Sumber informasi

4 Keunggulan Mesin Turbo pada Mobil, Makin Besar Makin Kencang!

Tren mesin turbo pada mobil produksi kekinian memiliki ragam keunggulan namun sayangnya masih banyak yang awam soal hal ini, sehingga menimbulkan keraguan.

Padahal, ada banyak keunggulan dari mesin turbo yang jarang diketahui. Kebanyakan masyarakat Indonesia hanya tahu tentang cerita pahitnya saja.

Mereka langsung memvonis mesin mobil yang memiliki turbo selalu rewel dan dianggap gampang rusak. Padahal sebenarnya hal tersebut bisa dibilang mitos belaka, Carmudian.

keunggulan mesin turbo

Merawat mesin bensin turbo tidak sulit (Foto: Carmudi)

Memang dalam 10 tahun belakangan mobil bermesin turbo cukup ramah di telinga. Mereka yang sudah pernah memakai mobil dengan mesin turbo pasti akan mengatakan mobil tersebut cukup nikmat dikendarai.

Sebelum membahas mengenai keunggulan mesin turbo, ada baiknya Carmudian pahami dulu cara kerja turbo. Agar Carmudian bisa memiliki bayangan dari cara kerja turbo tersebut.

Cara Kerja Turbo pada Mesin Mobil

Salah satu perbedaan mesin mobil dengan turbo dan non-turbo ada pada tenaganya. Yup, harus diakui mesin mobil yang ditanamkan turbo memiliki tenaga yang lebih ‘nendang’.

Lalu, bagaimana cara kerja komponen yang berbentuk seperti keong ini?

Turbo menggunakan udara yang dialirkan dari hasil pembakaran dari saluran buang. Udara tersebut nantinya akan dipaksa masuk ke dalam mesin lewat dua turbin. Turbin pertama berfungsi sebagai pemutar dan kedua diputar oleh turbin yang pertama.

Turbin pertama bertugas menciptakan udara lebih cepat agar masuk ke dalam ruang mesin. Semakin banyak udara yang masuk ke mesin, semakin besar juga tenaga yang dihasilkan dari gas buang mesin itu sendiri.

Honda Civic Generasi ke-10 keunggulan mesin turbo

Mesin Turbo Honda Civic Generasi ke-10

Gampangnya, turbo bertugas untuk memaksimalkan gas buang untuk dimasukkan kembali ke dalam ruang bakar dan dikonversi menjadi tenaga.

Semakin tinggi putaran mesin, semakin besar tenaganya. Saat turbo sedang bekerja, panas dalam komponen tersebut sangat tinggi sehingga dibutuhkan pelumas mesin yang mampu menahan panas yang cukup tinggi.

Untuk itu, sangat penting menggunakan oli mesin khusus turbo bagi mobil bermesin turbo.

Fungsi Turbo pada Mesin Mobil

Seiring berkembangnya zaman, turbo pun terus ditancapkan kepada mesin mobil modern. Tujuannya untuk menghemat bahan bakar, ramah lingkungan, dan menghasilkan tenaga besar dari kapasitas mesin yang kecil.

Di era 1990-an, turbo dianggap sebagai barang mewah sehingga tidak semua mobil dibekali dengan komponen ini. Biasanya hanya mobil dengan performa tinggi yang dibekali dengan turbo.

Namun, di zaman modern seperti sekarang turbo dianggap sebagai salah satu solusi sebagai efisiensi mesin.

keunggulan mesin turbo

Mesin Ayla Turbo

Keunggulan Mesin Turbo

Setelah membahas soal cara kerja dan fungsi turbo pada mobil kini masuk ke keunggulan mesin turbo itu sendiri. Berikut ini penjelasan lengkapnya:

  • Tenaga Jauh Lebih Besar

Keunggulan mesin turbo pertama yang harus Carmudian tahu adalah tenaga yang lebih besar. Kalau Carmudian pernah mencicipi, pasti terbayang seperti apa tenaga yang dihasilkan dari turbonya. Namun bagi mereka yang belum pernah mencoba, akan sulit membayangkannya.

Biasanya beberapa produsen otomotif menyetel timing turbo berbeda-beda. Ada yang sudah mulai aktif di rpm bawah, ada juga yang mulai aktif di rpm tengah. Semuanya tergantung kebutuhan dan setting dari bawaan pabrik.

Namun harus diakui jika mobil bermesin turbo selalu punya kenikmatan tersendiri. Sebab karakter tenaganya bisa didapatkan secara instan dan terkadang mengagetkan.

Mesin Honda City terbaru (Foto: Honda)

Bagi sebagian orang, mobil bermesin turbo juga dianggap mudah untuk dinaikkan performanya. Oleh karena itu, mereka yang mengejar performa bisa memperbesar ukuran turbo.

Semakin besar ukuran turbo maka tenaga yang akan dihasilkan pun menjadi jauh lebih buas.

