Mobil

5 Mobil Sport Murah Di Bawah Rp200 Juta

Mobil sport adalah jenis mobil yang diimpikan banyak orang. Namun, harganya sangat mahal sehingga sulit untuk dimiliki. Namun, ada beberapa mobil sport yang dijual dengan harga di bawah Rp200 juta. Mobil-mobil ini merupakan versi lama atau bekas.

Harga beberapa mobil sport dari berbagai merek mengalami penurunan yang cukup signifikan setiap tahun, sehingga versi bekas mobil ini pun ada yang seharga mobil biasa, di bawah Rp200 jutaan.

Kia Stinger

Mobil sport murah di bawah Rp200 juta, spesifikasi mumpuni dan harga mirip LCGC. (Foto: caradvice)

Di Indonesia, harga mobil sport bekas sama dengan harga mobil LCGC (Low Cost Green Car) yang rata-rata mempunyai harga jual berkisar Rp100 hingga 200 jutaan.

Dari segi spesifikasi, mobil-mobil sport bekas dinilai masih mumpuni. Mobil-mobil tersebut memiliki desain yang terlihat modern, kekinian, dan stylish. Beberapa dari mobil sport bekas juga ada yang memiliki ciri khas unik.

Selain itu, mobil ini dibenamkan mesin yang handal serta dilengkapi berbagai fitur canggih untuk menjamin kenyamanan dan keselamatan pengemudi dan penumpangnya.

Berikut ini adalah daftar mobil sport murah yang harganya di bawah Rp200 jutaan.

Daftar Mobil Sport Murah 2021

  1. Mazda RX-8 2005 (Rp190-200 Jutaan)

Mazda RX-8, punya mesin rotary dan pintu bergaya suicide door.

Mazda RX-8 2005 punya mesin rotary dan pintu bergaya suicide door. Harga mobil sport ini di bawah Rp200 juta. (Foto: Ilustrasi)

Mobil sport murah pertama yang Carmudi bahas adalah Mazda RX-8 keluaran tahun 2005. Jika melihat tampilan eksteriornya secara keseluruhan, mobil tersebut tidak hanya terlihat sangat keren, tapi juga stylish dan modern.

Mazda RX-8 2005 memiliki lampu berbentuk runcing dengan sudut tajam yang terkesan agresif. Tak ketinggalan, mobil sport ini juga mempunyai konfigurasi pintu unik yang digolongkan dalam segmen coupe sports cars.

Dari segi dimensi, Mazda RX-8 2005 memiliki ukuran panjang 4.470 mm, lebar 1.770 mm dan tinggi 1.340 mm. Ciri khas dari mobil ini yaitu mempunyai model pintu belakang terbuka yang berlawanan arah dengan pintu depan alias suicide door.

Model pintu tersebut memang dinilai aneh oleh kebanyakan orang, namun tetap menarik minat para calon konsumen untuk memiliki Mazda RX-8 2005, khususnya kawula muda.

Selain itu, mobil ini dapat memuat hingga 4 orang. Ini menjadi keunggulan yang jarang dimiliki kebanyakan mobil sport, dimana hanya bisa memuat dua orang, 1 pengemudi dan 1 penumpang.

Di masa sekarang pun, mobil sport dengan kapasitas 4 orang jarang ditemui. Di sisi lain, Mazda RX-8 2005 dibenamkan mesin dengan kapasitas cukup kecil, yakni hanya 1.300 cc. Mesin mobil ini adalah tipe renesis atau wankel rotary.

Sebagai informasi, mesin tersebut merupakan mesin yang terakhir kali dipakai oleh Mazda untuk mobil buatannya. Mesin Mazda RX-8 2005 dapat mengeluarkan tenaga sebesar 189 sampai 238 hp serta torsi maksimal 215 Nm pada putaran mesin 5.500 rpm.

Untuk transmisi yang digunakan mobil ini, antara lain transmisi manual 5 percepatan, 6 percepatan, otomatis 4 dan 6 percepatan.

Pada bagian suspensi RX-8 2005, menggunakan suspensi double wishbone di bagian depan dan multi-link pada bagian belakang. Untuk menjamin handling mobil tersebut yang mumpuni, turut disematkan fitur limited slip differential agar tidak terjadi kecelakaan selama berkendara.

Bagi yang tertarik membeli Mazda RX-8 2005, dapat beli mobil ini di berbagai situs jual beli mobil bekas, salah satunya yang direkomendasikan adalah Carmudi Indonesia.

Berdasarkan situs Carmudi Indonesia, Mazda RX-8 2005 dijual mulai seharga Rp190 hingga 200 jutaan.

  1. Toyota Celica (Rp170 Jutaan)

Chevrolet Camaro ditawarkan dengan harga di bawah Rp200 juta. (Foto: drivemag)

Mobil sport murah selanjutnya adalah Toyota Celica. Mobil ini merupakan sebuah mobil sport coupe yang diproduksi sejak 1970 silam hingga 2006.

Secara keseluruhan, terdapat 7 generasi Toyota Celica dengan total produksi yang mencapai lebih dari 4,1 juta unit. Mobil sport ini memiliki ukuran panjang 4.331 mm, lebar 1.735 mm, dan tinggi 1.306 mm.

Celica terlihat sangat agresif dari adanya headlamp berukuran besar dengan sudut-sudut agak tajam. Di sisi lain, Toyota Celica generasi keenam mempunyai desain eksterior yang terkesan menarik dengan disematkan empat buah lampu depan yang berbentuk bulat.

Ini menjadi keunikan yang dimiliki Toyota Celica tersebut dan jarang dimiliki mobil sport lainnya. Pada bagian fitur, Celica sudah disematkan Cruise Control yang berfungsi untuk melajukan mobil sesuai dengan keinginan pengemudi.

Turut disematkan seatbelt di setiap kursi Celica yang sudah didukung fitur Pretensioners dan Force Limiters guna menjamin keselamatan pengguna mobil ini selama perjalanan.

Di sisi lain, mobil tersebut telah dibenamkan mesin handal berupa mesin tipe 2ZZ-GE berkapasitas 1.796 cc yang dapat mengeluarkan tenaga sebesar 135 hp pada putaran mesin 7.600 rpm serta torsi maksimal 6.800 rpm.

Untuk bagian transmisi, Celica mengandalkan sistem manual 5 percepatan dan 6 percepatan, serta otomatis 4 percepatan.

Untuk menunjang keamanan berkendara di medan jalan yang bergeronjal atau tidak rata, mobil tersebut sudah disematkan dua suspensi mumpuni, yaitu independent Macpherson strut with stabilizer bars di bagian depan serta double wishbone with stabilizer bar pada bagian belakang.

Dilansir dari berbagai situs jual mobil bekas, Toyota Celica dijual dengan harga di bawah Rp200 juta, yakni mulai seharga Rp170 jutaan. Mobil tersebut bisa menjadi pilihan tepat bagi Carmudian yang menginginkan mobil sport dengan harga terjangkau.

  1. Hyundai Tiburon (Rp135-180 Jutaan)

Hyundai Tiburon sering disebut sebagai Hyundai Coupe. (Foto: Pinterest)

Hyundai Tiburon dikenal juga dengan nama Hyundai Coupe. Tiburon merupakan mobil keluaran tahun 1996 sampai 2008. Mobil tersebut ditawarkan dalam dua tipe, yaitu tipe RD dan GK.

Sebagai informasi, nama Tiburon yang memiliki arti ‘hiu’ dalam Bahasa Spanyol. Nama mobil tersebut digunakan di pasar otomotif di beberapa negara seperti Australia, Selandia Baru, Austria, Afrika Selatan, dan Amerika Utara.

Hyundai Tiburon hanya memiliki dua pintu yang membuat mobil sport ini terkesan sangat eksklusif. Dari segi dimensi, mobil ini mempunyai ukuran panjang 4.340 mm, lebar 1.730 mm, dan tinggi 1.303 mm.

Desain eksterior Tiburon terlihat modern dan agresif dengan adanya lampu depan yang berbentuk agak menyipit. Desain lampu depan ini mirip seperti yang dimiliki lampu mobil sport lain pada umumnya.

Di sisi lain, Tiburon disematkan beberapa fitur yang mumpuni, seperti anti-lock, tire pressure monitor, dan airbag di bagian samping mobil sebagai fitur keselamatan standar untuk menjamin keselamatan pengemudi serta penumpang selama berkendara agar tidak terjadi hal-hal tidak diinginkan.

Pada bagian mesin mobil tersebut, telah dibenamkan mesin dengan tiga pilihan kapasitas, yakni 1.600 cc, 1.800 cc, dan 2.000 cc. Tipe tertinggi Tiburon dapat mengeluarkan tenaga maksimal sebesar 115 sampai 138 hp serta torsi maksimal 182 Nm.

Tak ketinggalan, mobil ini ditawarkan dalam dua pilihan transmisi, yaitu sistem manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan. Di sisi lain, turut disematkan dua suspensi yang berfungsi untuk memberikan kemudahan bagi pengemudi saat melalui jalan yang penuh bebatuan.

Pada bagian depan, disematkan suspensi Macpherson strut, sedangkan di bagian belakang, menggunakan multi-link. Dilansir dari berbagai situs jual mobil bekas, Hyundai Tiburon dijual seharga mulai dari Rp135 hingga 180 jutaan. Mobil ini cocok dimiliki oleh Carmudian yang menginginkan mobil sport dan memiliki budget pas-pasan.

  1. Chevrolet Camaro (Rp145 Jutaan)

Chevrolet Camaro sering terlihat di beberapa film Holywood tahun 1900-an. (Foto: Ilustrasi)

Mobil sport murah keempat adalah Chevrolet Camaro. Mobil ini seringkali terlihat di beberapa film action Holywood tahun 1900-an.

Tampilan luarnya terlihat sangat maskulin dan gagah sebagai salah satu mobil sport. Chevrolet Camaro memiliki ciri khas yang terletak pada bagian depan mobil ini, dimana bentuknya terlihat seperti mengotak dengan disematkan dua lampu kecil.

Lampu Camaro ini tidak seperti kebanyakan mobil sport lain yang kebanyakan mempunyai lampu dengan dengan sudut-sudut tajam. Di sisi lain, mobil tersebut terlihat agak bongsor dengan memiliki ukuran panjang 4.840 mm, lebar 1.920 mm, serta tinggi 1.380 mm.

Selain itu, Camaro sudah disematkan berbagai fitur handal berupa rool cage sebagai sebuah pengaman untuk melindungi kabin mobil tersebut.

Untuk bagian mesin Chevrolet Camaro, telah dibenamkan mesin tipe L22 250 cu 4,1L. Mesin tersebut dapat mengeluarkan tenaga sebesar 155,5 hp pada putaran mesin 4.200 rpm dan torsi puncak yang mencapai 235 Nm di putaran mesin 1.600 rpm.

Untuk transmisinya, terdapat dua pilihan transmisi, yaitu sistem manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan.

Tak ketinggalan, Camaro sudah mengandalkan suspensi untuk meredam getaran saat melalui jalan penuh bebatuan, yaitu suspensi tipe independent di bagian depan dan belakang yang digabungkan dengan stabilizer.

Bagi yang tertarik memiliki mobil ini, harga Chevrolet Camaro terjangkau untuk model lawasnya. Berdasarkan berbagai situs jual mobil bekas, Camaro tersebut dijual mulai seharga Rp145 jutaan.

  1. BMW 3 Series E90 325i (Rp180 Jutaan)

Mobil sport terakhir yang harganya di bawah Rp200 juta adalah BMW 3 Series E90 325i. BMW 3 Series ini diluncurkan pertama kali pada 2007 lalu.

Mobil tersebut memiliki desain yang terlihat sangat elegan sebagai salah satu mobil sport premium. Dari segi dimensi, E90 325i ini memiliki ukuran panjang 4.520 mm, lebar 1.780 mm, dan tinggi 1.380 mm.

Desain mobil tersebut terlihat sangat menawan dan agresif dengan adanya lampu depan yang didesain agak menyipit. Keunggulan dari E90 325i adalah memiliki 4 kursi sehingga dapat memuat 3 orang penumpang. Kursinya pun terasa empuk dan nyaman saat diduduki.

Tak hanya itu, mobil tersebut disematkan beberapa fitur canggih berupa Head Protection System yang merupakan struktur tibular untuk melindungi kepala penumpang di kursi depan dan belakang.

Beroperasi bersamaan dengan airbag samping, sistem ini dapat memberikan perlindungan bagi penumpang di kursi depan untuk mencegah benturan samping yang parah jika terjadi tabrakan dengan kendaaraan lain.

Selain itu, E90 325i turut dibenamkan mesin yang handal. Mobil tersebut sudah mengandalkan mesin N46B20 berkapasitas 2.500 cc yang dapat mengeluarkan tenaga sebesar 148 hp pada putaran mesin 6.200 rpm dan torsi maksimal 200 Nm pada putaran mesin 3.600 rpm.

Selain itu, E90 325i mengandalkan transmisi manual 6 percepatan. Untuk suspensinya sendiri, mobil tersebut menggunakan suspensi McPherson strut di bagian depan dan multi-link pada bagian belakang.

Dua suspensi tersebut diklaim dapat membuat mobilnya bisa dibawa berkendara dengan aman di medan jalan yang penuh bebatuan atau bergeronjal sekali pun.

Untuk harganya sendiri, BMW 3 Series E90 325i dibanderol mulai seharga Rp180 juta dilansir dari berbagai situs jual mobil bekas.

Baca Juga:

Penulis: Nadya Andari

Editor: Dimas

Nadya Andari

Memulai karir sebagai Content Writer di Carmudi Indonesia sejak awal tahun 2019. Lulusan Desain Komunikasi Visual yang suka sekali menulis, seperti cerpen, artikel, dan sebagainya.
Follow Me:

Related Posts