Berita Sumber informasi

Ini Hasil ASEAN NCAP Uji Tabrak Xpander varian GLS Produksi 2018

Penulis: Santo Evren Sirait

Jakarta – Jakarta – Baru-baru ini lembaga uji tabrak ASEAN New Car Assessment Program (NCAP) yang bermarkas di Malaysia melakukan tes tabrak terhadap Mitsubishi Xpander. Tes tabrak lazim dilakukan lembaga tersebut untuk mengetahui seberapa aman mobil baru melindungi penumpang dan pengemudi.

Pada kesempatan ini ASEAN NCAP menguji Mitsubishi Xpander varian GLS bertransmisi manual produksi 2018 yang sudah dilengkapi dengan beberapa fitur keselamatan sebagai standar di antaranya Side Impact Beam, Dual Airbags, ABS + EBD, dan lainya.

Setidaknya ada dua tes tabrak yang dilakukan oleh ASEAN NCAP, meliputi bagian depan mobil dan samping. Hasilnya cukup membanggakan karena Mitsubishi Xpander berhasil meraih tingkat keamanan 4 bintang dari maksimal 5 bintang. Secara keseluruhan dijelaskan model yang dibanderol Rp211,550 juta itu memperoleh skor 71,66 poin.

Dalam kategori Perlindungan Orang Dewasa (Adult Occupant Protection), Xpander mencetak 39,08 poin, 18,69 poin untuk Perlindungan Penghuni Anak (Child Occupant Protection) dan 13,89 poin untuk kategori Safety Assist Technologies.

Sekertaris Jendral ASEAN NCAP, Ir. Dr. Khairil Anwar Abu Kassim mengatakan Xpander merupakan MPV pertama yang diuji oleh ASEAN NCAP berdasarkan protocol baru untuk 2017-2020, dan menunjukan kinerja baik dalam penilaian yang lebih ketat ini.

“Ini menunjukan bahwa Mitsubishi Motors berdedikasi untuk menghasilkan mobil yang lebih aman untuk kawasan ASEAN sesuai dengan protocol keselamatan kami yang baru.” katanya.

Untuk diketahui, Mitsubishi Xpander dirakit lokal di pabrik Mitsubishi yang berlokasi di Bekasi Jawa Barat. Sejak resmi dipasarkan pada September 2017, Mitsubishi Xpander hingga saat ini sudah mencatat pemesanan sebanyak 50.000 unit.

Artinya melebihi target penjualan yang sudah ditetapkan sebelumnya di kisaran 3.000-4.000 unit per bulan. Tidak hanya diperuntukkan bagi pasar domestik saja, Mitsubishi Xpander juga akan diekspor ke beberapa negara di ASEAN, Amerika, dan Afrika. Mitsubishi Motors Corporation (MMC) akan memulai ekspor perdana ke Filipina mulai Mei 2018.

Sama Seperti Toyota Avanza

Bermain di segmen Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) Mitsubishi Xpander memiliki banyak pesaing di Tanah Air satu di antaranya Toyota Avanza. Toyota Astra Motor (TAM) terakhir meluncur pada 2015. Tak lama meluncur Toyota Avanza terbaru juga menjalani tes tabrak yang dilakukan oleh ASEAN NCAP.

Sama seperti Mitsubishi Xpander, Toyota Avanza juga meraih empat bintang. Diketahui Toyota Avanza terbaru sudah dilengkapi dengan sejumlah fitur keselamatan seperti airbag, side impact beam, ISOFIX, rem ABS, dan lainnya. (dol)

Dony Lesmana

Dony Lesman memulai karirnya di dunia jurnalis di Jawa Pos Surabaya 2003. Hijrah ke Jakarta bergabung di majalah Otomotif Ascomaxx dan Motomaxx di 2010. Sempat bergabung di portal berita Sindonews.com di kanal Autotekno hingga 2016 yang mengupas perkembangan otomotif dan teknologi. Terhitung Januari 2017 masuk sebagai tim Journal Carmudi Indonesia yang mengulas dan mempublikasikan berita-berita otomotif terbaru di Indonesia maupun dunia.

Related Posts