Berita

Penantang Mitsubishi L300 dari Isuzu Meluncur Perdana di Dunia

Jakarta – Di segmen pick up medium PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) sangat percaya diri dengan meluncurkan produk baru yaitu Isuzu Traga. Indonesia menjadi negara pertama di dunia yang memasarkan Isuzu Traga.

Dipilihnya Indonesia sebagai negara pertama yang memasarkan Traga bukan tanpa alasan, IAMI memandang bahwa pasar kendaraan di kelas komersial disini cukup “seksi”.

“Kita sudah punya medium truck, light truck, kita lihat juga ada market yang begitu besar. Satu tahunya bisa tembus 30 ribu unit di mana sekarang ini pemainnya enggak cukup banyak. Nah kita lihat ini kesempatan,” ujar Ernando Demily President Director IAMI,  di Jakarta Selasa, (23/4).

Di Indonesia pasar segmen pick up medium di huni oleh Mitsubishi L300, Kia K2700, Hyundai H-100, dan lainya. Dari antara semua produk yang ada di segmen tersebut IAMI lebih fokus untuk bersaing ketat dengan Mitsubishi L300.

“Kompetitor ada beberapa seperti dari Mitsubishi, Kia, dan lainnya, tapi yang cukup mendominasi adalah L300 dari segi penujualan,” terang Ernando.

Isuzu Traga dibanderol dengan harga Rp190 juta on the road Jakarta. Perusahaan menargetkan bisa menjual sebanyak 3.000 unit sampai akhir 2018.

Untuk mencapai angka tersebut tentunya IAMI telah menentukan langkah strategis yang harus di capai.

“Strategi mencapai target, melakukan penetrasi retail market kita kuatkan after sales service. Serta  memperkuat hubungan dengan konsumen di daerah-daerah. Dan satu lagi konsumen fleet adanya di kota-kota besar seperti Jakarta dan Surabaya yang biasnaya pakai box untuk delivery logistik,” ungkap Keiji Takeda Vice President Director IAMI.

Isuzu Traga Akan di Ekspor

Tidak hanya memasarkan produk IAMI ternyata menjadi perusahaan pertama yang memproduksi Isuzu Traga.

“Isuzu Traga sendiri 100 persen dirakit di Indonesia di pabrik kami yang berada di Karawang, Jawa Barat, serta memiliki dan besar harapan kami untuk membawa Isuzu Traga ke kancah yang lebih besar,” kata Ernando.

Selain untuk keperluan pasar domestik, Isuzu Traga nantinya akan di ekspor ke beberapa negara. Namun sayang sampai saat ini belum bisa di informasikan negara mana saja yang menjadi tujuan ekspor.

“Selain Indonesia ada beberapa emerging country di luar Indonesia yang tipikal marketnya mirip, nah untuk itu kita juga ada rencana ekspor ke negara emerging market. Bukan ke negara-negara maju kaya Jepang dan lainnya yang pasti ke negara-negara berkembang seperti Indonesia,” pungkas dia.

Isuzu Traga menggunakan 51,7 persen komponen lokal dan menggunakan mesin Isuzu 4J41-L berkapasitas 2.500 cc Diesel Direct Injection.

Mesin mendapat dukungan dari transmisi manual lima percepatan. Radius putas kendaraan sekira 4,5 meter sehingga mempermudah pengendara untuk melewati tikungan tajam. (dol)

Dony Lesmana

Dony Lesman memulai karirnya di dunia jurnalis di Jawa Pos Surabaya 2003. Hijrah ke Jakarta bergabung di majalah Otomotif Ascomaxx dan Motomaxx di 2010. Sempat bergabung di portal berita Sindonews.com di kanal Autotekno hingga 2016 yang mengupas perkembangan otomotif dan teknologi. Terhitung Januari 2017 masuk sebagai tim Journal Carmudi Indonesia yang mengulas dan mempublikasikan berita-berita otomotif terbaru di Indonesia maupun dunia.

Related Posts