Mobil

5 Pilihan Low MPV yang Cocok untuk Liburan Akhir Tahun Saat Pandemi

Jakarta – Musim liburan Natal dan tahun baru sudah di depan mata, segala persiapan pastinya telah dilakukan untuk pergi dengan keluarga tercinta. Pilihan mobil keluarga atau MPV sangatlah pas menemani perjalanan keluarga.

Mobil keluarga atau MPV sangatlah pas sekaligus praktis untuk sarana akomodasi perjalanan jauh. Bila Anda berniat untuk melakukan trade-in atau tukar tambah untuk mobil bekas, inilah saat yang tepat untuk mendapatkan mobil MPV idaman.

Bila Anda menginginkan mobil baru, mungkin sudah “terlambat”, karena akan menunggu kepengurusan surat yang baru bisa didapatkan tahun depan. Sebab terkendala dengan hari libur yang cukup panjang. Mobil bekas merupakan solusi paling pas dalam kondisi seperti ini.

Pilihan mobil MPV dinilai memiliki kriteria ideal juga untuk dibawa berkendara jarak jauh. Hal tersebut ditunjang dengan ruang kabin yang luas untuk menampung penumpang sekeluarga (7 orang) dan banyak barang bawaan.

Selain mesin yang terbilang cukup bertenaga, konsumsi bahan bakar cukup irit menjadi kriteria penting untuk mobil yang dibawa ke luar kota. Tak heran bila mobil jenis MPV menjadi pilihan utama sebagai kendaraan keluarga untuk pergi liburan ke luar kota.

Dipasar mobil bekas ada beberapa merek low MPV yang bisa dijumpai, ada Mitsubishi Xpander, Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga. Kelima mobil ini banyak dijumpai dipasaran mobil bekas.

Namun menurut Sugik salah satu pemilik showroom mobil bekas Artomoro di kawasan Beji, Depok, konsumen banyak yang mencari Xpander. Mereka beralasan salah satunya adalah modelnya yang memberikan penyegaran dari model yang sudah ada sebelumnya.

“Mungkin orang sudah bosan kali ya dengan yang itu-itu saja, kalaupun ada saya pajang di showroom, tidak pakai menunggu lama sudah ditawar orang. Selain modelnya mungkin harga yang stabil tak terlalu turun banyak menjadi salah satu pertimbangan pembeli,” ujarnya.

Sugik juga menambahkan, kalau Xpander mempunyai fitur dan banyak kelebihan lain dibanding kompetitornya. Ini yang membuat nyaman penggunannya dalam melakukan perjalanan liburan.

Memang kalau akhir tahun banyak dimanfaatkan konsumen mencari mobil keluarga untuk berlibur ke luar kota. Hal ini merupakan salah satu solusi untuk mengakomodir liburan luar kota. Pasalnya dalam kondisi pandemi seperti ini Pamerintah menyarankan agar masyarakat yang hendak berpergian lebih baik menggunakan kendaraan pribadi, agar meminimalisir penularan virus Corona.

Berikut rekomendasi LMPV bekas cocok untuk liburan ke luar kota:

Mitsubishi Xpander

Mitsubishi Xpander menjadi salah satu model mobil paling digemari oleh konsumen Tanah Air saat ini. Low MPV ini tidak hanya memiliki berbagai fitur canggih, namun juga dikenal tangguh.

Seperti mobil MPV pada umumnya, Mitsubishi Xpander memiliki ground clearance hingga 205 mm dan tersedia tipe Ultimate, Sport dan Exceed. Berbekal roda berdiameter 16 inci, berkendara dengan mobil ini bisa lebih percaya diri untuk menempuh segala medan.

Mitsubishi Xpander

Mitsubishi Xpander Foto/Carmudi.

Oleh karena itu, Mitsubishi Xpander dinilai cocok untuk dibawa berkendara ke luar kota dan melibas medan jalan medium seperti tanah dan bebatuan.

Soal mesin, Mitsubishi Xpander memiliki kapasitas mesin sebesar 1.500 cc yang sudah dilengkapi teknologi MIVEC DOHC dengan dua pilihan transmisi, manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan. Bicara harga Mitsubishi Xpander tahun 2017 mulai harga Rp 160 jutaan.

Toyota Avanza

Siapa yang tak tahu Toyota Avanza mobil yang dikenal mobil sejuta umat menjadi pilihan mobil yang tepat sebagai kendaraan keluarga untuk berlibur ke luar kota. Toyota Avanza dibekali dua pilihan mesin, yaitu mesin berkapasitas 1.300 cc dan 1.500 cc.

