Berita Mobil Sumber informasi

Jabodetabek Sering Macet, Kerugian Capai Rp150 Triliun

Jakarta – Kemacetan rupanya sudah menjadi hal biasa bagi warga Jakarta, namun tak banyak yang tahu kalau hal ini berdampak kerugian yang tak sedikit. Dampak kemacetan lalu lintas di kawasan Jabodetabek menimbulkan kerugian yang sangat besar.

Ya, akibat macet, konsumsi BBM makin tinggi, biaya distribusi mahal bahkan banyak potensi usaha hilang karena pelaku usaha telat sampai tujuan. Sementara Kementerian Perhubungan (Kemhub) melalui Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ), terus mencari solusi untuk mengurai bahkan menghilangkan kemacetan lalu lintas tersebut.

Melihat data BPTJ menyebutkan, kerugian akibat kemacetan lalu lintas di Jabodetabek mencapai Rp150 triliun per tahun. Jumlah itu harus membebani dunia usaha kita dan akhirnya harus ditanggung rakyat sebagai konsumen dalam bentuk harga barang dan jasa yang lebih tinggi.

Terkait ini BPTJ mengundang para pemangku kepentingan untuk membahas dan mencari solusi untuk mengatasi kemacetan di Jabodetabek ini. BPTJ bersama operator transportasi sudah membuat berbagai terobosan seperti JR Connexion, JA Connexion, Transjabodetabek Premium.

Baca juga: Gak Bisa “Nyalip” Kiri, Lajur Satu Jalan Tol Jadi Jalur Transjabodetabek

Baca juga: Tol Selalu Macet, BPTJ Berlakukan Jam Operasional Truk Minggu Depan

Tak hanya itu dengan menggandeng PT Kereta Api Indonesia telah melakukan optimalisasi pelayanan khusus KA Jabodetabek. Sebentar lagi, KRL akan beroperasi dari Jakarta sampai Cikarang.

Beralih Ke Angkutan Umum

Kasubdit Keselamatan Lalu Lintas Kereta Api, Ditjen Perkeretaapian Muh Nurhadi mengungkapkan, jika KRL sudah beroperasi sampai Cikarang, diharapkan mampu mengurangi kemacetan khususnya di koridor Jakarta-Bekasi atau sebaliknya.

“Mengatasi kemacetan butuh kerja keras dan kepedulian semua pihak. Pemerintah telah berusaha maksimal untuk meningkatkan layanan angkutan umum,” jelas Nurhadi di Jakarta, 5/10).

Akademisi senior STTD Bekasi itu menambahkan, kini kesadaran masyarakat untuk mau beralih. Menggunakan angkutan umum sehingga tidak menambah kemacetan lalu lintas di Jabodetabek.

Kemacetan lalu lintas di Jabodetabek harus segera diatasi, karena kerugiannya sangat besar. Saatnya beralih menggunakan angkutan umum, dan tinggalkan kendaraan pribadi di rumah atau park ride yang disediakan.

Baca juga: Target Kebijakan Baru, Kendaraan Bisa Melaju 30km/jam Saat Jam Sibuk

Dony Lesmana

Dony Lesman memulai karirnya di dunia jurnalis di Jawa Pos Surabaya 2003. Hijrah ke Jakarta bergabung di majalah Otomotif Ascomaxx dan Motomaxx di 2010. Sempat bergabung di portal berita Sindonews.com di kanal Autotekno hingga 2016 yang mengupas perkembangan otomotif dan teknologi. Terhitung Januari 2017 masuk sebagai tim Journal Carmudi Indonesia yang mengulas dan mempublikasikan berita-berita otomotif terbaru di Indonesia maupun dunia.

Related Posts

/