Berita Mobil Sumber informasi

Hyundai Grand i10 Kini Tampil Lebih Segar di Pasar City Car Indonesia

Jakarta – Setelah pertama hadir di India, New Hyundai Grand i10 kini meluncur dengan beberapa penyegaran terutama soal tampang. Dan sekarang sudah muncul di Tanah Air menambah ramai pasar city car.

Pikir kelas city car dalam negeri sudah cukup panas? Coba pikir lagi, karena pabrikan berlogo “H” miring dari Korea Selatan baru saja menyegarkan kontender di kelas terkecilnya, New Hyundai Grand i10 (13/7).

Masih diimpor dari India, New Hyundai Grand i10 baru ini pun mendapat ubahan desain maupun fungsional yang kurang lebih mirip.

“Kami ingin memperkanalkan New Hyundai Grand i10, yang rencananya akan diperkenalkan ke public di acara GIIAS (Gaikindo Indonesia International Auto Show) 2017 bulan depan,” tutur Mukiat Sutikno, President Director PT Hyundai Mobil Indonesia.

Karena baru pre-launched, tentunya harga dari city car baru ini belum diperkenalkan. Meski dari sumber yang kami dapatkan, banderolnya nanti tidak akan jauh dibandingkan Hyundai Grand i10 yang sekarang.

Ubahan desain eksterior jadi suguhan utama. Tampil dengan lima pilihan warna yaitu Silver, Black (Hitam), Orange, Red (Merah), White (Putih) dan Red (Merah) seperti pada foto di atas. Kini New Grand i10 terlihat menjadi sedikit lebih modern.

Paling terlihat adalah penggunaan gril raksasa baru dengan motif honeycomb atau sarang lebah, yang memenuhi fascia depannya. Penggantian gril tersebut juga sekaligus mengubah bentuk bumper depan, yang memberi lekukan tajam di housing lampu kabut. Juga  dengan desain DRL (Daytime Running Light) baru yang terlihat lebih terintegrasi dengan bodi.

Dari samping, motif velg baru berbentuk diamond cut seperti SUV andalannya, Santa Fe, kini digunakan dengan diameter 14 inci. Masih seperti sebelumnya, lampu sein diletakkan di fender sehingga cover spion tetap terlihat polos.

Bagian belakang diubah tidak jauh dari referensi saudaranya, Kia Picanto. Yaitu dengan desain bumper yang memiliki garis horizotal tebal berwarna hitam dengan reflektor bulat di kedua ujungnya.

Ada AC Belakang Pertama Dikelasnya

Kejutan justru datang dari dalam. Yes, masih mengandalkan kontrol AC manual dengan kenop putar, namun penumpang belakang kini kedapatan ventilasi AC sehingga distribusi udara dingin maupun panas dari heater bisa lebih cepat rata ke seluruh kabin.

Mantap, ini baru fitur yang berguna! Ubahan lain terlihat jauh lebih simpel. Contoh tombol untuk membuka jendela belakang yang tak lagi terlihat seperti afterthoughts alias pemasangan power window lokal. Kini lebih terintegrasi dan rapi.

Kelebihan lainnya dibanding para kompetitor di kelas city car adalah power outlet tambahan di belakang. Hmm, jadi tidak berebutan kan saat mau charge smartphone.

Kemudian setir pun mendapatkan model three spokes baru, yang seperti sebelumnya hanya ada tombol pengatur MID tanpa tambahan audio control steering sehingga terlihat sangat, sangat polos.

Tambahan lain, head unit diubah meski masih Double-DIN seperti sebelumnya, kini dengan merek Clarion CX201A seperti yang digunakan di Grand Avega saat pertama keluar di tahun 2011 silam.

Yang tidak berubah sama sekali, adalah apa yang ada di bawah kap mesin karena masih menggunakan mesin Kappa 1.248 cc D-CVVT yang menghasilkan tenaga 87 hp dan torsi 119 Nm.

Ada yang penasaran dengan unit berkelir putih yang ada di sebelah New Grand i10? Tunggu artikel kami selanjutnya ya. (Penulis: Fransiscus Rosano)

Dony Lesmana

Dony Lesman memulai karirnya di dunia jurnalis di Jawa Pos Surabaya 2003. Hijrah ke Jakarta bergabung di majalah Otomotif Ascomaxx dan Motomaxx di 2010. Sempat bergabung di portal berita Sindonews.com di kanal Autotekno hingga 2016 yang mengupas perkembangan otomotif dan teknologi. Terhitung Januari 2017 masuk sebagai tim Journal Carmudi Indonesia yang mengulas dan mempublikasikan berita-berita otomotif terbaru di Indonesia maupun dunia.

Related Posts

/