Tips dan Trik

5 Tips Jitu Cara Merawat Eletric Power Steering Supaya Awet

Electric Power Steering (EPS) jadi salah satu fitur wajib untuk mobil-mobil yang beredar di pasaran. Mengingat fungsinya yang cukup vital untuk berkendara, maka perlu cara dan tips merawat Electric Power Steering (EPS) ini.

Selain itu, merawat EPS dianggap penting karena jika rusak bisa memakan biaya yang cukup mahal.

Nur Imansyah Tara, Aftersales Business Division Head Auto2000 membeberkan lima tips jitu dalam merawat electric power steering agar tak cepat rusak.

Kira-kira apa saja yang harus dilakukan oleh pemilik mobil agar EPS bisa lebih awet?

Cara Merawat Electric Power Steering

1. Tidak Melibas Jalan Rusak dengan Kencang

Tips pertama dalam merawat electric power steering adalah selalu berhati-hati dalam memilih jalan. Usahakan pemilik mobil agar tidak melibas jalan rusak dengan kecepatan yang kencang.

cara merawat electric power steering

Menghantam jalan berlubang bisa merusak power steering. (Foto: Autoevolution)

Kebiasaan melibas jalan rusak dengan kencang bisa merusak poros dan boot rack steer. Kebiasaan buruk tersebut bisa membuat umur EPS menjadi pendek dan cepat mengalami kerusakan.

2. Pastikan Boot Rack Steer Tidak Robek

Karet rack steer harus dipastikan dalam kondisi yang baik dan tidak robek. Jika komponen tersebut sobek akan membuat rack steer mudah kemasukan air, debu, dan kotoran yang mengakibatkan poros kemudi berkarat.

Indikasi poros berkarat yakni terdengar suara berdecit ketika setir diputar. Selain itu ciri lain poros yang sudah berkarat yakni setir akan terasa lebih berat ketika diputar atau sedang berbelok.

3. Hindari Genangan

Tips merawat electric power steering selanjutnya yakni bisa dengan menghindari genangan. Mobil yang sering melewati genangan berpotensi merusak bagian rack steer.

Menerobos Genangan Air

Memaksa mobil untuk melibas genangan berisiko merusak bagian rack steer. (MMKSI)

4. Aki Dalam Kondisi Prima

electric power steering mengambil banyak daya dari aki mobil. Jika aki mulai melemah maka setir akan terasa berat dibanding biasanya.

Jika didiamkan, lama kelamaan akan merusak komponen EPS yang ada pada mobil. Sejatinya EPS membutuhkan daya listrik yang stabil dan kuat guna menghidupkan komponen tersebut.

5. Tidak Memutar Setir Saat Parkir

Kebiasaan memutar setir atau berbelok ketika mobil dalam posisi diam ternyata bisa merusak electric power steering. Hindari juga kebiasaan memutar setir pada saat mesin kendaraan mati lantaran tidak ada arus listrik pada EPS.

Rem Parkir Mengunci

(Foto: Kwik Kar)

Usahakan ketika parkir ban dalam kondisi yang lurus. Kelima cara tersebut bisa diaplikasikan untuk merawat electric power steering agar tidak cepat rusak akibat penggunaan.

“Banyak keuntungan didapatkan dari aplikasi Electric Power Steering di mobil. Selain membuat putaran kemudi lebih ringan dan nyaman, mesin juga lebih efisien karena tidak terbebani sehingga irit bensin,” pungkasnya.

Penulis: Rizen Panji
Editor: Dimas

Rizen Panji

Hobinya jelas, menghabiskan bahan bakar mesin 6 silinder di akhir pekan. Seleranya juga sudah jelas, mobil tua yang pintunya cuma dua. Oh iya, dirinya sangat mencintai interior mobil yang bersih dan simpel. Kalau ada yang mau ngasih mobil dengan ciri tersebut, akan diterima dengan senang hati..

Related Posts

/