BeritaSumber informasi

Meski Pakai Turbo, Honda CR-V Masih Belum Bisa Salip Pajero Sport

Penulis: Santo Evren Sirait

Jakarta – Sepanjang 2017 PT Honda Prospect Motor (HPM) mencatatkan penjualan wholesales (pabrik ke dealer) sebanyak 186.859 unit. Salah satu penopang penjualan Honda tahun lalu datang dari segmen Sport Utility Vehicle (SUV) CR-V.

Lewat perubahan yang dilakukan Honda terhadap CR-V pada April lalu ternyata mampu membuat penjualannya mengalami peningkatan. Sekaligus mendapat sambutan yang positif dari konsumen di Indonesia.

Selama 12 bulan di 2017, Honda berhasil memasarkan CR-V sebanyak 15.905 unit, angka tersebut mengalami peningkatan dua kali lipat. Bila dibandingkan dengan penjualan 2016 yang hanya terjual sebesar 7.853 unit.

“Kehadiran Honda CR-V di Indonesia merupakan bentuk komitmen Honda untuk menghadirkan produk SUV kelas dunia,” ujar Marketing and After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor, Jonfis Fandy dalam keterangan resminya.

Kendati mengalami peningkatan yang tinggi, bukan berarti Honda CR-V menjadi model yang meraih penjualan tertinggi di antara kendaraan lain yang berada di segmennya. Berdasarkan data penjualan wholesales yang diolah oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Honda CR-V harus puas berada di posisi ketiga.

Meskipun sudah dibekali mesin turbo, Honda CR-V masih belum mampu mengalahkan pesaing terberatnya yaitu Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner.

Dari data Gaikindo terungkap bahwa penjualan tertinggi di segmen SUV secara nasional adalah Toyota Fortuner. Yaitu sebanyak 23.761 unit pada periode yang sama. Sedangkan diposisi berikutnya ada Mitsubishi Pajero Sport dengan total penjualan sebesar 18.578 unit.

Perkembangan Generasi CR-V

Saat ini Honda CR-V sudah memasuki generasi ke lima dan telah dipasarkan di 130 negara dengan penjualan lebih dari 8,7 juta unit secara global. Tidak cuma di Indonesia saja, Honda CR-V juga menjadi salah satu model terlaris di beberapa negara.

Salah satunya di Amerika Serikat, di sana Honda CR-V meraih penjualan tertinggi berdasarkan total penjualan kumulatif sejak tahun 1997 hingga September 2017.

“Sejak generasi pertama hingga generasi kelima, Honda CR-V telah diakui sebagai mobil global. Memiliki reputasi sangat baik di seluruh dunia. Karena menawarkan desain tangguh namun penuh gaya. Serta teknologi terdepan di kelasnya, hingga mesin dengan tenaga besar namun tetap efisien,” terang Jonfis.

Varian Honda CR-V generasi kelima yang dipasarkan di Indonesia dibekali mesin 1.5 Liter DOHC Direct Injection VTEC Turbo with Earth Dreams Technology. Mesin ini menghasilkan tenaga maksimal 190 PS pada 5600 rpm, serta torsi maksimal 24.8 Nm pada 2000 – 5000 rpm.

Mesin VTEC Turbo adalah penyempurnaan dari versi konvensional, di mana mesin memanfaatkan gas buang untuk memadatkan udara masuk ke dalam cylinder head. Sehingga kemampuan pembakaran meningkat dan menghasilkan tenaga maksimal dengan bahan bakar efisien. (dol)

 

Dony Lesmana

Dony Lesman memulai karirnya di dunia jurnalis di Jawa Pos Surabaya 2003. Hijrah ke Jakarta bergabung di majalah Otomotif Ascomaxx dan Motomaxx di 2010. Sempat bergabung di portal berita Sindonews.com di kanal Autotekno hingga 2016 yang mengupas perkembangan otomotif dan teknologi. Terhitung Januari 2017 masuk sebagai tim Journal Carmudi Indonesia yang mengulas dan mempublikasikan berita-berita otomotif terbaru di Indonesia maupun dunia.

Related Posts