Berita Mobil

Meluncur 2021, New Toyota 86 dan Subaru BRZ Lebih Buas

toyota 86

Toyota 86 (Foto: Carscoops)

Tokyo – Toyota 86 bersama kembarannya Subaru BRZ, menginjak usia keenam di tahun ini. Sepanjang eksistensinya di pasar, keduanya belum pernah mendapat ubahan berarti, hanya sebatas facelift saja.

Namun tidak lama lagi suksesor legenda drift Toyota AE86 itu akan hadir dalam model baru. Tidak hanya berubah dari sisi penampilan, performanya pun bakal ditingkatkan menjadi lebih buas dibanding model terdahulu.

Mengutip informasi dari salah seorang sumber terdekat perusahaan, kemesraan Toyota dan Subaru kembali berlanjut dengan pengembangan generasi anyar 86 dan BRZ.

Sumber yang sama juga menyebut bahwa generasi kedua dari Toyota 86 dan Subaru BRZ diperkirakan meluncur sekira 2021. Demikian seperti dilansir dari Japantimes.

toyota 86

Subaru BRZ (Foto: Carscoops)

Mobil sport yang identik dengan drifting ini, rencananya akan diproduksi di pabrik milik Subaru yang terletak di Gunma Prefecture, Jepang.

Toyota berharap dengan hadirnya generasi baru mobil berjuluk ‘Hachi-roku’ dalam bahasa Jepang, bisa menarik konsumen baru dan meningkatkan citra perusahaan.

Baik Toyota 86 maupun Subaru BRZ disebut akan memiliki mesin baru dengan kapasitas yang lebih besar dari sebelumnya. Model yang saat ini masih beredar di pasaran dibekali dengan mesin 2.000cc.

Nantinya generasi anyar 86 dan BRZ akan menggendong mesin berkapasitas lebih besar yaitu 2.400cc. Belum diketahui seberapa besar tenaga yang dihasilkan oleh mesin baru tersebut. Bahkan sempat ada spekulasi soal penambahan turbo pada mesin.

Tidak disebutkan pula apakah mesin baru itu benar-benar dikembangkan dari nol atau menggunakan basis mesin yang sudah ada.

toyota 86

Toyota 86 (Foto: Carcoops)

Masih menurut sumber yang sama, nantinya kedua mobil bertubuh langsing itu dirancang dengan pusat gravitasi yang lebih rendah supaya kendaraan tetap stabil, baik ketika sedang melaju dalam kecepatan tinggi ataupun saat menikung.

Sementara itu Subaru juga disebut akan menjual BRZ dengan beberapa fitur tambahan. Diantaranya safety gears, automatic brakes dan mengadopsi teknologi cerdas Eye Sight yang dapat membantu pengemudi, dalam mendeteksi keberadaan pejalan kaki dan pesepeda.

Penjualan Toyota 86

Di Jepang, Toyota 86 hanya terjual sekira 7.200 unit saja pada 2017. Angkanya terlampau jauh bila dibandingkan dengan Toyota Prius dan crossover C-HR yang terjual lebih dari 100 ribu unit dalam satu tahun.

Sama halnya dengan situasi pasar di berbagai belahan dunia lain saat ini, pasar mobil sport di Jepang hanya digemari kalangan tertentu saja karena harga dan performa mesin yang tinggi.

toyota 86

Subaru BRZ (Foto: Carscoops)

Di Indonesia, pemain mobil sport juga bisa dikatakan tidak banyak yang mungkin dikarenakan sepinya peminat.

Berdasarkan data penjualan wholesales (pabrik ke dealer) yang dirilis oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO), tercatat penjualan tertinggi Toyota 86 terjadi pada 2013 dengan total mobil yang didistribusikan sebanyak 170 unit. Di tahun berikutnya, penjualan Toyota 86 berada di bawah angka 100 unit.

Sementara itu penjualan tertinggi untuk Subaru BRZ pernah terjadi pada 2013 dengan total mobil yang dikirim sebanyak 56 unit. Pada 2016, angka penjualan BRZ justru terjun bebas dengan hanya 1 unit yang terjual. (dna)

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts