Mobil

4 Rekomendasi MPV Pintu Geser, dari Termurah sampai Termahal

Mobil MPV (Multi Purpose Vehicle) pintu geser menghadirkan aura kendaraan yang lebih mewah dan unik. Di Indonesia, beberapa ragam model dari berbagai merek bisa jadi rekomendasi untuk Carmudian yang tengah mencari MPV pintu geser.

Alphard dan Vellfire 2021

Toyota Alphard 2021. (Foto: TAM)

Rekomendasi MPV Pintu Geser

Bagi Carmudian yang sedang mencari MPV pintu geser, perlu menyiapkan bujet paling minimal sekitar Rp180 jutaan. Carmudi telah rangkum beberapa MPV pintu geser yang direkomendasikan untuk para calon konsumen.

Honda Freed

Honda Freed. (Foto: Carmudi Indonesia)

Honda Freed bisa dibilang merupakan pioner MPV pintu geser di Indonesia, namun sayangnya mobil tersebut sudah tidak diproduksi lagi. Mobil ini dibenamkan mesin berkapasitas 1.497 cc yang dapat mengeluarkan tenaga sebesar 116,3 hp pada 6.600 rpm dengan torsi puncak 146 Nm pada 4.800 rpm.

Pada bagian eksterior Honda Freed tipe S dan Freed E, terdapat pelek yang terbuat dari bahan alloy, sedangkan Freed A menggunakan pelek berbahan besi.

Selain itu, pada Freed S dan Freed E, terdapat kaca spion yang dilengkapi dengan lampu sein. Beralih ke bagian interiornya, warna material yang digunakan sedikit berbeda pada semua tipenya.

Honda Freed E menggunakan bahan berwarna hitam, sedangkan dua tipe di bawahnya memakai warna ivory two tone.

Di sisi lain, semua tipe mobil ini sudah dilengkapi sabuk pengaman tiga titik di setiap baris bangku, immobilizer, serta auto lock system dengan sensor kecepatan.

Honda Freed E diklaim memiliki fitur yang paling lengkap. Mobil ini punya head unit berukuran 6,1 inci yang sudah didukung pengoperasian layar sentuh, Bluetooth, USB, dan lain-lain. Pabrikan mengatakan perangkat ini ‘Made for iPod & iPhone’.

Honda Freed E juga memiliki fitur AC otomatis dan heater yang eksklusif. Dengan demikian, wajar jika Honda Freed E ini menjadi tipe yang masih cukup banyak dicari hingga saat ini.

Satu-satunya pilihan untuk memiliki Honda Freed adalah dengan membeli versi bekasnya. Dilansir dari situs jual beli mobil bekas Carmudi Indonesia, mobil tersebut dijual dengan harga sekitar Rp120—200 jutaan.

Toyota Sienta

Toyota Sienta Terbaru. (Foto: TAM)

Rekomendasi MPV pintu geser selanjutnya yakni Toyota Sienta. Toyota Sienta terlihat mempunyai tampilan yang tak kalah menarik dari MPV sebelumnya.

Soal dapur pacu, Sienta telah dibenamkan mesin berkapasitas 1.500 cc. Mesin tersebut dapat mengeluarkan tenaga 105 Hp pada 6.000 Rpm dan torsi maksimal 140 Nm pada 4.200 Rpm.

Mobil ini telah mendapat penyegaran pada eksteriornya, di mana grip depan sudah menggunakan desain honeycomb dengan aksen krom yang memberi kesan sporty.

Selain itu, Sienta juga sudah disematkan headlamp yang dibekali lampu proyektor LED dan lampu LED clearance khusus varian Q. Di bagian samping, tidak ada perubahan dari model sebelumnya. Terdapat pegangan pintu yang warnanya senada dengan bodi.

Adapun pintu geser Sienta sudah otomatis untuk memberi kemudahan bagi penumpang saat ingin masuk atau keluar dari mobilnya ini tanpa khawatir terbentur dengan objek lain di sekitarnya.

Di bagian belakang, juga terlihat tidak ada pembaruan. Terdapat stop lamp berdesain lancip yang memanjang sampai ke pintu bagasi dan rear garnish beraksen krom di atas pelat nomor mobil.

Di sisi lain, ruang kabin Sienta terasa luas. Pada bagian dasbor, ada aksen krom dan head unit AVX double DIN berwarna hitam dengan touch screen berukuran 6,8 inci.

Namun, kursi Sienta masih menggunakan bahan fabric. Warna kursinya berwarna lebih gelap dengan perpaduan warna hitam dan burgundy.

