Home » Berita » Daftar Mobil Mewah Terbaik Sepanjang 2017

Daftar Mobil Mewah Terbaik Sepanjang 2017

Penulis: Santo Evren Sirait

Jakarta – Mobil mewah memang selalu menarik untuk dibahas. Mengapa demikian, karena mobil mewah memiliki desain yang sangat menarik, banyak fitur canggih, dan performa yang jauh bertenaga dibanding mobil lainya. Harga mobil mewah jauh dari kata murah, namun hal itu sepadan dengan apa yang ditawarkan oleh pabrikan.

Media Bloomberg melakukan sejumlah pengujian terhadap puluhan mobil mewah sepanjang 2017. Dari hasil tes drive tersebut pihaknya menyimpulkan setidaknya ada delapan mobil mewah terbaik dari beberapa segmen yaitu Coupe, Hatchback, Supercar, Large Sedan, Sedan, Convertible, Crossover, dan sport utility vehicle (SUV).

Berikut ini daftar mobil mewah terbaik sepanjang 2017 versi Bloomberg:

1. Coupe: Mercedes-Benz AMG GTR

Dibanderol dengan harga USD157 ribu atau setara dengan Rp2,11 milyar, Mercedes-Benz AMG GTR sudah dibekali dengan mesin 4.0 liter V8 bi-turbo. Perusahaan mengklaim mobil coupe asal Jerman ini menghasilkan tenaga sekuat 577 hp.

Mampu melakukan akselerasi kecepatan dari 0 sampai 97 kilometer per jam (km/jam) atau 60 miles per hour (mph) hanya dalam 3,5 detik. Tenaga yang dihasikannya lebih besar sekitar 27 hp daripada GT C dan akselerasinya lebih cepat 0,1 detik.

Mercedes-Benz AMG GTR
Mercedes-Benz AMG GTR. Foto/Istimewa.

Pada bagian interior Mercedes-Benz AMG GTR terasa begitu lapang dan bernansa sporty yang tercemin lewat jok dan lingkar kemudi. Sedangkan pada sektor eksterior AMG GT R memiliki tampilan dengan wujud desain mobil balap. AMG GT R memiliki hidung yang cukup panjang, menandakan bahwa terdapat mesin yang besar dibawah kap mobil.

2. Hatchback: Ferrari GTC4Lusso

Walaupun tidak memiliki tampang seagresif seperti rekan-rekannya yaitu Lamborghini atau McLaren, namun Bloomberg memutuskan kendaraan tersebut layak masuk sebagai mobil mewah terbaik 2017. Harga dari mobil asal Italia itu bikin dahi mengkerut, bagaimana tidak perusahaan membanderolnya sebesar USD300 ribu atau setara dengan Rp4 miliar.

Ferrari GTC4Lusso telah dilengkapi dengan mesin V12 yang mampu mengeluarkan tenaga makimal 680 hp. Dengan tenaga sebesar itu, memungkinkan mobil melaju dari posisi diam sampai 62 mph (100 km/jam) dalam 3,4 detik dan kecepatan tertinggi 208 mph.

Ferrari GTC4Lusso
Ferrari GTC4Lusso. Foto/Istimewa.

Punya karakter sporty bukan berarti ruang kabinnya tidak lega. GTC4Lusso memiliki kabin yang benar-benar luas, bahkan bangku baris keduanya sangat sesuai dengan penumpang dewasa. Selain itu desain interiornya sangat bagus ditambah lagi penggunaan material berkualitas seperti kulit, logam dan sebagainya.

3. Supercar: Lamborghini Aventador S

Lamborghini menambahkan huruf ‘S” di depan kata Aventador sebagai pembeda dari model biasa sekaligus menandakan bahwa mobil super tersebut memiliki tenaga dan teknologi lebih baik. Mobil asal Italia ini dapat dimiliki oleh konsumen dengan harga USD422 ribu atau Rp5,7 miliar.

Perusahaan telah membekalinya dengan mesin berkonfigurasi V12 yang sudah mengalami perbaikan. Hasilnya mobil mampu melontarkan tenaga lebih besar 40 hp daripada Aventador biasa atau sekuat 740 hp.

Lamborghini Aventador S
Lamborghini Aventador S. Foto/Istimewa.

Tenaga tersebut juga menghasilkan torsi dan putaran mesin yang lebih besar dibanding model sebelumnya. Selain itu akselerasinnya lebih cepat karena mampu melaju dari 0 sampai 100 km/jam (62 mph) dalam 2,9 detik dan kecepatan tertinggi 124 mph.

4. Large Sedan: Rolls-Royce Phantom

Rolls-Royce Phantom merupakan mobil berdimensi besar dengan harga mencapai USD450 ribu atau setara Rp6 miliar. Mobil yang menjadi tunggangan Ratu Elizabet ini punya mesin V12 berkapasitas 6,75 liter yang memiliki kemampuan mengeluarkan tenaga sekuat 563 hp. Dengan tenaga sebesar itu hanya butuh lima detik saja bagi Rolls-Royce Phantom untuk berlari dari 0-60 mph.

Yang paling mengesankan dari mobil ini adalah suspensi, library-silent ride, dan memiliki sistem penggerak empat roda. Dengan begitu memungkinkan mobil dapat melalui medan jalan yang berat.

Rolls-Royce Phantom
Rolls-Royce Phantom. Foto/Istimewa.

5. Sedan: BMW 760iM

Memiliki desain sporty, lampu baru, dan jok belakang lebih besar, BMW M760i dipasarkan dengan harga USD156,495 atau sekira Rp2,12 miliar. Banyak sekali merek lain di segmen ini, namun M760i paling menarik perhatian.

Disamping penampilan yang menawan, sedan Jerman ini juga sudah dibekali dengan mesin besar berkonfigurasi V12 twin turbo yang diklaim mampu mengeluarkan tenaga sekuat 601 hp. Tenaga tersebut cukup membuat mobil melaju dari posisi diam sampai 60 mph dalam 3,6 detik dan kecepatan tertinggi 155 mph.

BMW 760 im
BMW 760 im. Foto/Istimewa.

Mesin yang digunakan BMW M760i berasal dari jalur yang sama dengan yang digunakan perusahaan untuk Rolls-Royce.

Mobil ini semakin mewah dengan adanya sebuah tablet tujuh inci yang dapat dilepas dan dua layar TV besar pada kursi belakang. Tempat duduk baris pertama dan kedua sudah dilengkapi dengan alat pemanas.

6. Convertible: Porsche 911 Turbo Cabriolet

Dengan harga USD182 ribu atau Rp2,47 miliar, Porsche 911 Turbo Cabriolet memiliki tampang lebih kalem ketimbang pesaingnya yaitu Audi R8 Spyder dan Mercedes-Benz AMG S63 Cabriolet. Tapi yang menarik adalah, 911 Turbo Cabriolet lebih cepat dari keduanya karena mampu melaju 0-60 mph dalam 3 detik, sedangkan lawannya 3,5 dan 3,8 detik untuk Audi dan Mercedes-Benz.

Porsche 911 Turbo Cabriolet
Porsche 911 Turbo Cabriolet. Foto/Istimewa.

Porsche 911 Turbo Cabriolet diklaim jauh lebih hemat bahan bakar. Ruang interiornya sangat cocok untuk pengemudi yang menggunakannya sebagai kendaraan harian.

7. Crossover: Volvo V90 Cross Country

Volvo sudah memiliki SUV XC60 dan XC90 yang sangat bagus, namun tidak langsung membuatnya berpuas diri. Akhirnya Volvo mngarap pasar crossover dengan menawarkan V90 Cross Country.

Volvo V90 Cross Country memiliki dimensi yang besar sehingga berpengaruh pada ruang penyimpanan dan kabin yang begitu luas. Dibekali dengan sistem penggerak empat roda. Mobil asal Swedia ini diklaim mampu melahap segala medan jalan. Rasanya jauh lebih istimewa dibanding crossover yang berasal dari Amerika.

Volvo V90 Cross Country
Volvo V90 Cross Country. Foto/Istimewa.

Volvo membuat interior V90 Cross Country begitu terasa mewah karena dipenuhi dengan begitu banyak aksen kayu yang memberikan efek kehangatan selama berada di dalam mobil. Sebuah moonroof membentang lebar di langit-langit mmbuat jarak pandang semakin lebar, dan terdapat layar sentuh vertikal 9 inci di tengah dasbor.

8. SUV: Porsche Macan S

Terakhir Bloomberg memilih Porsche Macan S. Kendaraan bernuansa sport ini menggabungkan kepraktisan dan performa. Harganya cukup terjangkau yaitu sebesar USD55.400 atau sekira Rp737 juta.

Porsche Macan
Porsche Macan. Foto/Istimewa.

Porsche Macan S telah dibekali mesin V6 twin-turbo bertenaga 340 hp, dan bisa berakselerasi 0-60 mph hanya dalam waktu lima detik. Tenaga dikirim ke empat roda melalui transmisi paddle-shifting tujuh percepatan. (dol)

Mobil Listrik
Previous post
Kementrian ESDM Desak Jokowi Tandatangani Regulasi Kendaraan Listrik
PCX dan NMax
Next post
Honda: All New PCX Tak Takut dengan Yamaha NMax Karena Beda Konsep