Modifikasi

5 Modifikasi Motor NMax dengan Aksesori Plug n’ Play

Semakin banyak aksesori yang beredar di pasaran membuat para pemilik tambah mudah melakukan modifikasi motor Yamaha NMax. Tapi bukan berarti bisa sembarangan pasang, lho!

Dalam dunia modifikasi tetap harus ada konsep yang diusung biar tampilan motor enak dilihat.

Modifikasi Motor NMax

(Foto: Modifikasi Motor Terbaru 2021)

Pada dasarnya Yamaha NMax sendiri sudah memiliki desain yang modern. Motor ini pertama kali meluncur pada 2015 untuk menjadi pesaing Honda PCX.

Berbeda dengan PCX yang mengedepankan sisi elegan, NMax lebih menekankan tampilan bergaya sporty.

Ciri khas nampak dari lekukan bodi yang clean. Kemudian perbedaan paling jelas terdapat di bagian setang.

Produk Yamaha ini menggunakan setang dengan model tertutup. Sementara itu setang PCX dibiarkan telanjang dengan balutan krom.

Maka itu tak salah jika Carmudian memilih tema sporty untuk melakukan modifikasi motor NMax kesayangan. Walaupun kalau diperhatikan banyak juga pemilik yang mengaplikasikan tema touring.

Wajar saja karena Yamaha NMax memiliki bodi gambot. Selain itu motor ini juga menawarkan posisi berkendara yang rileks sehingga cocok untuk digunakan jarak jauh.

Modifikasi Motor NMax dengan Aksesori Plug n’ Play

Tampilan yang keren dan gagah menjadi alasan bagi sebagian orang untuk memilih Yamaha NMax sebagai tunggangan sehari-harinya. Walau begitu tentu ada di antara pemilik yang belum puas akan wujud standar motor ini.

Dari situlah biasanya modifikasi motor NMax bermula. Buat Carmudian yang menyukai kepraktisan maka aksesori plug n’ play adalah jawaban.

Bukan tanpa alasan. Penggunaan aksesori plug n’ play tergolong sangat mudah untuk diterapkan. Pengguna pun tak perlu melakukan kustomisasi khusus pada sepeda motornya agar aksesori bisa dipasang.

Dari segi hasil, jika dieksekusi dengan tepat dampaknya bisa membuat tampilan motor semakin ciamik.

Di era digital seperti saat ini aksesori modifikasi Yamaha NMax bisa didapat dengan mudah. Dari hasil penelusuran Carmudi, barangnya justru cukup mendominasi lapak aksesori di sejumlah situs web jual beli online.

Tapi jangan buru-buru. Tentukan dulu konsep yang akan dipegang kemudian baru pilih kosmetiknya. Adapun rekomendasi aksesorinya adalah sebagai berikut.

Shockbreaker Yamaha NMax

(Foto: Moss Racing)

1. Shockbreaker Belakang

Bantingan shockbreaker belakang yang keras banyak menjadi keluhan para pengguna Yamaha NMax. Hal ini ada benarnya tapi bukan tanpa alasan pabrikan menyajikan setting sedemikian rupa.

Salah satu alasannya adalah untuk membuat handling motor ini lebih tajam yang akan sulit didapat jika shockbreaker terlalu mengayun. Dengan begitu grip roda belakang juga lebih baik ketika menikung.

Shockbreaker belakang bawaan pabriknya sudah dilengkapi dengan tabung. Tapi permasalahannya tidak ada pengaturan keras atau lembutnya.

Bagi mereka yang belum puas bisa melirik produk aftermarket.

Menariknya, Yamaha sendiri telah menyiapkan shockbreaker belakang aftermarket untuk motor ini. Datang dari brand yang sama dengan OEM (Original Equipment Manufacturer), yakni KYB.

Lebih tepatnya adalah KYB Ultimate Series dengan kode part 90798C017400. Shockbreaker ini ditawarkan dengan harga sekitar Rp2,1 juta.

Diketahui karakternya menawarkan bantingan yang lebih empuk dan terdapat fitur pengaturan.

Di luar itu tentunya Carmudian juga bisa mendapatkan produk sejenis dari merek lain.

Windshield

(Foto: Bukalapak)

2. Windshield

Komponen selanjutnya yang sering menjadi sasaran modifikasi motor NMax adalah windshield. Modifikasi pada bagian ini tergolong sangat ringan, tapi bisa memberi dampak perubahan cukup jelas.

Seperti diketahui, Yamaha NMax dibekali windshield yang mengisi tampilan depannya. Pada model lama, bentuk windshield cukup sederhana bahkan cenderung terlihat datar.

