BeritaMobil

5 Hal yang Harus Diketahui Sebelum Membeli Toyota Vios Terbaru

Jakarta – Mengawali 2018, PT Toyota Astra Motor (TAM) meluncurkan Yaris terbaru pada Februari lalu. Hanya berjarak satu bulan saja, TAM kembali menghadirkan produk terbaru, kali ini datang dari segmen sedan yaitu Vios.

Berkonsep Advance and Emotional, sekarang Toyota Vios terbaru punya tampilan eksterior dan interior yang lebih segar dibanding model sebelumnya. Satu yang paling menarik di Vios terbaru ini adalah bertambahnya fitur keamanan.

Fitur ini diklaim mampu melindungi penumpang di kabin mobil dari cedera parah ketika terjadi kecelakaan.

“New Vios hadir dengan Advance dan Emotional desain serta Top Class Safety terlengkap yang tersedia pada seluruh grade New Vios,” kata Vice President Director TAM Henry Tanoto, Selasa (3/4).

Dengan tampang Vios yang lebih segar, TAM berharap dapat menarik minat konsumen untuk membelinya. Apalagi saat ini pemerintah dalam hal ini Kementerian Perindustrian tengah berupaya untuk menurunkan pajak sedan.

Nah bagi Anda yang tertarik dan sudah memiliki rencana untuk membeli Toyota Vios terbaru, ada lima hal yang perlu diketahui terlebih dulu. Berikut penjelasan singkatnya:

1. Perubahan Eksterior

Jika dibandingkan dengan Vios model lama, perubahan yang paling jelas terlihat ada pada bagian grill. Toyota Vios terbaru kini punya desain grill baru dengan garis horizontal berukuran besar, memberikan kesan lebih lebar dan modern.

Warna Baru Dark Blue Mica Metallic (Foto: TAM)

Lampu depan ikut mengalami perubahan desain sehingga membuatnya terlihat lebih tajam dan sporty. Bergeser ke bagian belakang, Vios terbaru juga diengkapi lampu LED yang dipadu dengan desain rumah lampu terbaru yang lebih besar dan melebar.

Toyota Vios terbaru ditawarkan dengan 6 pilihan warna body seperti, Silver Metallic, Attitude Black Mica, Dark Grey Metallic, Red Mica Metallic, Quartz Brown dan warna baru Dark Blue Mica Metallic.

2. Interior Lebih Nyaman

Mengusung tema Elegant and Comfort, interior Vios terbaru mendapat warna beige yang memancarkan aroma mewah di kabin. Tak hanya itu baik penumpang maupun pengemudi sekarang tambah nyaman oleh kehadiran sistem hiburan yang lebih terdepan.

Khusus Vios tipe G Toyota menyematkan sistem hiburan berupa speaker 7 inchi HD Display, DVD, Radio FM/AM, USB, AUX, HDMI, BLUETOOTH (audio dan phone), iPod Read dan Miracast.

Selain itu, dilengkapi juga dengan internet connectivity tercanggih di kelasnya seperti Weblink, Multitasking Window dan Remote Apps melalui Smartphone.

Interior Toyota Vios Terbaru (Foto: TAM)

Untuk memberikan rasa nyaman yang lebih ketika berkendara jarak dekat maupun jauh. Toyota merancang jok Vios terbaru sedemikian rupa dengan sandaran kepala dibuat agak kebelakang.

Menggunakan material khusus supaya kursi bisa menyerap secara penuh tubuh pengendara dan penumpang. Perubahan juga dilakukan pada struktur kursi bagian bawah paha penumpang untuk memberikan posisi lebih baik dan nyaman.

3. Fitur Keamanan

Toyota Vios terbaru semakin lengkap dengan adanya tambahan fitur keamanan di kabin. Seperti peningkatan jumlah airbag menjadi 7, yaitu SRS Driver Passenger, SRS Side Airbags, SRS Curtain Shield Airbags (CSA), dan SRS Knee Airbags.

Lalu terdapat pula fitur lain yaitu Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA) dan Emergency Brake Signal (EBS). Tidak ketinggalan, sebagai fitur keamanan standar mobil ini juga dilengkapi dengan 3 point seatbelt pada semua kursi penumpang.

Air Bag Toyota Vios Terbaru (Foto: TAM)

“Hadirnya fitur keselamatan yang semakin lengkap pada New Vios ini merupakan bentuk komitmen kami untuk menjadikan keselamatan sebagai salah satu fokus utama Toyota, dengan tetap memperhatikan kenyamanan berkendara,” kata Henry.

4. Mesin Tidak Berubah

Walaupun punya tampang lebih segar, Toyota tidak memperbarui mesin Vios terbaru. Toyota masih mengandalkan mesin 2NR-FE dengan teknologi dual VVT-i dengan kapasitas 1,496 cc. Mesin ini mampu menghembuskan tenaga sekuat 107 ps dan torsi puncak 14,3 kgm. Toyota mengklaim akselerasi mobil ini lebih baik dibandingkan model sebelumnya. Sebagai pelengkap Vios terbaru juga telah mengadopsi fitur Eco/Sport drive mode dan Paddle shift.

5. Harga Naik

Toyota Vios terbaru tersedia dalam 4 empat varian, yaitu E M/T Rp291,1 juta, E CVT Rp304,1 juta, G M/T Rp309,9 juta, dan varian tertinggi dijual dengan harga G CVT Rp326 juta. Bila dibandingkan dengan Vios model lama harganya mengalami kenaikan sekira Rp14,9 juta.

“Berbagai improvement tidak hanya dilakukan untuk meningkatkan Total Ownership Experience dan Peace of Mind bagi pelanggan melalui 319 outlet Toyota yang tersebar di seluruh Indonesia, tapi juga diharapkan bisa mendorong pertumbuhan pasar sedan secara nasional,” tutup Henry.(dol)

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts