Komunitas

17 Komunitas Toyota Curi Ilmu Jurnalistik

Presentasi dari rekan media tentang cara membuat press rilis yang baik dan benar

Presentasi dari rekan media tentang cara membuat press rilis yang baik dan benar

Jakarta – Bagi sebuah komunitas, mengadakan sebuah acara menjadi salah satu agenda tersendiri. Apalagi acara tersebut dapat dimuat di media cetak maupun online. Sayangnya, belum semua komunitas bisa memahami bagaimana cara menulis press release (siaran pers) yang baik dan benar. Untuk itulah, Toyota Owners Club (TOC) menggelar pelatihan jurnalistik singkat.

Pelatihan jurnalistik singkat ini diadakan dengan tema ‘Become A Media Magnet’ beberapa waktu lalu di Jakarta. Lewat acara ini, 17 komunitas yang tergabung dalam TOC diberikan bekal untuk bisa membangun press release yang baik. Terlebih agar komunitas ini lebih mengerti cara pembuatan press release yang baik kepada teman media.

Presentasi dari rekan media tentang cara membuat press rilis yang baik dan benar

Presentasi dari rekan media tentang cara membuat press rilis yang baik dan benar

Diisi Narasumber Kompeten

Agar pesan yang tersampaikan dapat masuk dengan baik, TOC mengundang jurnalis senior. Diantaranya adalah Aris F Harvenda Waredpel Otomotif Kompas.com, Maryadi Chief Editor Viva News, Hendri Wijayanto Head of External Communications PT XL Axiata dan Dany Permana dari Tribun News. Narasumber yang kompeten ini pun memberikan sedikit ilmu kepada rekan komunitas agar lebih memahami intisari dari pembuatan press release.

“Zaman ini berubah secara drastis. Informasi pun saat ini dibuat versi digital yang mengandalkan smartphone. Maka dari itu kita pun selektif dalam menerima informasi. Dengan adanya acara ini, komunitas dapat mengerti manfaat pemberitaan dari media massa. Dan tentunya diajarkan dan belajar untuk membuat press release yang baik dan benar,” kata Rouli Sijabat, Dept Head Interactive Communications PT Toyota Astra Motor (TAM).

Foto bersama antara perwakilan Toyota Astra Motor dan komunitas

Foto bersama antara perwakilan Toyota Astra Motor dan komunitas

Salah satu komunitas yang mengikuti acara ini adalah Velozity. Velozity merupakan komunitas para pengguna Toyota Avanza Veloz yang sudah ada sejak tahun 2012 silam. Velozity pun menilai jika acara ini benar-benar bermanfaat agar bisa membuat press release yang baik dan benar kepada rekan media. Komunitas yang sudah memiliki 24 chapter dengan lebih dari 2.000 anggota ini pun senang dengan adanya acara ini.

“Acara diskusi dengan para pewarta senior ini benar-benar sangat bermanfaat, terutama dalam membuat berita. Kami sebagai komunitas memang sering mengadakan acara, tetapi masih kurang paham bagaimana cara membuat press release yang baik. Dengan adanya acara ini, diharapkan ke depannya kami dapat membuat press release yang baik dan lebih memudahkan teman-teman media dalam memuat berita kegiatan kami,” tambah Ketua Velozity, Bambang BW.

Rouli Sijabat memberikan pencerahan mengenai sedikit ilmu dunia jurnalistik

Rouli Sijabat memberikan pencerahan mengenai sedikit ilmu dunia jurnalistik

Acara yang digelar pada hari Sabtu (28/9/2019) lalu ini dihadiri oleh puluhan rekan komunitas. Rekan komunitas yang datang merupakan perwakilan dari Ketua Umum maupun bidang Kehumasan. Mereka diajarkan cara membuat press release dan foto yang baik dan benar dan tentunya cara berinteraksi dengan rekan media massa.

 

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Baca Juga:

Kata Komunitas Soal Tampilan Daihatsu New Sigra

Rizen Panji

Hobinya menghabiskan bahan bakar di akhir pekan. Dan pastinya tergila-gila dengan mobil tua apalagi mobilnya model pintu dua. Oiya, dirinya juga senang melihat interior mobil yang sangat rapih dan bersih, lho!

Related Posts