Berita

3 Mobil Daihatsu Terlaris Selama Kuartal Pertama 2021

Jakarta – Berdasarkan data penjualan retail kuartal pertama (Januari-Maret) 2021 yang dikeluarkan oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM) tercatat ada sebanyak 30.310 unit terjual. Adapun jumlah penjualan tersebut didominasi tiga mobil Daihatsu terlaris; Daihatsu Gran Max Pick-Up, Sigra, dan Terios.

Mobil Daihatsu Terlaris 2021

Daihatsu Gran Max Pick Up jadi mobil terlaris ADM selama Kuartal pertama 2021 (Foto: Daihatsu)

Dari tabel penjualan retail yang dipublikasikan ADM, Gran Max Pick-Up berhasil membukukan penjualan sebesar 9.268 unit atau berkontribusi sekira 30,6% dari total penjualan Daihatsu di kuartal pertama. Kemudian disusul oleh Sigra 6.934 unit dengan kontribusi 22,9% dan berikutnya ditempati oleh Terios sebanyak 4.491 unit (14,8%).

Model lain yang juga turut menyumbang penjualan pada kuartal pertama 2021 adalah Daihatsu Ayla dengan total unit terjual 3.774 unit atau berkontribusi 12,5%, Gran Max mini bus 2.881 unit (9,5%), dan Xenia 2.260 unit (7,5%).

Sedangkan model Daihatsu Luxio dan Sirion, total penjualan keduanya sebanyak 702 unit atau menyumbang 2,3% dari total pencapaian Daihatsu.

Mobil Daihatsu terlaris 2021

Sigra berada di posisi kedua sebagai mobil Daihatsu terlaris sepajnag kuartal 1 2021 (Foto: Carmudi)

“Pasar otomotif pada Maret 2021 naik signifikan karena dampak PPnBM. Daihatsu bersyukur dapat bertumbuh sejalan dengan pertumbuhan pasar mobil Indonesia. Kami berharap, tren positif ini dapat terus berlangsung,” ujar Amelia Tjandra, Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director PT ADM.

Penjualan Mobil Secara Nasional Meningkat

Kebijakan Relaksasi Pajak Penjualan atas Barang mewah (PPnBM) untuk mobil baru yang digulirkan pemerintah sejak awal Maret 2021 telah berdampak positif terhadap penjualan mobil secara nasional.

Mobil Daihatsu terlaris 2021

Mobil Daihatsu Terios terlaris ketiga di kuartal pertama 2021 (Foto: ADM)

Total penjualan ritel mobil nasional pada Maret mencapai sekira 77 ribu unit atau naik 65% dibandingkan Februari 2021. Sedangkan wholesales (distribusi mobil dari pabrik ke diler) juga melonjak cukup tajam sebesar 73% menjadi 84 ribu unit.

Peningkatan penjualan turut dirasakan oleh Daihatsu dengan total unit terjual pada periode yang sama sebesar 12 ribu mobil. Angka tersebut naik 47% dibandingkan Februari. Dari sisi wholesales naik 78% menjadi sekira 16 ribu unit ketimbang bulan lalu.

Lonjakan tinggi penjualan Daihatsu sepanjang Maret disokong oleh model-model yang mendapat relaksasi PPnBM seperti Xenia, Grand Max Minibus, Luxio, dan Terios.

Sebagai upaya mempercepat pengiriman unit ke tangan konsumen, Daihatsu memaksimalkan supply dengan Special Action Daihatsu, yaitu 3P (People, Production facility, Part Control).

Sistem Penggerak Roda Mobil

Daihatsu Ayla dan Sirion mengadopsi penggerak roda depan (Foto: Daihatsu)

Daihatsu berharap, melalui upaya dan implementasi 3P ini dapat meningkatkan supply agar lebih memaksimalkan produksi. Sehingga dapat memenuhi permintaan pelanggan.” ujar Stephanus Surya, Planning and Control Department Head PT ADM.

Melalui penerapan 3P tact time atau waktu produksi mobil menjadi lebih singkat. Sebelumnya, butuh waktu 3,1 menit untuk memproduksi satu mobil, kini hanya 1,9 menit saja.

Baca Juga:

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *