Tips dan Trik

5 Tips Memilih Bengkel Mobil yang Bagus

Uji Emisi Mobil Daihatsu

Tips memilih bengkel mobil yang bagus. (Foto: ADM)

Jakarta – Perawatan menjadi suatu kewajiban bagi setiap pengguna kendaraan motor maupun mobil. Selain dilakukan sendiri, perawatan ini juga ada yang perlu dilakukan oleh pihak bengkel. Carmudi telah rangkum beberapa tips memilih bengkel mobil yang bagus.

Perawatan mobil memang perlu dilakukan selain untuk memperpanjang usia pakainya, juga untuk memastikan kendaraan agar tetap nyaman dibawa berkendara setiap saat.

Perawatan mobil seperti servis rutin di bengkel pun harus dilakukan untuk meningkatkan performa serta menjaga efisiensi bahan bakar mobilnya.

Memilih bengkel mobil tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Jika salah memilih bengkel mobil, Carmudian tidak hanya rugi pengeluaran, tetapi juga pastinya mobil milik Carmudian membutuhkan perawatan tambahan karena ditangani oleh mekanik bengkel yang salah.

Tips Memilih Bengkel Mobil

Carmudi telah rangkum beberapa tips memilih bengkel mobil yang bagus dilansir dari berbagai sumber sebagai berikut.

Pilih Bengkel yang Mudah Didatangi

Pilih bengkel mobil yang mudah didatangi. (Foto: Santo/Carmudi)

Tips pertama yaitu memilih bengkel mobil yang mudah didatangi kapan pun. Biasanya, bengkel ini dapat didatangi selama 24 jam dan beroperasi pada hari Minggu atau weekend.

Selain itu, sebaiknya juga memilih bengkel mobil yang paling dekat dengan tempat tinggal Carmudian

Hal ini tentunya dapat memberikan kemudahan bagi Carmudian jika ingin melakukan perawatan mobil di bengkel saat waktu luang atau bebas dari aktivitas sehari-hari. Carmudian juga bisa menghemat waktu dan konsumsi BBM jika mendapatkan bengkel mobil terdekat.

Namun, tetap pilih bengkel mobil yang berkualitas. Jika lokasinya jauh, sebaiknya Carmudian pilih demi mendapatkan perawatan mobil yang terbaik.

Bengkel yang ramai dan sering dikunjungi banyak orang merupakan salah satu bukti bahwa bengkel tersebut berkualitas. Jika memilih bengkel ini, konsenkuensinya adalah Carmudian harus mengantri dalam waktu yang lama.

Oleh karena itu, disarankan datang pagi untuk menghindari waktu dimana bengkel mobil penuh konsumen, khususnya saat weekend.

Tanya Orang Terdekat yang Sering ke Bengkel

Tips selanjutnya untuk mendapatkan bengkel mobil bagus adalah bertanya pada orang-orang terdekat seperti anggota keluarga, kerabat, ataupun teman dekat yang sering pergi ke bengkel mobil.

Hal ini dilakukan untuk membandingkan kualitas bengkel mobil yang satu dengan lainnya. Pastinya, mereka akan memberikan rekomendasi bengkel mobil yang bagus menurut mereka masing-masing.

Carmudian bisa tanyakan alasan bengkel mobil yang mereka rekomendasikan terbaik, kinerja para mekanik bengkelnya bagaimana, lokasi bengkelnya dimana dan sebagainya.

Selain itu, Carmudian juga bisa bertanya pada komunitas otomotif terkait dengan bengkel mobil yang direkomendasikan.

Misal, Carmudian dapat menanyakan bengkel mobil Honda yang berkualitas. Biasanya, komunitas tersebut banyak tahu tentang bengkel mobil yang terbaik sesuai merek dan tipe mobil milik Carmudian.

Pilih Bengkel yang Punya Mekanik Profesional

Bengkel Mitsubishi

Pilih bengkel yang mempunyai mekanik profesional. (Foto: Ilustrasi)

Tips tidak kalah penting untuk mendapatkan bengkel mobil bagus adalah memilih bengkel yang mempunyai mekanik profesional.

Mekanik profesional biasanya memiliki sertifikat dan pengetahuan luas mengenai kendaraan mobil, sehingga Carmudian bisa merasa tenang dan tidak khawatir saat melakukan perawatan di bengkelnya.

Selain itu, mekanik bengkel profesional juga sering mengajak konsumennya untuk berdiskusi mengenai perawatan mobil milik konsumen tersebut.

Hal ini bisa mengukur kemampuan mekaniknya apakah sesuai ekspetasi atau tidak. Di sisi lain, memilih bengkel mobil spesialis, dimana hanya bisa menangani satu bagian mobil, dinilai lebih baik dibandingkan dengan bengkel mobil umum.