Beda halnya pada NMax model baru di mana windshield dibuat agak melengkung di ujung atasnya. Tapi keduanya punya kesamaan, yakni mengguna warna gelap. Sementara itu untuk dimensinya bisa dibilang tanggung.

Modifikasi pada bagian ini dapat dilakukan mengacu pada konsep yang dikejar. Misalnya pengguna ingin kendaraannya terlihat lebih sporty maka bisa menggunakan windshield yang lebih kecil.

Di lain sisi pemilik bisa memilih windshield berukuran besar jika ingin membuat NMax kesayangan lebih siap touring.

Harga windshield NMax sangat variatif. Mulai dari Rp200 ribuan sampai Rp1 juta seperti halnya harga untuk windshield aksesori resmi dari Yamaha.

Nemo adalah salah satu merek yang populer untuk windshield Yamaha NMax.

Top Box Sepeda Motor

(Foto: Webike)

3. Top Box dan Carrier

Seperti sudah disampaikan di awal bahwasanya Yamaha NMax termasuk motor yang cocok untuk digunakan perjalanan jauh. Alasannya tak lain berkat posisi berkendara yang rileks.

Tapi belum sah rasanya jika motor touring tidak dilengkapi tempat penyimpanan yang memadai. Beruntung untuk hal ini NMax memiliki kapasitas bagasi bawah jok yang cukup besar, mencapai 24 liter.

Kapasitas tersebut sama saja untuk NMax model baru atau versi lama. Tapi kalau kapasitas tersebut belum cukup, Carmudian bisa menambahkan top box.

Faktanya pemasangan top box adalah salah satu modifikasi motor NMax yang sangat sering terlihat.

Tapi untuk mengaplikasikannya, pertama-tama Carmudian mesti memasang carrier atau bracket terlebih dahulu. Aksesori ini bisa dibeli dengan harga Rp250 ribuan sampai Rp750 ribuan.

Setelah itu barulah memilih top box yang akan digunakan. Perhatikan ukurannya ketika memilih. Jangan terlalu besar karena akan memengaruhi pengendalian sepeda motor.

Top box dengan kapasitas 30 liter rasanya sudah cukup untuk mengakomodasi kebutuhan touring atau sehari-hari.

Yamaha NMax Eropa

(Foto: Yamaha Europe)

4. Reflektor Samping

Pengen tampilan NMax jadi mirip versi Eropa? Gampang. Coba pasang reflektor atau mata kucing di spakbor belakang.

Buat yang belum tahu, NMax adalah salah satu produk global Yamaha saat ini. Itu berarti pemasaran motor ini tidak hanya terpusat di Indonesia. Melainkan juga di banyak negara lain bahkan sampai Eropa.

Setiap negara tentunya memiliki peraturan yang sedikit berbeda. Karena itu wajar jika kelengkapan yang dimiliki produknya juga tak sama.

Ambil contoh untuk Yamaha NMax yang beredar di Eropa. Kalau diperhatikan dengan seksama, nampak penggunaan reflektor bulat berwarna kuning menempel di samping spakbor belakang.

Bukan tanpa maksud. Keberadaannya bertujuan membuat sepeda motor lebih terlihat dari sisi samping utamanya saat malam hari.

Kelengkapan ini tak dimiliki Yamaha NMax yang dijual di Indonesia. Walau begitu Carmudian bisa saja memasangnya dengan menggunakan aksesori aftermarket.

Kalau menengok ke sejumlah lapak jual beli online, aksesori semacam ini dijual dengan harga antara Rp70 ribuan sampai Rp150 ribuan.

Modifikasi Motor NMax Pakai Decal

5. Modifikasi Motor NMax Pakai Decal Body

Modifikasi yang satu ini mungkin bukan termasuk aksesori, tapi cukup direkomendasikan untuk Carmudian yang ingin mengubah tampilan motornya secara drastis.

Caranya adalah menggunakan decal dengan desain khusus untuk menutupi bodi Yamaha NMax yang polos.

Cara ini bisa menjadi alternatif dibanding harus mengecat ulang atau air brush. Karena jika suatu saat sudah bosan dengan desainnya maka tinggal cabut saja sticker-nya.

Dana yang harus disiapkan untuk modifikasi motor NMax dengan pemasangan decal memang tak bisa dibilang murah. Untuk produk yang memiliki kualitas bagus harganya bisa tembus Rp800 ribu ke atas bahkan sampai Rp1,5 juta untuk seluruh bodi.

Jadi, sudah tahu mau pasang aksesori apa?

Baca Juga:

Penulis: Mada Prastya

Editor: Dimas

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts