Mobil

5 Pilihan Terbaik Mobil Rp60 Jutaan Tahun Muda

Pasar mobil bekas selalu menarik untuk disimak. Pasalnya Carmudian bisa mendapatkan kendaraan di rentang harga berapapun termasuk untuk mobil Rp60 jutaan tahun muda.

Menurut pengamatan, dengan dana sebesar itu sebenarnya Carmudian memiliki beberapa pilihan menarik. Sebut saja Honda Jazz generasi pertama terpantau memiliki harga jual Rp60 jutaan.

Kia Picanto Gen 2

Kia Picanto Gen 2 (Foto: Autoviva)

Kemudian kalau mau cari mobil Eropa bisa mendapatkan BMW E36 dari periode pertengahan 1990-an. Opsi lainnya adalah Mercedes-Benz W210 E230 dari era yang sama juga memiliki harga jual mirip.

Tapi sayangnya tak semua orang mau merawat mobil yang sudah berumur. Ada kalangan yang sebisa mungkin mendapatkan mobil usia muda dengan bujet terbatas di kantongnya. Walaupun itu artinya mesti menjatuhkan pilihan pada mobil-mobil Jepang dari kelas entry level.

Tak ada yang salah dengan pilihan seperti itu. Faktanya memilih mobil dengan usia lebih muda akan mendatangkan sejumlah keuntungan.

Misalnya saja kondisi mesin yang masih “segar”. Kemudian eksterior dan interiornya juga masih terjaga.

Pilihan Mobil Rp60 Jutaan Tahun Muda

Lantas berapa usia mobil bekas yang bisa dikatakan tahun muda?

Sebenarnya tak ada patokan pasti untuk hal tersebut.

Tapi khusus artikel ini pilihannya dibatasi pada mobil-mobil dengan masa produksi 10 tahun terakhir yang artinya maksimal keluaran tahun 2011. Adapun untuk pilihannya bisa Carmudian simak sebagai berikut.

Daihatsu Ayla 2013-2016

Mobil Rp60 Jutaan Tahun Muda

Daihatsu Ayla (Foto: Daihatsu)

Salah satu pilihan yang tersedia jika Carmudian mencari mobil Rp60 jutaan tahun muda adalah Daihatsu Ayla. Khususnya model dari awal-awal tahun produksi.

Dengan bujet sebesar itu Anda bisa mendapatkan Daihatsu Ayla tipe M dengan transmisi manual. Sebagai informasi, tipe adalah varian menengah yang sudah dilengkapi gagang pintu dan spion sewarna bodi.

Kemudian interiornya juga sudah menggunakan bahan kain. Beda hal dengan varian di bawahnya, yaitu D dan D+ yang masih menggunakan bahan vinil. Pada tipe M ini Carmudian juga akan mendapat central lock dan power window.

Suzuki Karimun Wagon R 2013-2014

Mobil Rp60 Jutaan Tahun Muda - Karimun Wagon R

Suzuki Karimun Wagon R (Foto: Suzuki)

Suzuki Karimun Wagon R pertama kali diperkenalkan tahun 2013 dalam sebuah pameran otomotif di Kemayoran, Jakarta. Untuk model keluaran tahun awal kini terpantau memiliki harga jual di angka Rp60 jutaan.

Pada saat diluncurkan Suzuki Karimun Wagon R hadir dalam tiga varian, yaitu GA, GL, dan GX. Menariknya, GA sebagai varian terendahnya bisa dibilang punya fitur lebih lengkap dibanding Ayla termurah.

Karimun Wagon R GA sudah dilengkapi AC dan immobilizer. Walaupun tampilan eksteriornya tidak bisa bohong bahwa ini varian termurah.

Hal tersebut dicirikan dari penggunaan pelek kaleng. Kemudian bumper, spion, sampai gagang pintunya belum sewarna dengan bodi. Tapi untungnya untuk tipe GL atau GX juga masih termasuk kategori mobil bekas Rp60 jutaan.

Berselang satu tahun setelah peluncurannya, Suzuki menghadirkan varian baru, yaitu GS. Tampilannya dibuat lebih mewah dari tiga varian di bawahnya.

Tapi sayangnya untuk varian ini harganya masih di atas Rp70 juta bahkan ada yang menjualnya di angka Rp80 jutaan.

Datsun Go+ Panca 2014-2016

Datsun Go+ Panca

Datsun GO+ (Foto: Carmudi)

Mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) dengan kapasitas 7 penumpang selalu menjadi primadona konsumen Tanah Air. Maka itu harga jual bekasnya cenderung bertahan.

Mesti diakui, agak sulit menemukan pilihan mobil 7-seater bekas Rp60 jutaan tahun muda. Tapi bukan berarti tidak ada harapan sama sekali. Karena ada Datsun Go+ Panca buat Anda yang benar-benar membutuhkan akomodasi besar.

Saat Carmudi melakukan kurasi untuk mobil-mobil yang masuk ke dalam daftar ini sebenarnya Datsun Go Panca hatchback juga termasuk sebagai salah satu nominasi.

Tapi pada akhirnya Datsun Go+ Panca dirasa lebih pas untuk dihadirkan guna mewakili mobil 7-seater.

Menurut pantauan, dengan dana Rp60 jutaan maka Carmudian sudah mendapat Datsun Go+ Panca varian T atau T option yang artinya tipe tertinggi.

Seperti diketahui, pada saat diluncurkan tahun 2014 lalu mobil ini tersedia dalam lima varian, meliputi D, A, A option, T, dan T option. Tidak disarankan memilih tipe D lantaran fiturnya sangat minim.

Wajar saja, tipe ini adalah varian terendah. Varian ini bahkan belum dilengkapi AC atau perangkat audio. Karena itu, setidaknya pilih tipe T karena fiturnya bisa dibilang sudah ideal untuk digunakan sebagai kendaraan harian.

Di interiornya sudah ada AC dan head unit single DIN seperti pada varian A. Tapi masih ditambah lagi dengan power window, power steering, keyless entry, dan immobilizer.

Untuk eksteriornya juga sudah menggunakan gagang pintu satu warna dengan bodi. Satu-satunya yang mengganjal dari varian ini hanya penggunaan pelek yang ditutup dop.

Kalau mau yang lebih mewah lagi, Anda bisa memilih tipe tertinggi, yaitu T option. Varian ini memiliki semua fitur dari tipe T kemudian ditambah High Mount Stop Lamp (HMSL) dan sensor parkir.

Nissan March 2011-2013

Nissan March Pre-facelift

Nissan March Pre-facelift (Foto: Wikipedia)

Nissan March menjadi pilihan selanjutnya untuk mobil Rp60 jutaan tahun muda. Hatchback mungil ini sudah ada di Indonesia sejak 2010. Kemudian sempat mengalami facelift pada 2014.

Sayangnya, model yang lebih baru itu harganya masih cukup tinggi. Tapi untuk model pre-facelift sudah masuk ke rentang harga Rp60 jutaan.

Untuk mobil sekelasnya Nissan March punya beberapa fitur kekinian, sebut saja AC climate control.

Untuk tipe XS mengadopsi transmisi otomatis untuk mengeksplorasi mesin 1.200 cc yang dimilikinya. Sementara itu untuk tipe di bawahnya menggunakan transmisi manual.

Satu hal yang membuat Nissan March cukup istimewa adalah kehadiran versi Nismo. Basisnya adalah Nissan March dengan transmisi manual. Tapi menggunakan komponen-komponen performa dari Nismo, khususnya untuk kampas rem, suspensi, dan knalpot.

Sementara itu perbedaan varian ini juga cukup jelas di eksterior lantaran menggunakan decal khusus yang membuat tampilannya lebih sporty.

Nah, di tahun 2011 Nissan March juga hadir dalam pilihan Autech yang pada dasarnya adalah varian XS tapi didandani lebih sporty. Hal itu dilakukan dengan penggunaan gril dengan lubang angin lebih besar.

Lalu interiornya juga dibalut warna dan material yang berbeda dengan tipe lainnya.

Kia Picanto 2011-2013

Kia Picanto Gen 2

Kia Picanto Gen 2 (Foto: Autoviva)

Tahun 2011 Kia Picanto generasi kedua hadir secara resmi di Indonesia. Penampilannya sudah berubah total dibanding generasi pertama.

Walau masih mengusung konsep bodi yang kompak, tapi wujud mobil ini tak lagi bisa dibilang imut seperti pendahulunya. Tampilannya jadi lebih modern dan bisa dibilang masih up to date sampai saat ini.

Kia Picanto generasi kedua ini tersedia dalam dua varian yang dibedakan berdasarkan transmisinya. Di antaranya varian transmisi manual 5-kecepatan yang masuk sebagai salah satu opsi mobil Rp60 jutaan tahun muda.

Sedangkan untuk varian dengan transmisi otomatisnya masih tembus di atas Rp70 juta.

Itu dia beberapa mobil bekas Rp60 jutaan tahun muda yang bisa Carmudian lirik sebagai opsi. Masing-masing model tentunya menawarkan kelebihan dan keunggulannya. Untuk melihat pilihan lebih lengkap, Anda bisa mengunjungi langsung halaman mobil bekas Carmudi.

Baca Juga:

Penulis: Mada Prastya

Editor: Dimas

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *