BeritaMobilSumber informasi

39 Mobil Terbakar Selama 2018, Pelanggan Minta Polisi Periksa Pejabat BMW

mobil terbakar

Ilustrasi mobil BMW TerbakarSeoul – Belum lama ini puluhan polisi menyerbu kantor pusat BMW Korea Selatan di Seoul sebagai bagian dari tindak lanjut temuan 39 mobil BMW terbakar sepanjang 2018. Kedatangan polisi sekaligus ingin memastikan produsen mobil Jerman itu tidak menutupi cacat produksi. Dimana menyebabkan mesin mobil BMW terbakar.

Lebih dari 39 mobil BMW terbakar di Korea Selatan sejak awal tahun ini. Hal itu membuat pelanggan merasa khawatir lalu mengajukan keluhan ke polisi supaya melakukan investigasi terkait masalah tersebut.

Bahkan pelanggan meminta supaya pihak kepolisian mencari dan memeriksa sembilan pejabat teratas di BMW Korea Selatan. Salah seorang petugas kepolisian mengatakan, bahwa pihaknya sedang melakukan penyelidikan. Serta telah menyita beberapa dokumen serta alat bukti lainnya.

Dirinya menolak untuk memberikan rincian lebih lanjut terkait penyelidikan tersebut. Setidaknya ada 30 orang dalam satu tim yang dilibatkan untuk mencari bukti dan fakta-fakta terkini. Sampai saat ini belum ada komentar langsung dari BMW Korea Selatan terkait penyerbuan ini.

“Kami akan melakukan penyelidikan menyeluruh untuk mengungkapkan kebenaran,” kata polisi sebagaimana dikutip dari Channelnewsasia.

Sebelumnya Kementerian Transportasi Korea Selatan juga melakukan penyelidikan. Hasil penyelidikan itu, pihak BMW Korea Selatan menyatakan bersedia menarik kembali sebanyak 106.000 mobil yang terindentifikasi mengalami cacat produksi. Agar semuanya dilakukan pemeriksaan secara menyeluruh.

Semua mobil BMW yang terbakar menggunakan mesin diesel dan diproduksi antara Maret 2011 dan November 2016. Pemimpin BMW Korea Selatan, Kim Hyo Joon telah meminta maaf atas kebakaran itu. Dirinya juga mengungkap bahwa ada masalah pada bagian pendingin resirkulasi gas buang kendaraan.

42 Model Bermesin Diesel

Penarikan kembali (recall) berlaku untuk 42 model BMW, semuanya dibekali mesin diesel. Perusahaan mobil mewah itu sedang menghadapi serangkaian proses hukum atas masalah tersebut di Korea Selatan.

Data Asosiasi Pemasok dan Distributor Mobil (Automobile Importers and Distributors Association), di Korea Selatan memberi keterangan. Kalau ada enam dari 10 mobil BMW impor dari Jerman. BMW menjual hampir 39.000 unit dalam enam bulan pertama tahun ini.

Sebelumya diberitakan Pemerintah Korea Selatan mengeluarkan pengumuman kepada warganya yang memiliki mobil BMW. Agar supaya tidak menggunakannya lagi di jalan.

“Warga kami sangat khawatir. Kami memerintahkan pemerintah setempat, melarang orang mengendarai dari model BMW yang berpotensi terbakar. Apalagi belum melakukan pemeriksaan,” ujar Menteri Transportasi Korsel Kim Hyun-mee.

BMW Korsel berharap bagi pemilik mobil BMW yang sudah menerima pemberitahuan recall, agar dilakukan pemeriksaan mendalam. Warga hanya diizinkan mengendarai mobil BMW di jalan raya bila hendak melakukan pemeriksaan ke bengkel resmi saja.(dol)

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts