Sumber informasi

5 Cara Mencari Pom Bensin Terdekat dengan HP, Gampang!

Mencari pom bensin kini bisa dilakukan secara mudah, cukup menggunakan HP (Handphone). Simak terus mengenai cara mencari pom bensin terdekat dengan HP di artikel berikut ini.

HP kini sudah semakin canggih, di mana orang-orang yang memilikinya bisa mencari informasi apapun, termasuk lokasi pom bensin terdekat.

mencari pom bensin terdekat

Mencari pom bensin terdekat semakin mudah dengan menggunakan HP. (Foto: Pertamina)

Hal ini tentu membantu para pengguna kendaraan yang memiliki mobilitas tinggi. Mereka tidak perlu kesulitan mencari pom bensin terdekat untuk mengisi bahan bakar kendaraannya yang sering habis.

Sekarang ini, pom bensin sudah tersebar di seluruh Indonesia, sehingga Carmudian tak perlu khawatir tidak akan menemukan pom bensin di dekatnya. Ditambah, lokasinya sendiri bisa dicari dengan mudah lewat HP.

Cara Mencari Pom Bensin Terdekat dengan HP

Cara mencari pom bensin terdekat dengan menggunakan HP. (Foto: Pertamina)

Carmudi telah rangkum beberapa cara mencari pom bensin terdekat dengan HP sebagaimana dilansir dari berbagai sumber.

Cari Pom Bensin Lewat Situs Pertamina Retail

Berikut ini cara mencari pom bensin atau SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum) terdekat dari lokasi Carmudian lewat situs Pertamina retail.

  1. Membuka situs https://pertaminaretail.com/jaringan-dan-fasilitas/ pada aplikasi browser di HP.
  2. Pilih provinsi tempat Carmudian tinggal, dan akan muncul daftar SPBU terdekat.

Bagi yang mencari SPBU terdekat di provinsi tertentu seperti Jakarta atau Jawa Barat lewat situs ini, biasanya terdapat kode angka 31.

Cara mencari pom bensin terdekat

SPBU Pertamina. (Foto: Ilustrasi)

Carmudian yang sering mengisi bahan bakar di SPBU Pertamina pasti tidak merasa asing dengan kode tersebut.

Kode 31 memiliki arti di baliknya. Angka pertama pada kode ini merupakan penanda lokasi atau regional wilayah kerja Pertamina, sedangkan angka kedua adalah penanda kepemilikan SPBU.

Umumnya, wilayah kerja Pertamina untuk pulau Jawa terbagi dalam tiga regional, yaitu 3, 4, dan 5. Contohnya, Jakarta yang termasuk dalam regional 3, maka kode angka depan pada SPBU Pertamina di provinsi tersebut yakni 3.

Selain itu, terdapat tiga jenis SPBU berdasarkan kepemilikan dan pengelolaannya.

Salah satu jenisnya adalah Corporate Owner Corporate Operate (COCO) di mana merupakan SPBU yang kepemilikan maupun operasionalnya dilakukan secara langsung oleh Pertamina melalui anak perusahaan PT Pertamina Retail.

Untuk SPBU yang dikelola oleh COCO, mempunyai kode “1” pada angka kedua.

Cari Pom Bensin Lewat Google Pencarian

Selain Situs Pertamina, ada juga cara kedua mencari pom bensin terdekat, yaitu melalui mesin pencari Google.

Langkah-langkah mencari pom bensin melalui mesin pencari Google:

  1. Membuka aplikasi browser di HP.
  2. Kunjungi halaman Google.
  3. Selanjutnya, isi kata kunci “pom bensin terdekat” atau “SPBU Pertamina terdekat”.
  4. Bisa juga isi kata kuncinya dengan provinsi tempat Carmudian tinggal. Misalnya, ‘pom bensin terdekat di Jakarta’ dan semacamnya.
  5. Setelah itu, pilih menu search atau cari.
  6. Nantinya, akan muncul daftar pom bensin atau SPBU Pertamina terdekat yang sesuai kemauan Carmudian.
  7. Jika ingin mengunjungi pom bensinnya, pilih salah satu dari daftar tersebut, lalu klik menu rute.
  8. Setelahnya, Carmudian bisa menunggu arahan dari Google Maps di mana akan menampilkan rute untuk menuju ke lokasi pom bensinnya.

Lewat Google Assistant

Tak hanya Google pencarian, Carmudian ternyata juga bisa mencari pom bensin terdekat lewat Google Assistant di HP android.

Google Assistant adalah sebuah asisten virtual yang dikembangkan oleh Google untuk memudahkan pengguna yang ingin mencari informasi apapun, termasuk lokasi pom bensin terdekat.

Dengan adanya Google Assistant, Carmudian tidak perlu kesulitan mengetik kata kunci dalam mesin pencari Google. Carmudian hanya perlu mengatakan ‘Ok Google’, dan fitur tersebut akan memberitahu informasi yang dibutuhkan Carmudian.

