Home » Sumber informasi » Ingin Pergi Liburan? Berikut 5 Mobil MPV Pilihan untuk ke Luar Kota

Ingin Pergi Liburan? Berikut 5 Mobil MPV Pilihan untuk ke Luar Kota

Jakarta – Liburan menjadi hal yang ditunggu-tunggu setiap orang. Berwisata bersama keluarga ke luar kota menjadi salah satu pilihan menarik untuk menghabiskan waktu liburan. Tipe mobil yang dinilai ideal atau disebut mobil keluarga dan ke luar kota adalah Multi Purpose Vehicle (MPV).

MPV dinilai memiliki kriteria ideal juga untuk dibawa berkendara jarak jauh. Hal tersebut ditunjang dengan ruang kabin yang luas untuk menampung penumpang sekeluarga (7 orang) dan banyak barang bawaan. Selain itu, mesin yang terbilang cukup bertenaga dengan konsumsi bahan bakar irit menjadi kriteria penting untuk mobil yang dibawa ke luar kota. Jadi tak heran kalau MPV menjadi pilihan utama sebagai kendaraan keluarga untuk pergi liburan ke luar kota.

Berikut rekomendasi MPV terbaik untuk liburan ke luar kota dari Carmudi:

Mitsubishi Xpander

Mitsubishi Xpander. Foto/Carmudi.

Mitsubishi Xpander menjadi salah satu model mobil paling digemari oleh konsumen Tanah Air saat ini. Pasalnya, Low MPV ini tidak hanya memiliki berbagai fitur canggih, namun juga dikenal tangguh. Seperti mobil MPV pada umumnya, Mitsubishi Xpander memiliki ground clearance hingga 205 mm dan tersedia tipe Ultimate, Sport dan Exceed. Berbekal roda berdiameter 16 inci, berkendara dengan mobil ini bisa lebih percaya diri untuk menempuh segala medan.

Oleh karena itu, Mitsubishi Xpander dinilai cocok untuk dibawa berkendara ke luar kota dan melibas medan jalan medium seperti tanah dan bebatuan.

Soal mesin, Mitsubishi Xpander memiliki kapasitas mesin sebesar 1.500 cc yang sudah dilengkapi teknologi MIVEC DOHC dengan dua pilihan transmisi, manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan.

Toyota Avanza

Tampilan Toyota Avanza.

Dikenal sebagai “mobil sejuta umat”, Toyota Avanza menjadi pilihan mobil yang tepat sebagai kendaraan keluarga untuk berlibur ke luar kota. Toyota Avanza dibekali dua pilihan mesin, yaitu mesin berkapasitas 1.300 cc dan 1.500 cc. Selain itu, seperti Xpander, Toyota Avanza juga memiliki ground clearance yang cukup tinggi, yakni mencapai 200 mm.

Keunggulan lain pada mobil Low MPV ini adalah konsumsi bahan bakarnya yang irit dibanding para kompetitornya. Di sisi lain, Avanza telah dibekali dengan suspensi MacPherson Strut di bagian depan dan per koil pada suspensi belakang.

Suzuki Ertiga

Suzuki Ertiga.

Mobil andalan Suzuki ini bisa menjadi pilihan mobil Low MPV lainnya yang tepat untuk liburan ke luar kota. Suzuki Ertiga memiliki ukuran panjang 4.265 mm, lebar 1.695 mm, dan tinggi 1.685 mm. Dengan dimensi tersebut, mobil ini bisa menampung 7 orang penumpang.

Untuk ground clearance-nya sendiri, Suzuki Ertiga memiliki tinggi 185 mm. Pada bagian kabin di bangku tengah dan belakang, dapat di-split dengan rasio 50:50. Oleh karena itu, pengguna mobil ini dapat membawa banyak barang saat liburan ke luar kota dengan melipat kursi di bagian belakang.

Berbicara tentang performanya, Suzuki Ertiga telah dibenamkan mesin tipe K14B DOHC 4 silinder segaris 16 katup dengan kapasitas mesin sebesar 1.400 cc. Selain itu, mesin jenis Variable Valve Timing (VVT) ini sudah didukung oleh fitur Multi Point Injection (MPI), Metal Timing Chain, dan Drive Wire Technology.

Honda Mobilio

Honda Indonesia
Honda Mobilio

Pada sisi interior, mobil Low MPV besutan Honda ini memiliki ruang kabin yang berukuran luas, sehingga para penumpang mobil ini bisa merasa nyaman selama perjalanan, khususnya saat perjalanan jauh ke luar kota. Dari segi dimensi, Honda Mobilio memiliki ukuran panjang 4.386 mm, lebar 1.683 mm, dan tinggi 1.603 mm.

Selain itu, Mobilio juga memiliki ruang bagasi yang luas untuk memuat barang bawaan yang banyak. Keunggulan lainnya pada Mobilio adalah memiliki konsumsi bahan bakarnya yang irit. Honda Mobilio telah dibenamkan mesin berkapasitas 1,5 Liter, i-VTEC SOHC 4 silinder segaris dengan 16 katup. Dengan dibekali mesin tersebut, mobil ini dapat menghasilkan daya sebesar 116 Hp dan torsi maksimal 145 Nm.

Meskipun memiliki daya dan torsi yang terbilang besar, tidak berpengaruh pada konsumsi bahan bakar Mobilio. Pihak Honda telah membekali mobil ini dengan fitur CVT (Continuous Variable Transmission) yang membuat perpindahan giginya sangat halus sehingga konsumsi bahan bakarnya bisa menjadi lebih irit.

Daihatsu Xenia

Daihatsu Xenia.

Pilihan mobil yang tepat untuk liburan ke luar kota kelima adalah Daihatsu Xenia. Secara desain, Xenia tidak jauh berbeda dengan Toyota Avanza. Keduanya memiliki konsep desain yang stylish, serta mengutamakan kenyamanan pengguna mobil.

Daihatsu Xenia memiliki ukuran panjang 4.140 mm, lebar 1.660 mm dan tinggi 1.695 mm. Untuk mesinnya sendiri, telah dibenamkan tipe terbaru, yaitu dual VVT-I 4 silinder (khusus tipe R dan X) yang memiliki torsi jauh lebih responsif dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Selain itu, Xenia memiliki radius putar sebesar 4,7 m.

Demikian tadi pilihan mobil Low MPV yang bisa menjadi pilihan tepat untuk liburan ke luar kota. Kelima rekomendasi tersebut merupakan hasil rangkuman tim editorial dan reviewer Carmudi.

Selamat berlibur!

 

Penulis: Nadya Andari

Editor: Lesmana/Dimas

Baca Juga:

Tak Sedikit Konsumen Gandrung dengan Honda HR-V, Ini Alasannya

Previous post
Lebih dari 1.000 Unit Mitsubishi Xpander Cross Sudah Dipesan
Kawasaki W175 TR
Next post
Yamaha XSR155 Hadir, Kawasaki Merasa Terganggu?