dan berfoto bersama ‘Hachiroku’ di Indonesia karena keberadaan unitnya yang sangat langka di Tanah Air.

Let’s go, 86!

SPESIFIKASI MOBIL:

Toyota Sprinter Trueno AE86 INITIAL D

– Tahun lansiran: 1986
– Mesin: 4A-GE 16v (4A-GE 20v) NA
– Tipe mesin dan kapasitas: L4 DOHC 1.600cc Naturally Aspirated
– Tenaga mesin: 125 HP / 6600 rpm (di Initial D dimodifikasi sekitar 150 HP/7500 rpm kemudian di-upgrade menjadi 240 HP/11.000 rpm.
– Torsi maksimal: 230.5 Nm
– Sistem penggerak: FR/roda belakang
– Transmisi: Manual 5 percepatan
– Panjang: 4205 mm
– Tinggi: 1335 mm
– Lebar: 1625 mm
– Bobot: 940 kg
– Pemilik mobil: Helmie Sarosa

*ket: mesin mobil yang dipajang sudah dimodifikasi memiliki tenaga sekitar 330 HP

IMG-20160820-WA0025

Wahyu Perdana Putera

Berkarir di sejumlah online media sejak 2012 sebagai jurnalis teknologi, sains dan otomotif, kini di Carmudi Indonesia sejak Juli 2015 untuk mengulas & mempublikasikan kabar otomotif terkini dari perspektif lain. Menggilai mobil retro era '80-90an, modifikasi & kultur balap jalanan Jepang serta hobi modifikasi dengan aliran oldschool brutal seperti Shakotan, Kyusha & Kaido Racer. Email: [email protected]
Follow Me:

Related Posts

/