Avanza

Avanza dan Xpander menjadi dua model laris di Yogyakarta (foto: Gogo Mobilindo)

Selain itu, seperti Xpander, Toyota Avanza juga memiliki ground clearance yang cukup tinggi, yakni mencapai 200 mm. Di sisi lain, Avanza telah dibekali dengan suspensi MacPherson Strut di bagian depan dan per koil pada suspensi belakang. Bicara harga untuk Toyota Avanza G AT tahun 2015 dibanderol Rp 130 juta.

Suzuki Ertiga

Mobil Suzuki Ertiga memiliki ukuran panjang 4.265 mm, lebar 1.695 mm, dan tinggi 1.685 mm. Dengan dimensi tersebut, mobil ini bisa menampung 7 orang penumpang.

Untuk ground clearance-nya sendiri, Suzuki Ertiga memiliki tinggi 185 mm. Pada bagian kabin di bangku tengah dan belakang, dapat di-split dengan rasio 50:50. Oleh karena itu, pengguna mobil ini dapat membawa banyak barang saat liburan ke luar kota dengan melipat kursi di bagian belakang.

suzuki Ertiga diesel

Suzuki Ertiga Diesel. Foto/Carmudi.

Berbicara tentang performanya, Suzuki Ertiga telah dibenamkan mesin tipe K14B DOHC 4 silinder segaris 16 katup dengan kapasitas mesin sebesar 1.400 cc. Selain itu, mesin jenis Variable Valve Timing (VVT) ini sudah didukung oleh fitur Multi Point Injection (MPI), Metal Timing Chain, dan Drive Wire Technology.

Daihatsu Xenia

Pilihan berikutnya adalah Daihatsu Xenia. Secara desain, Xenia tidak jauh berbeda dengan Toyota Avanza. Keduanya memiliki konsep desain yang stylish, serta mengutamakan kenyamanan pengguna mobil.

Daihatsu Xenia

Daihatsu Xenia. Foto: Istimewa

Daihatsu Xenia memiliki ukuran panjang 4.140 mm, lebar 1.660 mm dan tinggi 1.695 mm. Untuk mesinnya sendiri, telah dibenamkan tipe terbaru, yaitu dual VVT-I 4 silinder (khusus tipe R dan X) yang memiliki torsi jauh lebih responsif dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Selain itu, Xenia memiliki radius putar sebesar 4,7 m.

Honda Mobilio

Mobil Low MPV besutan Honda ini memiliki ruang kabin yang berukuran luas masih nyaman untuk penumpang didalamnya, khususnya saat perjalanan jauh ke luar kota. Dari segi dimensi, Honda Mobilio memiliki ukuran panjang 4.386 mm, lebar 1.683 mm, dan tinggi 1.603 mm.

Selain itu, Mobilio juga memiliki ruang bagasi yang luas untuk memuat barang bawaan yang banyak. Keunggulan lainnya pada Mobilio adalah memiliki konsumsi bahan bakarnya yang irit. Honda Mobilio telah dibenamkan mesin berkapasitas 1,5 Liter, i-VTEC SOHC 4 silinder segaris dengan 16 katup.

Mobilio

Mobilio Tidak Lagi Jadi Mobil Honda Paling Laris (Foto HPM)

Dengan dibekali mesin tersebut, mobil ini dapat menghasilkan daya sebesar 116 Hp dan torsi maksimal 145 Nm. Meskipun memiliki daya dan torsi yang terbilang besar, tidak berpengaruh pada konsumsi bahan bakar Mobilio.

Honda telah membekali mobil ini dengan fitur CVT (Continuous Variable Transmission) yang membuat perpindahan giginya sangat halus sehingga konsumsi bahan bakarnya bisa menjadi lebih irit. Honda Mobilio AT tahun 2016 dibanderol harga Rp 129 jutaan.

Dari keterangan diatas semoga bisa menginspirasi Anda untuk mencari mobil yang digunakan untuk sarana liburan keluarga, selamat berlibur.

 

Dony Lesmana

Dony Lesman memulai karirnya di dunia jurnalis di Jawa Pos Surabaya 2003. Hijrah ke Jakarta bergabung di majalah Otomotif Ascomaxx dan Motomaxx di 2010. Sempat bergabung di portal berita Sindonews.com di kanal Autotekno hingga 2016 yang mengupas perkembangan otomotif dan teknologi. Terhitung Januari 2017 masuk sebagai tim Journal Carmudi Indonesia yang mengulas dan mempublikasikan berita-berita otomotif terbaru di Indonesia maupun dunia.

Related Posts