Perang Pasar MPV Segera Dimulai

Jakarta – Tahun ini pertempuran di segmen MPV kembali akan memanas, yang diawali dengan kehadiran Honda Mobilio dengan wajah baru. Mobilio 2017 akan mendapatkan beberapa penyegaran yang cukup signifikan setelah 2 tahun kemunculannya.
Pasar MPV di Indonesia masih sangat gurih, para produsen terus berebut porsi konsumen dengan melakukan berbagai strategi. Di Indonesia merek Jepang mendominasi segmen ini, sebelum produk China merek Wuling yang rencanannya juga masuk tahun ini.
Dominasi Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia sempat goyah, sejak hadirnya Suzuki Ertiga. Namun Honda tak mau kalau dengan memunculkan Mobilio.
Bahkan, dengan hasil penjualannya yang fenomenal, Ertiga berhasil mempecundangi Xenia di pasar mobil keluarga tersebut. Dan merebut posisi kedua di segmen MPV B pasar otomotif Tanah Air.
Bahkan Setelah Honda memunculkan Mobilio Facelift 12 Januari mendatang, Suzuki mulai ancang-ancang juga akan mengeluarkan Ertiga diesel hybrid.
Perang Kualitas Produk MPV
Strategi penjualan para produsen mobil di Tanah Air tak lepas dari lembaga pembiayaan yang mampu mendukung kebutuhan konsumen low MPV. Banyak tawaran promo yang menggiurkan untuk menjaring konsumen.
Kendati demikian, bukan berarti kualitas produk diabaikan. Meski persaingan harga yang ditentukan dengan berbagai keringanan, produk dan gimmick marketing juga melengkapi ”trisula kunci” untuk memasarkan low MPV di Indonesia.
Kalau sudah begini, sisi hulu yang bermain. Siapa produsen yang paling pandai menekan biaya produksi tapi sanggup meningkatkan kualitas produk, itu yang akan sukses dan lebih diuntungkan. (Dol)