Hal ini disebabkan para mekanik di bengkel spesialis benar-benar mengetahui bagaimana mengatasi masalah pada suatu bagian mobil, sedangkan bengkel umum belum tentu bisa menemukan solusi masalah tersebut.

Macam-macam bengkel mobil spesialis yaitu bengkel spesialis AC (Air Conditioning), spesialis power steering, spesialis suspensi, dan lainnya.

Pilih Bengkel yang Menggunakan Suku Cadang Asli

Tips keempat yaitu memilih bengkel yang menggunakan suku cadang asli. Jika ingin memastikan bengkelnya menggunakan suku cadang asli atau tidak, Carmudian bisa meminta pihak bengkel untuk menunjukkan komponen mobil yang akan diganti.

Selain itu, juga minta tunjukkan komponen mobil milik Carmudian yang sudah dicopot. Jika pihak bengkel menggunakan suku cadang aftermarket, pastikan mekaniknya sudah menanyakan terlebih dahulu, apakah Carmudian ingin menggunakan suku cadang tersebut atau tidak.

Ini pun dilakukan untuk mengetes kejujuran pihak bengkel. Perlu diketahui, menggunakan suku cadang mobil yang asli dapat memperpanjang usia pakai komponen mobil.

Harga suku cadang asli lebih mahal dibandingkan dengan yang aftermarket. Namun jika usia pakainya lama, maka dapat menghemat pengeluaran Carmudian untuk perawatan mobil ketimbang harus melakukan penggantian suku cadang berkali-kali dalam waktu yang cepat.

Memilih Bengkel dengan Ruang Tunggu Nyaman

Tips terakhir yang mungkin banyak orang abaikan adalah memilih bengkel dengan ruang tunggu nyaman.

Ini cukup penting karena bengkel yang bagus pastinya memiliki banyak konsumen. Carmudian pun harus menunggu sampai giliran tiba. Ruang tunggu nyaman juga dapat memberikan kemudahan bagi konsumen yang membawa anak kecil agar tidak rewel selama menunggu.

Ruang tunggu yang nyaman di bengkel mobil tentunya memiliki kursi, meja, AC, toilet, TV, serta koneksi Wi-Fi gratis.

Keuntungan Perawatan Mobil di Bengkel Resmi

Uji Emisi Mobil Daihatsu

Keuntungan perawatan mobil di bengkel resmi. (Foto: Daihatsu)

Banyak orang yang ragu untuk melakukan perawatan mobil di bengkel resmi. Salah satu alasan utamanya adalah biayanya yang dinilai mahal. Meski demikian, perawatan mobil di bengkel resmi memiliki beberapa keuntungan sebagai berikut.

Mekanik Profesional

Keuntungan pertama adalah bengkel resmi mempunyai mekanik yang profesional.

Semua mekanik di bengkel resmi pastinya sudah melalui pelatihan mengenai mobil secara detail, sehingga pengerjaan dari mekanik bengkel ini pun dilakukan dengan terampil dan mumpuni.

Kualitas pengerjaannya juga bisa dipertanggungjawabkan. Selain itu, alatnya sangat lengkap dan tidak akan merusak komponen mobil.

Suku Cadang Asli

Keuntungan selanjutnya yakni bengkel resmi biasanya menggunakan suku cadang yang asli.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, suku cadang asli dapat memperpanjang usia pakai komponen mobil lebih lama jika dibandingkan suku cadang aftermarket.

Selain itu, penggunaan suku cadang yang asli juga memiliki garansi selama waktu yang ditentukan.

Alat Lengkap

Semua bengkel resmi dilengkapi peralatan yang sangat lengkap sehingga pengerjaan untuk melakukan perawatan mobil bisa menjadi cepat dan efisien.

Pengerjaannya juga dilakukan dengan detail. Untuk mengencangkan suatu komponen, biasanya mempunyai perhitungan yang berbeda-beda.

Paket Hemat

Bengkel mobil resmi biasanya menawarkan paket hemat. (Foto: TAM)

Keuntungan terakhir melakukan perawatan mobil di bengkel resmi adalah memiliki paket perawatan mobil berkala atau paket hemat. Misalnya, mobil merek Honda memiliki paket perawatan berkala 4 tahun atau 50.000 km.

Ada juga paket perawatan berkala 8 tahun atau 100.000 km. Konsumen yang melakukan perawatan mobil di atas 40.000 km biasanya tidak dikenakan biaya jasa alias gratis.

Merek mobil lain juga pastinya mempunyai paket seperti ini. Meski perawatan mobil di bengkel resmi dinilai mahal, tapi sebenarnya punya banyak keuntungan seperti salah satunya mendapatkan paket hemat ini.

 

Penulis: Nadya

Editor: Lesmana

Nadya Andari

Memulai karir sebagai Content Writer di Carmudi Indonesia sejak awal tahun 2019. Lulusan Desain Komunikasi Visual yang suka sekali menulis, seperti cerpen, artikel, dan sebagainya.
Follow Me:

Related Posts