Pembesaran turbo sendiri biasa terjadi di sebagian orang yang memang menyukai modifikasi pada sektor mesin.

  • Irit Bahan Bakar

Keunggulan lain dari mesin turbo adalah irit konsumsi bahan bakar. Komponen berbentuk seperti keong ini mampu meningkatkan efisiensi bahan bakar.

Pembakaran yang dihasilkan jauh lebih optimal. Sebab gas buang yang tadinya terbuang dimasukkan kembali ke dalam ruang mesin oleh turbo sehingga gas buang yang benar-benar terbuang menjadi lebih sedikit.

Efisiensi inilah yang dikejar dari penggunaan turbo pada mesin mobil. Embusan turbo yang didorong ke dalam mesin membuat mesin tak perlu bersusah payah menghasilkan tenaga. Dorongan yang dihasilkan turbo ini mampu menghasilkan tenaga secara instan.

Pertamax Turbo

Bensin oktan tinggi bisa jadi pengganti campuran Octane Booster )Foto: Pertamina)

Efisiensi yang dihasilkan oleh turbo ini bisa mencapai 20% lebih baik untuk mobil bermesin bensin. Sedangkan turbo pada mobil bermesin diesel tingkat efisiensinya bisa jauh lebih baik, mencapai 40%.

Meskipun begitu, angka efisiensi tersebut bukan hasil mutlak, sebab cara berkendara setiap orang bisa sangat berbeda walaupun jarak tempuhnya sama.

  • Ramah Lingkungan

Seperti sedikit penjelasan yang sudah ada di atas. Gas buang yang seharusnya terbuang malah dimasukkan lagi ke dalam ruang bakar sehingga gas buang yang dihasilkan akan lebih kecil. Efeknya, emisi yang dihasilkan knalpot juga semakin berkurang.

Misalnya turbo yang dipasang pada mesin mobil yang ada di 1.200 cc bisa mengurangi emisi hingga 87 gram per km. Jika tidak menggunakan turbo, angka emisi bisa mencapai dua kalinya atau sekitar 180 gram per km.

Test CR-V Turbo

Di Eropa, seluruh mobil dibatasi gas buangnya hanya di angka 125 gram per km. Sehingga seluruh pabrikan otomotif harus mencari cara bagaimana bisa menghasilkan emisi yang sangat rendah.

Salah satunya adalah dengan penanaman turbo ke mesin mobil yang dijual. Tak heran jika pabrikan mobil Eropa banyak menggunakan turbo pada mobil produksinya.

  • Punya Sensasi Seru

Keunggulan terakhir dari mesin turbo menurut kami adalah sensasinya. Jujur, sensasi mengendarai mesin turbo sangatlah menyenangkan.

Sebab saat turbo bekerja akan terdengar siulan yang berasal dari balik kap mesin. Bagi sebagian mobil yang kabinnya kedap memang suara tersebut bisa saja tidak terdengar.

Namun jika didengarkan secara detail, suara turbo ini terdengar seperti sebuah siulan. Nah, siulan ini yang menghasilkan sensasi mengemudi yang amat menyenangkan.

Bagi sebagian orang, siulan dari turbo ini mampu menambah kesenangan berkendara. Apalagi bagi penggemar modifikasi, wah tidak perlu ditanya lagi deh.

Mesin Suzuki Jimny yang sudah ditambahi turbo. (Foto: Carscoops)

Bagian blow off valve akan diganti dengan perangkat aftermarket. Tujuannya saat turbo aktif, akan berbunyi seperti “stututututu”.

Umumnya pabrikan mobil akan menggunakan blow off valve yang tidak berisik. Tujuannya agar suara mesin tak sampai ke dalam kabin dan mengganggu kenyamanan.

Tapi bagi sebagian orang, suara berisik turbo ini jadi sensasi yang menyenangkan. Carmudian belum pernah coba? Wah, harus coba dulu deh biar tidak penasaran!

Harus diakui, banyak orang yang belum pernah mencoba mesin turbo. Padahal sebenarnya mesin turbo tak seperti seseram yang dibayangkan.

Hanya saja banyak orang Indonesia yang memang belum familiar dengan mesin turbo. Sehingga banyak mobil bermesin turbo yang salah dan kurang perawatan.

Dari keunggulan mesin turbo yang ada di atas, kira-kira Carmudian mau coba membeli mobil dengan mesin turbo atau tidak ya?

Baca Juga:

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Rizen Panji

Hobinya jelas, menghabiskan bahan bakar mesin 6 silinder di akhir pekan. Seleranya juga sudah jelas, mobil tua yang pintunya cuma dua. Oh iya, dirinya sangat mencintai interior mobil yang bersih dan simpel. Kalau ada yang mau ngasih mobil dengan ciri tersebut, akan diterima dengan senang hati..

Related Posts