Cara dan langkah-langkah mencari pom bensin terdekat dengan Google Assistant:

  1. Pertama, pastikan Fitur Assistant Voice Match di HP Carmudian aktif.
  2. Ucapkan ‘Ok Google’.
  3. Kemudian, Carmudian ucapkan pom bensin terdekat.
  4. Setelah hasilnya keluar, pilih salah satu jika ingin kunjungi pom bensinnya.
  5. Pilih rute.
  6. Kemudian, tunggu arahan dari Google Maps untuk tahu rute jalan ke lokasi pom bensinnya.

Lewat Google Maps

Cara mencari pom bensin terdekat dengan Google Maps

Ilustrasi Google Maps. (Foto: Ilustrasi)

Pilihan selanjutnya untuk mencari pom bensin terdekat adalah menggunakan Google Maps.

Cara dan langkah-langkah mencari pom bensin dengan Google Maps:

  1. Buka aplikasi Google Maps pada HP Carmudian, pastikan Location atau GPS-nya sudah aktif.
  2. Pilih search atau kolom pencarian, kemudian ketik “pom bensin terdekat”.
  3. Pilih direction atau rute menuju pom bensinnya jika ingin datang ke sana.

Lewat Aplikasi My Pertamina

Cara terakhir untuk mencari pom bensin terdekat yakni melalui aplikasi My Pertamina. Sesuai namanya, aplikasi tersebut hanya menampilkan informasi terkait dengan pom bensin atau SPBU milik pertamina. Namun, hampir semua SPBU di Tanah Air milik pertamina.

Aplikasi ini diciptakan untuk membantu para pengguna kendaraan yang ingin mencari berbagai informasi, seperti salah satunya lokasi SPBU Pertamina terdekat.

Jika ingin menggunakan aplikasi My Pertamina, Carmudian harus mengunduh aplikasi ini terlebih dahulu lewat Play Store. Setelah diunduh, Carmudian baru bisa menggunakan aplikasinya untuk mencari SPBU terdekat.

Cara menggunakan My Pertamina mudah. Pertama, aktifkan GPS, kemudian buka aplikasinya, dan cari lokasi SPBU terdekat.

Nantinya, akan muncul daftar SPBU Pertamina terdekat dari lokasi Carmudian beserta alamat dan jaraknya yang menjadi keunggulan aplikasi My Pertamina.

Tak hanya itu, dengan menggunakan aplikasi tersebut, Carmudian juga bisa memanfaatkan fitur Delivery Service untuk membeli bahan bakar, gas, dan oli pelumas.

Jika kendaraan Carmudian tiba-tiba mogok di jalan, tidak perlu khawatir. Pertamina bisa segera mengantar bensin ke lokasi Carmudian jika menggunakan fitur Delivery Service pada aplikasinya.

Fasilitas di Pom Bensin

Ilustrasi pengisian bahan bakar mobil.

Ilustrasi pengisian bahan bakar mobil. (Foto: Pertamina)

Sebagian besar orang mencari pom bensin untuk mengisi bahan bakar kendaraannya. Namun, ada juga sebagian orang yang mencari pom bensin untuk memenuhi kebutuhan lain seperti shalat, isi angin ban, dan lain-lain.

Pom bensin punya beragam fasilitas untuk memanjakan konsumen yang berkunjung. Berikut ini adalah fasilitas-fasilitas yang ada di pom bensin.

  • Fasilitas Isi Angin dan Air Radiator

Fasilitas pertama yang pastinya selalu ada di pom bensin yaitu pengisian angin dan air radiator. Dengan adanya fasilitas ini, Carmudian bisa mengisi angin pada ban kendaraannya jika dinilai sudah mulai kempes.

  • Fasilitas Toilet

Toilet juga termasuk fasilitas yang pasti ada di setiap pom bensin. Fasilitas toilet di pom bensin biasanya bersih karena ada pengurus yang rutin membersihkannya.

  • Fasilitas Tempat Ibadah

Fasilitas tempat ibadah seperti mushola biasanya ada di setiap pom bensin di Indonesia yang mayoritas masyarakatnya beragama Islam.

Dengan adanya fasilitas tersebut, para pengguna kendaraan tak perlu khawatir ketinggalan shalat karena bisa mampir ke pom bensin terdekat untuk melakukan ibadahnya.

  • Minimarket

Pada umumnya, minimarket di pom bensin menjual barang seperti oli dan sebagainya.

Namun, kebanyakan minimarket di pom bensin kini juga menyediakan berbagai makanan ataupun minuman seperti minimarket pada umumnya.

  • Tempat Istirahat

Tak ketinggalan, pom bensin turut menyediakan tempat istirahat seperti tempat duduk, gardu, dan lainnya yang bisa digunakan untuk beristirahat.

  • ATM

Ada pula sebagian pemilik kendaraan yang datang ke pom bensin untuk menggunakan fasilitas ATM di sana. Biasanya, ada minimal satu ATM untuk pom bensin yang kecil, dan lebih dari satu ATM untuk pom bensin besar.

Penulis: Nadya Andari
Editor: Dimas

Nadya Andari

Memulai karir sebagai Content Writer di Carmudi Indonesia sejak awal tahun 2019. Lulusan Desain Komunikasi Visual yang suka sekali menulis, seperti cerpen, artikel, dan sebagainya.
Follow Me:

Related Posts