Mobil ini sudah disematkan beragam fitur keselamatan handal, mulai dari airbag di bagian depan, rear parking camera, hill start assist untuk mencegah mobil mundur di tanjakan, serta vehicle stability control agar mobil tetap stabil.

Untuk harganya, calon pembeli Sienta perlu menyiapkan bujet yang lumayan. Sienta kini ditawarkan mulai Rp310,2 juta hingga Rp401,9 juta berdasarkan situs resmi Toyota.

Toyota Voxy

Toyota All New Voxy Indonesia (1)

Toyota All New Voxy Indonesia. (Foto: TAM)

Toyota Voxy bisa menjadi pilihan tepat bagi Carmudian yang ingin membeli MPV pintu geser selain Alphard.

Jika Alphard ditawarkan mulai seharga Rp1,1 miliaran, harga Voxy jauh di bawah ini. Dilansir dari situs resmi Toyota, Voxy hanya ditawarkan dalam satu tipe seharga Rp558,2 juta.

Toyota Voxy generasi terbaru telah diluncurkan di Indonesia pada awal 2022. Untuk bagian mesin, mobil ini dibenamkan mesin berkapasitas 1.986 cc di mana dapat mengeluarkan tenaga sebesar 167,6 hp pada 6.600 rpm dan torsi 202 Nm pada 4.900 rpm.

Di bagian eksterior, terdapat desain gril, lampu depan, lampu belakang, serta spion yang baru. Selain itu, bagian samping mobil ini dibekali pelek berukuran 17 inci.

Kedua pintu geser di bagian samping sudah dilengkapi sensor gerak kaki. Untuk power back door, disematkan tombol pembuka di bagian samping.

Ruang kabin Voxy sendiri dapat menampung hingga tujuh orang penumpang. Pihak Toyota membekali mobil ini dengan beberapa konfigurasi cukup fleksibel, misal bangku baris ketiga yang bisa dilipat ke atas.

Tak hanya itu, Voxy terbaru dilengkapi beragam fitur untuk kenyamanan pengguna, antara lain panoramic view monitor, panel instrumen digital 7 inci dengan head up display, head unit 9 inci, rear seat entertainment 11,6 inci, air purifier, wireless charger, serta 6 lubang USB.

Toyota Alphard

Toyota Alphard 2021. (Foto: TAM)

Selanjutnya, MPV pintu geser terakhir yang direkomendasikan yakni Toyota Alphard. Sempat disinggung sebelumnya, bahwa Alphard ditawarkan dengan harga sangat tinggi, mulai Rp1,1 miliaran, lebih tepatnya Rp1,133 miliar hingga Rp1,561 miliar berdasarkan situs resmi Toyota.

Alphard terbaru telah hadir dengan sedikit pembaruan. Mengenai dapur pacu, mobil ini mempunyai dua pilihan mesin. Pertama, mesin berkapasitas 2.494 cc yang dapat mengeluarkan tenaga 177,5 hp pada 6.000 rpm dan torsi puncak 234,4 Nm pada 4.100 rpm.

Kedua, mesin berkapasitas 3.456 cc dengan tenaga 295,8 hp pada 6.200 rpm dan torsi 360,8 Nm pada 4.700 rpm. Eksteriornya sendiri tidak mengalami perubahan dari model sebelumnya.

Alphard disematkan kaca spion elektrik, lampu sein berdesain modern, serta lampu spoiler di bagian belakang mobil.

Di bagian samping, terdapat pelek berukuran 18 inci yang diklaim dapat menahan bobot mobil dengan sangat baik. Beralih ke bagian interiornya, masih sama dengan model sebelumnya.

Terdapat head unit dengan touch screen yang mudah dipahami bagi pengguna untuk mengatur beberapa fitur di mobilnya.

Selain itu, Alphard terbaru mendapat fitur Adaptive Cruise Control (ACC) yang sudah mengalami penyempurnaan. Fitur ACC ini dapat aktif pada kecepatan 0 km/jam, di mana sebelumnya harus melaju di kecepatan 50 km/jam.

Penyempurnaan pada fitur ACC semakin menjamin kenyamanan pengguna, sekaligus meningkatkan keselamatannya.

Nadya Andari

Memulai karir sebagai Content Writer di Carmudi Indonesia sejak awal tahun 2019. Lulusan Desain Komunikasi Visual yang suka sekali menulis, seperti cerpen, artikel, dan sebagainya.
Follow Me:

Related Posts

/